COOKING: MASHED POTATOES

Tuesday, October 06, 2015

Yummy.. nyoba masak Mashed Potatoes.. pengen masak lagi deh hehe.. enak soalnya.. :)
Berikut resep yang saya dapat dari sini

Kentang tumbuk yang lembut dan creamy begitu memanjakan lidah. Kita pun tak dibuat enek dengan minyak goreng yang berlebih.

Berikut ini adalah salah satu cara membuat mashed potato agar bisa lembut dan creamy:

Bahan:

  1. Kentang 500 gr
  2. Mentega 2 – 3 sdm
  3. Susu cair 150 ml – 200 ml
  4. Telur 3 butir, ambil bagian kuningnya saja
  5. Garam dan merica secukupnya


Cara membuat:

  1. Pilih kentang yang berukuran besar dan berkualitas bagus. Kupas dan cuci di bawah air mengalir hingga bersih.
  2. Potong-potong kentang menjadi empat bagian agar nanti mudah ditumbuk. Rebus dalam air mendidih hingga lunak tapi jangan terlalu lembek. Kurang lebih butuh waktu 20 – 25 menit. Kentang bisa juga dikukus atau dipanggang beserta kulitnya agar kandungan airnya tidak terlalu banyak.  Tusuk kentang dengan garpu untuk memastikan tingkat kematangannya.
  3. Setelah lunak, tiriskan kentang. Siapkan kentang dalam wadah tersendiri. Selagi masih panas, tumbuk kentang bersama mentega hingga lembut dan tercampur sempurna.
  4. Panaskan susu cair, kemudian tuangkan ke dalam tumbukan kentang secara perlahan. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur di dalamnya, aduk lagi hingga tercapur sempurna. Suhu kentang dan susu yang masih panas akan turut mematangkan telur. Jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya.
  5. Mashed potato siap dihidangkan bersama steak dan sayuran.
Anda bisa temukan banyak cara untuk membuat mashed potato yang lezat. Ada yang menambahkan bawang putih cincang dan rajangan selederi untuk memperkaya rasa, krim segar, dan sebagainya. Ada pula yang tidak menggunakan kuning telur di dalamnya. Tak ada salahnya untuk bereksperimen dan ciptakan resep mashed potato favorit anda sendiri.

oven sedang bekerja :)
Yummy sudah jadi...

Mashed potatoes 

siap disantap
Dan akhirnya harus mulai belajar memakai oven dengan benar.. dapat artikel bagus dari sini..

Proses pemanggangan dalam oven memang menjadi sentuhan akhir yang menentukan keberhasilan kue Anda. Para pemula yang baru belajar membuat kue tentu sering dikejutkan dengan kue yang gosong atau tidak mengembang ketika dipanggang. Agar kegagalan-kegagalan tersebut tidak lagi Anda alami, alangkah baiknya bila Anda menyimak beberapa tips mengenai penggunaan oven berikut ini.

Hindari membuka oven untuk mengecek kue
Sebaiknya Anda tidak membuka-buka oven ketika adonan kue Anda belum mengembang sempurna. Membuka oven saat adonan belum mengembang akan membuat suhu dalam oven turun drastis sehingga kue buatan Anda akan menjadi bantat dan bertekstur keras.

Panaskan oven sebelum mulai memanggang
Poin dalam cara membuat kue yang satu ini harus sudah dipahami oleh semua orang yang hendak membuat kue. Sebelum Anda mulai memanggang kue, panaskan dulu oven hingga mencapai suhu 2000 C. Saat Anda mulai melakukan pemanggangan, turunkan sedikit suhu oven menjadi 1800 C.

Pahami kunci penggunaan oven konvensional
Bila Anda menggunakan oven konvensional (oven tangkring), pilihlah oven dengan wadah penempatan arang di bagian atas oven tersebut. Menggunakan arang panas di bagian atas oven penting untuk menjaga kestabilan suhu oven dari bagian bawah maupun atas, apalagi ketika membuat beberapa kue yang membutuhkan panas stabil seperti kue lapis legit. Gunakanlah arang berkualitas yang mampu menciptakan panas yang stabil dan tidak banyak menghasilkan sisa pembakaran.

Jauhkan adonan kue dari oven yang sedang dipanaskan
Jangan meletakkan adonan kue Anda di dekat oven yang sedang dipanaskan. Hal ini harus diperhatikan agar adonan Anda tak meleleh sebelum dipanggang. Adonan yang terlanjur meleleh tidak dapat mengembang sempurna dan akan menghasilkan kue yang bantat.

Cara membuat kue juga memerlukan ketelitian dalam menggunakan dan mengatur suhu oven. Anda tak perlu menggunakan oven listrik yang mahal agar mahir membuat kue. Ketekunan dan ketelitian akan membantu Anda membuat aneka kue yang lezat dan cantik. Setelah Anda terbiasa menggunakan dan mengatur suhu oven, Anda akan lebih mahir ketika memanggang kue. Jadi, jangan pernah bosan untuk mempelajari beragam cara membuat kue yang baik dan benar, ya.

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#