MAKANAN KHAS DIPATI UKUR

Monday, August 17, 2015

Makanan khas Dipati Ukur yang sayang dilewatkan di pagi hari..

Setiap pulang ke rumah ortu, yang paling saya kangenin adalah masakan Mama. Masakan Mama selalu saya ingat dan saya ingin tiru agar mengobati rasa kangen saya pada Mama. Juga suara Mama. Suara Mama itu menenangkan hati saya.. selalu kangen.. hehe

Hal selanjutnya yang saya rindukan adalah kuliner di sana. Haha. Secara, Dipati Ukur adalah kawasan yang strategis untuk usaha makanan karena dekat dengan kampus.

Saat pagi, selain ada pasar Haur Pancuh. Ada jajanan khas disana. Kalau saya menyebutnya "Surga makanan" karena di tempat saya sekarang tinggal harus naik motor dulu cari pasar, kalau disana saya seperti lihat surga karena banyaknya pengen banyak jajan jadinya, haha.

Bila saya jajarkan, akan ada banyak deretan makanan yang menggoda untuk dicoba. Uniknya, maksud saya adalah makanan khas Dipati Ukur, Bandung.

1. Surabi 

surabi dicari dari mbah google

Sejak kecil, surabi ini sudah ada. Sampai saya sudah menikah dan punya anak, Aa nya masih istiqamah berjualan. Banyak yang senang dengan surabi ini karena enak saat panas panas. Rasanya sendiri ada beberapa: rasa manis, rasa kacang manis, rasa oncom, kemudian surabi telor. Harganya pun masih sangat murah dibandingkan dengan surabi Enhai. Dengan 5000 rupiah, saya bisa dapat surabi 3 pcs. *Saya jadi pengen surabi hehehe*



2. Dorayaki 
Dorayaki
Dorayaki disini ada dua macam. Dorayaki rasa cokelat dan Dorayaki rasa hijau (dari daun pandan). Beli dengan harga 2000 dapat 3 pcs. Terkadang ibunya baik suka kasih lebih kalau beli banyak. :) untuk gambarnya, nanti yaa saya harus beli dulu paling coz belum ada yang cocok gambarnya dengan yang di google. hehehe

3. Bubur Kacang Hijau - Ketan Hitam 
bubur kacang hijau ketan hitam

Meski hanya bubur kacang hijau dan ketan hitam, namun keduanya akan sangat nikmat saat diberi santan di atasnya. Pagi-pagi sambil menunggu makanan berat masuk ke perut, makanan ini akan membuat kita bahagia karena dapat mengenyangkan perut.

Terlebih bagi ibu mengandung dan ibu menyusui, bubur kacang hijau baik untuk1 perkembangan janin. Bagi ibu menyusui, baik untuk produksi ASI. *Alhamdulillah hari ini masak bubur kacang hijau..horeee!"




4. Pempek Palembang cabang Sekeloa 
pempek palembang

Dari semua poin di atas paling enak makan di pagi hari. Kalau Pempek enaknya sore ke malam. Pempek Sekeloa adalah pempek yang terkenal enaknya. Pempek ini terkenalnya sudah kemana-mana. Tempat pembuatan pempeknya ada di jalan Panyingkiran. Kalau beli disana harga ecer, goreng bisa di rumah, dikasih bumbu pempeknya. Mantappp

Selain jajanan tersebut, ada juga jualan kue basah, kue kering yang bisa dibeli dari mulai putu ayu, bolu kukus, bolen pisang, bolen keju, dan ada juga buah buahan dari salak, jeruk, pepaya, pisang, juga makanan inti seperti daging ayam, daging sapi, sayur sayuran hijau, juga sayuran buncis, wortel, dan masih banyak lagi. :)

Pokoknya betah deh dan harus bisa nahan diri kalau ga perlu-perlu amat mah. Hehe

You Might Also Like

5 komentar

  1. ky di gerlong y teh.. bnyk mknan.. hwaa kgn ke bandung :)

    ReplyDelete
  2. Itu pempek yang letaknya di belakang monumen bukan, Teh? Asli enak dan bikin wareg. :9

    ReplyDelete
  3. Surabiiii...

    Ya ampyuuun susah banget nemuinnya sekarang di Jakarta, Mba.

    ReplyDelete
  4. @nurul : iya yang belakang monumen.. teteh juga kenyang biasanya makan itu, haha.. :)

    @ahliah citra: hmm gitu yaa teh, di Bandung di beberapa tempat alhamdulillah masih ada :).

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#