[RESENSI] HASIL BACA NOVEL AYAT AYAT CINTA 2

Wednesday, December 30, 2015

horeee ayat ayat cinta 2 hasil pinjem dari sobat thanks mita ^^

Baca cerita Ayat Ayat Cinta 2 istimewa. Ga sabar baca cerita endingnya. Ketika baca kisah cinta Fahri rasanya sudah menerima Fahri menikah dengan Hulya dan dikaruniai anak shaleh bernama Umar. Namun kesedihan karena lagi lagi akhirnya istrinya yang baru dinikahi 4 tahun itu meninggal karena insiden saat akan menolong Keira dan meninggal dengan cara yang luka beberapa tusukan. Padahal dirinya sedang hamil.

Saat membaca cerita selanjutnya bahwa Fahri menemukan kenyataan bahwa Sabina adalah Aisha, saya sebagai pembaca jadi kecewa.. Hmm mungkin karena sudah terbiasa dari awal cerita Fahri kehilangan Aisha yang pergi ke Palestina. Akhirnya jadi ngga surprise lagi. Mungkin karena sedih juga karena tahu Sabina adalah seorang yang awalnya hanya gelandangan dan hidup di jalan dengan wajah rusak. Kemudian akhirnya bisa hidup dengan Fahri sebagai Sabina.

Awalnya sempat akan ditawari jadi istri Paman Hulusi. Bagaimana kalau seandainya jadi? Bagaimana kalau Sabina ketahuan Aisha saat Hulya masih hidup? Hiks sedih. Kenapa Fahri ngga mimpi kalo Sabina itu adalah Aisha? Hiks.



Tapi dari semua cerita, saya senang karena Kang Abik menuliskan Ayat Ayat Cinta 2 dengan baik.

Fahri yang saya temukan dalam buku keduanya ini sangaaaat dermawan dan positif. Tak habis hartanya dengan berbagi, dan saya jadi iri. Saya ingin bisa kaya namun qanaah dan zuhud seperti Fahri. Terlebihnya ingin seperti Aisha dan Fahri yang kaya dan punya banyak usaha dari mulai pertokoan, jadi dosen juga, waah keren pokoknya. :)

Baca juga: SANG PEMUSAR GELOMBANG

Di luar itu kisah tentang Jason yang kemudian memilih jadi muslim saya sebagai pembaca menyukainya. Jason menjadi pesepak bola yang handal. Padahal waktu kecilnya sering berbuat tidak baik dengan mencuri beberapa cokelat di toko Fahri. Fahri tidak memarahi Jason, malah memberinya cokelat cokelat tersebut dan menjadikannya sahabat.

Kisah Keira yang menyenangi biola. Amat membenci Fahri kemudian di saat sulit sulitnya hendak menjual keperawanannya namun Jason meminta tolong pada Fahri dan Keira dibelikan biola dan dididik agar menjadi musisi terkenal. Meski awalnya sombonh dan tidak tahu bahwa selama ini ia disupport oleh Fahri.

Kisah Nenek Catarina, seorang beragama Yahudi dan ditinggalkan oleh anak anaknya. Bahkan anaknya malah hendak menjual rumah tersebut pada orang lain. Namun ditolong oleh Fahri sehingga rumah tersebut dibeli oleh Fahri dan ditempati kembali oleh Nenek Catarina. Fenomena yang tidak ditemukan di luar negeri adalah orang yang renta di negara maju banyak yang kesepian, berbeda dengan di mayoritas negeri Muslim terkait birul walidain.

Konflik Palestina Israel pun diceritakan di buku ini. Yang paling menyakitkan dijelaskan bahwa orang Yah*di esktrem membunuh umat muslim Palestina yang sedang shalat di Masjid Hebron dan menewaskan puluhan orang dan luka kritis.

Baca juga: MEMBONGKAR LIBERALISASI

Diceritakan pula mengenai kecintaan terhadap Al Quran bahwa, "...sebagian yang lain hanya sibuk menganjurkan membaca ayat-ayat tertentu saja untuk penglaris, untuk dapat jodoh, dan tujuan tujuan duniawi lainnya..." (halaman 95)

Maka penting untuk Ta'riful rijal, menyusun generasi, mencetak generasi.. atau Ta'liful kutub yakni menyusun kitab, mencetak buku..

Dari kesemua itu saya senang dengan sosok Hulya yang kritis. Yang mempertanyakan mengapa Sabina boleh tinggal di rumah Fahri sedangkan dirinya tidak?

Hulya yang sabar karena di 6 bulan awal pernikahannya tidak mendapatkan apa yang semestinya ia dapatkan dari sebuah pernikahan. Dan mendapatkannya karena telah bersabar dan telah bercerita pada Sabina yang membuatnya lega hati. Sabina yang sebenarnya adalah Aisha.

Aisha yang telah banyak menangis karena melewati masa masa sulit di buku Ayat Ayat Cinta 2 ini. Dari jadi gelandangan, menjadi pembantu di rumah Fahri dan terus menyiapkan masak. Merasa sedih karena menolak Paman Hulusi karena hatinya tercabik dan masih sangat mencintai Fahri.

Kemudian menggelandang lagi. Lalu kembali lagi ke rumah Fahri lagi. Menawarkan Hulya agar menikah dengan Fahri padahal dari hati seorang perempuan mana mungkin rela dirinya diduakan. Tangisan cemburu kemudian senang karena hadirnya Umar. Aisha yang sabar. Aisha yang tabah mendapatkan suaminya lagi. Barakallahu fik. Mudah mudahan ada filmnya. Ngga sabar. Karena akhirnya wajah Aisha diberikan didonorkan dari Hulya. Wajah Hulya yang Aisha.***

You Might Also Like

7 komentar

  1. salam
    tanpa mengurang rasa takdzim dan kagum ku terhadap pengarang,,
    ku rasa dalam novel tersebut di masuk kan pemikiran yang bisa merusak aqidah orang awam.
    contoh saja pada halaman 142, beliau seolah menyarankan kita menghargai pendapat, padahal dasar yang di pakai hanya tingkat afdholiyah, atu keutamaan, sedangkan dalam menentukan 1 syawal itu adalah sebuah kepastian,
    jika kita analog pada masalah aqidah, maka ini sangat bahaya,
    orang awam seperti saya akan ikut pada pendapat lain yang jelas salahnya, dan kita di suruh menghargainya,,
    sekali lagi, ini semua tak mengurangi rasa takdzim ku pada beliau

    ReplyDelete
  2. resensi yang tertata dan detail, sedikit terlalu detail malah. Di artikel ini dijelaskan alur penting buku yang seharusnya diberitahu lebih awal akan terdapat spoiler. Saya disini ingin membaca opini anda terhadap buku tersebut, bukan memberitahu akhir dan semua major plot cerita. Yang awalnya saya cukup tertarik dengan buku ini sekarang tidak lagi karena saya sudah tau akhir dari ceritanya.
    jadi saran saya berikanlah opini jujur anda terhadap buku ini tanpa mengungkapkan alur ceritanya. this is a review not a synopsis.
    Thanks anyway :)

    ReplyDelete
  3. ah iya iya harusnya review mbak yaa.. makasih masukannya mbak yaa :) love

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum wr wb.

    Selamat malam bu, sebelumnya sy udah mengunjungi blog ibu di http://www.srialhidayati.com/2015/12/resensi-hasil-baca-novel-ayat-ayat.html
    tentang review dari Novel Ayatayat cinta 2, karena sy belom sempat baca sampai selesai dan ga sempat waktu utk beli, apa betul kisah ending nya seperti itu?

    Mohon maaf ini, karena saya harus menyelesaikan tugas review novel ini untuk memenuhi penugasan UTS salah satu mata kuliah saya. Jika berkenan, saya mengucapkan terimakasih sekali.

    Wassalam

    ReplyDelete
  5. ya tidak apa-apa asal mencatumkan sumber tulisan tersebut adalah tulisan saya. trims

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Iya mba, sama. Saya pun udah ga sabar nonton fimnya tayang 😊

      Delete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#