REVIEW: CHANNEL TV YANG BERSAHABAT BAGI ANAK

Monday, March 28, 2016

Sejak menjadi ibu rumahan, otomatis saya terkadang memilih channel TV yang berhubungan dengan anak. Bagi saya, channel TV 92 yaitu Mekkah bisa menjadi opsi. Karena disana ada acara Hafidz Indonesia RCTI yang sering diputar ulang. Dari Hafidz Indonesia 2015 sampai Hafidz Indonesia 2012. Aska terbiasa mendengar kakak kakak usia 5-7 tahun mengaji dari TV.

Selain itu siaran langsung dari Mekkah maupun Madinah juga bisa mengobati kerinduan akan indahnya umrah ataupun haji. Semoga saya pun bisa kesana aamiin.



Channel Anak
Tentang TV Channel anak, terkadang kita kebingungan mau nonton apa ya. Sebenarnya di TV-TV lokal sekarang sudah ada acara bagus juga seperti Upin Ipin, Sophia, dan yang dari dulu ada sampai sekarang ada adalah Doraemon (tayang tiap hari Minggu jam 8-9). Namun memang dalam menonton sebaiknya sehari hanya 1-2 jam saja agar anak bisa belajar hal yang lain juga.

Bagi mereka yang berlangganan Indovision, acara-acara tentang BBC Earth, Animax juga ada. Hanya saja acara Animax kartun diperuntukkan bagi orang dewasa, karena kisahnya tidak akan masuk untuk anak-anak. Maka channel CBeebies bisa menjadi pilihan.

Channel Cbeebies ada di Channel 41. Pada awalnya saya senang dengan acara I Can Cook oleh 'Katy's Shortbread'.

katy i can cook
memasak kue with katy i can cook
Bahan-bahan dari kuenya simpel dan cara membuatnya ngga ribet. Salut karena selalu dapat resep baru yang keren. Acara ini bisa jadi menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak untuk bisa memasak. Setiap episodenya memang Katy selalu mengajak beberapa anak untuk turut serta ikut membuat kue-kue, sehingga anak-anak menjadi senang kepada memasak.

Ternyata ada acara lain yang seru yaitu acara Show Me Show Me yang dipandu oleh Cris Jarvis dan Pui Fan Lee.

show me show me diambil dari bbc.co.uk

Pui Fan Lee adalah aktris keturunan Tionghoa dan lahir pada 14 Juli 1971 (sekarang sudah berumur 40 tahun) juga adalah pemeran Poo dalam film Teletubbies. Wow. Sedangkan Chris Jarvis lahir 20 April 1970. Mereka berdua memandu sebuah acara di CBeebies.
diambil dari bbc co uk
 Bagi kalian yang berlangganan TV Berlangganan mungkin sudah tak asing dengan channel 41. Acara di Cbeebies memang diperuntukkan bagi usia enam tahun ke bawah. Di acara Show Me Show Me anak-anak bisa meniru gerakan loncat-loncat, bisa bernyanyi-nyanyi, dan tentu kenal dengan Nona Ratu Tikus, dan beberapa boneka lainnya.

ilustrasi menarik di acara cbeebies

Saya bisa melihat Chris dan Pui adalah pendongeng yang mampu menghidupkan suasana. Tentu hal tersebut bisa membuat anak-anak tertarik untuk mendengarkan dalam setiap episodenya misal tentang bendera, tentang naga, ataupun hal-hal lainnya. Bagi kita di Indonesia terkadang masih jarang melihat pendongeng setiap hari, maka kewajiban orang tualah untuk bisa mendongeng, atau minimal membacakan cerita kepada anak setiap harinya.

Aska juga sekarang sudah tertarik dengan buku. Biasanya dia akan membulak-balik buku dan berceloteh sendiri seperti ketika saya membacakan cerita. Alih-alih saya pun membiasakannya mendengarkan Al Quran dimulai dengan huruf hijaiyah terlebih dulu dan membacakan surat-surat pendek untuknya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat terutama bagi mom semua. Selamat memberi inspirasi untuk anak-anak kita. :)

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#