10 TIPS FOR STARTING YOUR SMALL BUSINESS

Pinterest
Saya sempat kebingungan bagaimana memulai bisnis, tanpa disiplin ilmu di kampus, begitu juga tanpa ilmu training. Saya baru saja keluar kantor dan ingin memulai usaha bisnis, karena ingat bahwa jalan menjadi pengusaha lebih besar, dan dapat berkelanjutan, tanpa harus mengenal pensiun.

Ayah saya juga seorang pengusaha. Melihatnya setiap hari terus di rumah bersama kami, keenam anaknya, membuat saya berpikir bahwa selain mencari uang, mendidik anak di rumah bukanlah hal yang sulit. Sehingga semua aktivitas anak terpantau, dan tak ada harga yang bisa dibayar dengan uang adalah kasih sayang orang tua.

Ok, ngobrol-ngobrol dengan sesama alumni yang pernah bergerak di wadah yang sama adalah hal yang menyenangkan.
Lalu, bagaimana kiat-kiat memulai bisnis???
Ada pakar yang berbicara langsung, yakni Demi Yogaswara, yakni pemegang merk kripik Gumujeng, dan EO training ke perusahaan-perusahaan bernama Track Organizer, Keripik Cireng Gumujeng, Gagak Property. Bandung.

1. Niat bukan untuk kaya, tapi ibadah
Menurutnya yang harus dibangun yakni Bisnis niatnya bukan untuk kaya, yakni punya mobil mewah+ bmw, dll. Atau tujuannya uang saja.. Tapi, bagaimana dengan bisnis ini , Allah ridho sama kita.. Diniatkan ibadah, klo nantinya dapat mobil/ rumah itu efek+ bonus 😊 Dari hasil kerja keras dan pertolongan Allah

2. Bisnis membuat kita dekat kepada Allah Swt.
Ternyata jalannya yakni adalah Bagaimana dengan dagang atau bisnis , kita semakin dekat kepada Allah yang Maha Pemberi Rezeki.. Mau bisnis atau kerja, keduanya sama-sama memiliki risiko.. Kalau bisnis, risikonya bangkrut, ditipu atau rugi.

Kalau kerja, kita sebagai karyawan risikonya di PHK atau dipecat. Dari keduanya, semua profesi bagus, mau kerja menjadi karyawan atau mau binis dengan berdagang, namun ada yang harus dipegang yakni Spiritual bisnis: Allah dulu.. Allah lagi.. Allah kemudian... Maksudnya, kalau nanti kita bisnis, sebagai sarana dekat kepada Allah Swt.

Ya, jadi klo misalkan ada rapat, kita setting dulu, bagaimana rapat kita dengan klien tidak menabrak waktu shalat. Sehingga rapatnya sebelum shalat atau setelah shalat( fardhu).

3. Buatlah rencana bisnis
Menurut kang demi, buatlah rencana agar bisnis matang. Pisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Sehingga, bisnis niatnya bukan untuk pamer, ingin dipuji. Tapi niatnya karena Allah. Sehingga kita mengupayakan bisnis kita selamat di dunia dan tentunya di akhirat. Nanti dapat nya sampingan juga.

4. Fokus 
Saat memulai bisnis, jangan sampai berbisnis selagi mood saja, tapi perlu fokus. Fokus satu dulu. Jangan sampingan/ Fokus, Apa yg kita suka.. Jangan bisnis yang susah-susah, atau gak ada pasar/ pembelinya..

Menurutnya, lebih ke skala saja. Kalau pengusaha, memiliki sistem dan karyawan. Beda nama saja, kalau pedagang sama pengusaha beda. Kalau pedagang, terkadang semua sendiri yg mengerjakan.

Menurutnya sebenarnya semua usaha bagus, mau kuliner, fashion, rental mobil, property, dll. Yang penting dari itu semua, kita senang menjalani plus ada profitnya bisa bermanfaat buat sekitar..

Kalau di pemerintahan, ada usaha kecil mikro, menengah, dan skala industri. Gimana omzet dan asset. Nah kalau kita mulai dari kecil, mulai sekarang. Modal bisa nomor sekian.. Nanti juga bisa besar, karena klo kita usaha , gak ada yg instant.. Kayak mie instant hehe..

5. Ikut seminar dan Baca Buku 
Menurutnya, cari ilmu bisnis yang banyak tapi fokus, jangan keseringan ikut seminar (khawatir jago seminar). Klo ingin bisnis property, ikut workshop property. Kalau ingin bisnis kuliner, ikut pelatihan kuliner, jangan ikut pelatihan catur. Sering baca buku, bisa di gramedia, atau perpustakaan. Belajar ilmu akutansi

6. Mental Pengusaha Bangkit dari Keterpurukan
Berani mencoba saat gagal tidak jatuh namun bangkit lagi. Gagal bangkit lagi. Kemudian berharap hanya kepada Allah Swt. karena Pemilik modal yg utama adalah Allah Swt.

7. Perbanyak sedekah
Kalau bisa sedekah di awal, jangan sisa.

8. Jangan lupa Brand nya 
Saat berbisnis, kita membawa Brand, maka buatlah semenarik mungkin.

9. Mengambil keuntungan sewajarnya saja
Lakukan apa yang kita suka, yangg terdekat , mulai dari hal terkecil, step by step aja. Kalau mau mengambil keuntungan sewajarnya saja.. Apakah 50% ,

10. Memulai 
Usaha apa yg bagus? Ya usaha yg dijalankan.  Jangan dipikirkan terus.. Kerja sambil punya usaha ya gpp.. Atau fokus usaha, ya gpp juga.. Semua bisnis bagus, yg penting kita action . jangan direncanakan trus.. , lakukan yang terbaik.. Jadikan sebagai ladang amal soleh..agar bisa bermanfaat untuk semua umat Islam.

Alhamdulillah, begitulah kiat-kiat memulai dan menjalankan bisnis. Niat karena ibadah kpd Allah, adapun materi adalah efek bukan tujuan. Fokus jalani bisnis kita. Jangan banyak ikutan seminar bisnis. Take an action! Jalani step by step, sabar, tekun, semua ada proses alamiahnya.. jalani bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalani bukan yang dipikirkan..

Yuk, mulai usaha! :)

*Btw kalau mau cari keripik sanjay, cek ig kami di @keenan_olshop. Pemesanan bisa WA 085720304344. Hatur tengkyu

Comments

Tetty Hermawati said…
hwaa tingkyu tipsnya teh..
Ahliah Citra said…
Iya ya, Mba.
Kalau teori tanpa praktek kapan majunya
Hihihii...

Semoga dapat ijin buka usaha sama suami, kan lumayan buat jajan sendiri. :P

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan