SUKSES TOILET TRAINING PADA ANAK

Friday, December 30, 2016


Sekarang Aska sudah makin besar. Sudah 2 tahun 3 bulan. Perkembangannya yang paling pesat adalah kosakata nya yang terus bertambah dari mulai merunut angka 1 sampai 10, menyebut nama nama binatang, senang bernyanyi dari mulai lagu Cicak Cicak, Bintang Kecil, Tik Tik Bunyi Hujan, sampai lagu saya pas zaman TK yang saya ajar pada Aska. Alhamdulillah.

Baca juga: Hal yang Terjadi pada Ibu ketika Menyapih Anak  

Tentang Toilet Training
Di usianya 2 tahun 3 bulan, alhamdulillah Aska berhasil toilet training full. Ceritanya berawal dari sering mengajaknya ngobrol jauh hari sejak masih 18 bulanan. Saat itu Aska masih pakai clodi. Belajar toilet training dengan penuh kesabaran karena seringnya belum sampai kamar mandi udah basah. Dalam sehari banyak cucian karena demi toilet training. Tapi harus mesti sabar teuteup..



Di usia hampir 2 tahun, Aska sudah nggak mau memakai clodi. Alhasil lebih rajin nemenin toilet training. Sampai sering ngingetin. Anggaran Pampers mulai tahun 2017 akan dihapus dari daftar belanjaan. Yeaaay alhamdulillah.

Berikut Tips Toilet Training yang berhasil dirangkum:

  1. Memakai clodi utk penghematan dipakai di rumah, saat keluar baru pakai pospak. 
  2. Saat anak usia 15 bulan sudah bisa toilet training, meski mungkin masih belum paham, tapi dengan dibawa ke wc tiap mau buang air kecil, anak bisa paham rutinitas tersebut. 
  3. Anak sudah bisa dibelikan training pants. Awal awal Aska dibelikan 2 pcs bermerk Clodiz seharga 75.000, lumayan bisa nampung 1-2 kali pipis, jadi bisa hemat pospak juga, yang penting kan mau belajar toilet training kan hehehe.. 
  4. Aska setelah lulus ASI, sudah mulai difokuskan yang satu ini. Saya biasanya akan bilang, "Aska sudah be..sar. Ngga pipis di cela..na. Pipisnya di kamar man..di. Dadah pampers." Hal tersebut secara tidak langsung menjadi sugesti untuknya. Alhamdulillah Aska bisa mulai ngga pake pampers siang dan malam. 
  5. Setiap mau tidur, rutin buat ke belakang
  6. Saat bangun juga langsung dibiasakan ke kamar kecil untuk rutin pipis dulu. 
  7. Saat agenda keluar, bawa cadangan pants beberapa, juga sebaiknya plastik jaga jaga kalau pup saat dalam agenda kita di luar. Hehe.. Aska belum bisa nahan kalo pup. Jadi mesti bersabar. 
  8. Tapi sekarang sudah mulai bisa juga ke WC nahan pup. Ke depannya mudah mudahan menjadi lebih mandiri lagi untuk Aska dalam toilet training. Love you 
  9. Mulai menghapus pospak dalam list belanja. Yeayyy alhamdulillah :) 

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#