KAJIAN KAMIS PAGI BERSAMA ALVIN HAFIDZ INDONESIA

Hari Kamis (25/4) lalu, Sygma mengadakan kajian kamis pagi diisi oleh Alvin dan keluarga yang datang jauh-jauh dari kota Bogor. Siapa Alvin? 
 

Sekilas melihat anak ini tidak berbeda dengan anak yang lain. Ia punya waktu yang sama dengan anak yang lain. Ia punya waktu sekolah dan bermain. Tapi ada kelebihan yang ada pada dirinya. Yup, ia seorang penghafal Quran. Bukan bunyi ayat Al Qur’annya saja, ia juga sanggup menghafal terjemahnya. Saat ini, Alvin (10 tahun) yang duduk di kelas IV SD sudah hafal 17 juz beserta terjemahnya. Subhanallah. 

Acara pengajian baru dimulai pukul 09.00 oleh Ust. Abdul Rauf. Karyawan Sygma berkumpul lesehan di Ruang Training. Setelah sambutan dari Fakhri dan tasmi Quran dari Abdul Wahab, acara pun dimulai.

Kali ini fokus membahas QS Al Baqarah dan terjemahnya. Alvin pun diuji oleh berbagai pertanyaan dari karyawan Sygma. Dari mulai melanjutkan suatu ayat, membacakan ayat terpanjang di QS Al Baqarah, sampai menemukan ayat, penempatan halaman, atas izin Allah, Alvin mengetahuinya.

Bukan itu saja, hal yang membuat terenyuh dan merinding adalah adik-adik Alvin, Sabrina (5 tahun) dan Adnan lebih kecil lagi membacakan 2 halaman awal Al Baqarah membuat terenyuh. Anak kecil sudah dekat dengan Al Quran, membuat terharu. Decak kagum turut serta dirasakan Ibu Bapak yang lain. Ucapan puji-puji kepada Allah pun dilantunkan. Subhanallah, Allahu Akbar, barakallah. 


Sempat berbincang dengan Shopia Nurmila, istri Ustadz Firman, bahwa Ustadz Firman dan keluarga mendirikan Rumah Penghafal Al Quran Durunnafis pada Februari 2012. 

Sementara agar anak dekat dengan Al Quran, maka membiasakannya menghafal sejak kecil dan menjadwalkannya adalah hal yang dilakukan. Sehabis shalat Shubuh kemudian membaca Al Quran sampai pagi kemudian bersiap ke sekolah. Siang sedikit pulang sekolah, jam 13.00 menghafal Quran, baru bermain, kemudian maghrib berinteraksi dengan Al Quran sampai jam 9 malam. Subhanallah....

Bila mempunyai anak dan sudah ada planning, akan jadi luar biasa seperti Alvin mungkin bukan hal yang mustahil. Hal yang lebih membuat takjub (lagi-lagi) adalah Alvin setahun ini hendak menyelesaikan 30 juz, dan memutuskan berhenti sekolah setahun dulu. Keputusan yang luar biasa! 

Ustadz Firman mengatakan pula bahwa di Bogor sudah diadakan pesantren Sabtu Ahad untuk anak SD dan SMP. Daripada libur tidak diisi dengan kegiatan bermanfaat, maka menghafal adalah hal yang luar biasa tepat! 

Beliau juga sangat berharap agar di Bandung diadakan hal yang serupa. Kebaikan bila ditebarkan akan terasa manfaatnya bukan hanya pada dirinya, tapi untuk lingkungannya juga. 

Melihat Alvin dan keluarga, merefleksikan masing-masing karyawan untuk ingat pada anak, istri dan mengisi waktunya dengan lebih berkah. Mengisi waktu dengan Al Quran akan terasa manfaatnya benar 5 sampai 10 tahun ke depan, bahkan dunia dan akhirat. 


Selamatkan bumi dengan terus menjaganya. Selamatkan dengan akhlak yang baik sesuai tuntunan Al Quran dan As Sunnah, karena mereka adalah generasi penerus yang menggantikan generasi tua.  (Sri Al)

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan