Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i




Saat pertama kali liat desain posternya, KEREN! Terus  kebayang bakalan asik kajiannya. Jadi hal ini alasan yang jadi buat remaja tertarik buat dateng ke acara kajiannya.

Trus, Pernah ga liat Masjid penuh dengan pemuda *BUKAN* di bulan Ramadhan? Disini tempatnya. Di Masjid Trans Studio Bandung. Tiap Rabu kajiannya Ustadz Hanan Attaki akan penuh dengan jamaah yang isinya remaja yang didominasi oleh ikhwan! Wow! Allahu Akbar!



Jika biasanya kajian banyak diisi oleh akhawat, ini penuh benar oleh ikhwan. Subhanallah. Sebenarnya kajian Pemuda Hijrah awalnya rutin diadakan di Masjid Al Lathief di jalan Saninten No. 2 Bandung. Namun karena masjid sudah tidak muat oleh ledakan jamaah yang semangat berhijrah, dan antusias mendengar kajian dari Ustadz Hanan, maka berpindah ke Masjid Trans Studio Bandung.


Di Masjid Trans Studio Bandung jamaah dihadiri oleh sekitar 3000 orang, bahkan pernah saat shalat Isya masjid sampai tidak muat menampung ikhwan yang akan shalat di Masjid TSB. Berarti benar antusiasnya luar biasa, kan?





Gerakan Pemuda Hijrah 
Pemuda Hijrah berdiri sejak Maret 2015. Pemuda Hijrah didirikan oleh kurang lebih 5 orang (catat: ini bukan event organizer atau semacamnya, tapi merupakan gerakan). Logonya sendiri adalah Shift yang suka ada di laptop/PC ada tombol Shift yang berarti pindah atau berubah.

Ustadz Hanan Attaki 
Beliau merupakan founder Pemuda Hijrah. Gaya ceramah Ustadz Hanan attaki ringan dan mudah diterima bagi remaja. Nilai plusnya, beliau selalu memberi support pada setiap kajiannya untuk para jomblo agar segera menggenapkan setengah dien nya. Istilahnya jomblo memang karena ingin menjaga diri dari zina, dan terus mencari ilmu untuk segera menyempurnakan agama. Jomblo fii sabilillah.

Ustadz Hanan tumbuh dengan didikan Islam dari kecil. Beliau asli Aceh, nama awal beliau Tengku Hanan Attaki. Saat mudanya, beliau lewatkan berkuliah ke Al Azhar, Kairo, Mesir.

Baca juga: Haneen Akira, istri Ustadz Hanan Attaki: Ceramah secara Asik, Menggugah, Menyentuh sampai ke Hati

Uniknya, beliau anak ke 5 dari 7 bersaudara. "Sebenarnya anak 1 dari ibu kandung. Tapi kalau dari keluarga besar (ustadz hanan sedang menghitung), Intinya kalau dari keluarga Ayah ada 19 orang bersaudara." keluarga besar banget, ya.. hehe..

Ustadz Hanan Attaki


Ustadz Hanan sejak SD sudah mendapat beasiswa. Beberapa kali memenangi Musabaqah Tilawatil Quran dari mulai dapat sepeda dipakai ke sekolah, dan pernah juga dapat Televisi. Saat kuliah pun mendapat beasiswa. Di keluarga beliau, Ustadz Hanan orang pertama yang kuliah dan kuliahnya pun ke luar negeri. “Ngga ngandelin duit. Murni dari nol. Doa dari orang tua. Dan Alhamdulillah terjadi perubahan yang signifikan di keluarga.” Ungkapnya.

Hal yang membuat Ustadz Hanan bertahan adalah beliau yakin bahwa Allah Swt.di Indonesia dan Allah Swt.di Mesir sama, maksudnya ngga ada bedanya. Pasti Allah Swt. kabulkan permintaan kita. Maka terus belajar minta sama Allah Swt.

Perjalanan ke Mesir dari mulai awalnya saat mau ke luar negeri masih Visa Turis, lalu belum tinggal di asrama mahasiswa gratis. Dan saat pengetesan di kampus ngga ditanya berapa nilai Matematika, tapi ditanya, “kamu bisa ngaji, ngga?” Alhamdulillah Ustadz Hanan Attaki bisa langsung masuk ke Al Azhar dan langsung mendapat prioritas mendapat beasiswa.

Beliau di Mesir berbisnis dari mulai jual bakso, bisnis catering, dan sempat jadi joki hajar aswad (pada saat musim haji). Semua bermodalkan nekad dan ngandelin semuanya ke Allah Swt.

Ustadz Hanan Attaki juga pernah membuat buku, lho. Judulnya Tadabbur Quran. Beliau akhirnya memutuskan ingin bermanfaat di kota Bandung, dan berdakwah lewat Pemuda Hijrah. Beliau ingin ada system perubahan pada masyarakat dengan adanya dakwah.

"Ada rasa bersalah kalau tiap ada taklim, tapi wajahnya sama. Justru kalau ada yang baru, itu senang karena ingin berdakwah hijrah kepada mereka yang masih phobia dengan Islam padahal ber-KTP Islam. Kalau mereka yang telah terjaga bisa lanjut dengan Dakwah Tarbiyah." ujar Ustadz Hanan.

“Seandainya Allah Swt.memberi hidayah melalui perantaraan kita, maka itu lebih baik dari seluruh nikmat di dunia.” 

Ustadz Hanan pun bercerita perihal Abu Bakar As Shiddiq yang amat banyak pahalanya dan mengungguli daripada siapapun karena sekali kali tidak akan terkejar, karena banyak Assabiquna Awwalun yang masuk Islam diajak oleh Abu Bakar. Dan orang yang telah mendapat pahala, orang yang mengajaknya pada Islam pun akan mendapat pahala yang sama. Itulah mengapa pahala Abu Bakar As Shiddiq begitu luas.

 “Sesungguhnya dakwah jangan terkungkung hanya di dalam masjid. Jika begitu, maka dakwah hanya akan berada dalam seputaran orang-orang yang sudah shaleh. Maka dakwah kepada anak muda merupakan sebuah kebangkitan. Dan bisa jadi juga terjadi kehancuran jika dakwah tidak sampai kepada mereka,” ungkap Ustadz Hanan Attaki,






Kami ini Dai, bukan Hakim. No judgment.
Beliau juga mengungkapkan bahwa, “Kami ini Dai, Bukan Hakim. No Judgment.” Saat ini ada juga Brigez Berdzikir, yakni mereka yang anak geng motor, tapi senang juga ikut ngaji. Mereka pernah ikut ngaji bersama Ustadz Arifin Ilham.

Beliau berharap agar umat Muslim mulai perluas jangkauan dakwah. Tagline beliau Banyak maen, banyakin manfaat, banyakin pahala...sedikitin dosa...
instagram ustadz di IG https://www.instagram.com/hanan_attaki/

Jika ingin tau lebih banyak tentang kajiannya, dan ingin denger ceramahnya, yuk cek websitenya di http://pemudahijrah.com/  instagramnya di https://www.instagram.com/pemudahijrah/
Fanpagenya https://www.facebook.com/pemudahijrah/?fref=ts
Twitter https://twitter.com/PemudaHijrah

Comments

Weeh keren neh. coba tengok wenya ah
Sri Al Hidayati said…
Iya teh, setuju. Keren ya
Painem said…
Ceramahnya keren semua, udah download banyak banget aku ��
Sri Al Hidayati said…
Sama. Saya pun download banyak ceramah beliau. Inspiring! 😊
Umi Hajid said…
Semoga akan ada banyak Hanan Hanan yg lain. Aamiin
Sri Al Hidayati said…
Aamiin ya Allah 😊
Wan Anisa said…
ceramahnya keren. lebih ke sharing dan gk menggurui
Wan Anisa said…
ceramahnya keren. gk menggurui tapi lebih ke sharing
Ashabul Kahfi said…
Masyaallah, antum masih muda tapi sungguh Allah swt memberi bakat yg luar biasa.. semoga Allah memberikan tambahan ilmu dam keberkahan buat ustad .....
Ashabul Kahfi said…
Masyaallah, antum masih muda tapi sungguh Allah swt memberi bakat yg luar biasa.. semoga Allah memberikan tambahan ilmu dam keberkahan buat ustad .....
Sri Al Hidayati said…
Alhamdulillah, doanya mudah mudahan istiqamah. Aamiin.. moga Allah Swt.selalu memberi kebaikan dan keberkahan selalu untuk Ustadz Hanan dalam perjuangannya berbagi semangat iman dan islam..
Masyaallah luar biasa perjalanan nya...semoga saya bisa seperti beliau aamiin aamiin allahuma aamiin
Masyaallah perjalanannya LUAR biasa, semoga saya bisa mengikuti mengikuti jejak beliau
Anonymous said…
Masyaallah
Masyallah sungguh tersentuh. Ingin sekali saya belajar seperti beliau. Robbywahyudi84@ymail.com
Masyallah sungguh tersentuh. Ingin sekali saya belajar seperti beliau. Robbywahyudi84@ymail.com
Reksy Salny said…
Masyaallah,Selain di tempatnya di sebutkan tadi dimana lgi ada kajiannya?
Sri Al Hidayati said…
Biasanya di Masjid Al Lathief jalan Saninten, Bandung. Selain Masjid Trans Studio Bandung kak
Assalamualaikum , saya dr Jakarta ada yg bisa bantu saya untuk bisa mengikuti kajian ust Tengku Hanan ataki ,
Darwan 342 said…
minta infonya dong hari apa aja ceramahnya ?
Sri Al Hidayati said…
Hubungi beliau via DM instagram kang, trus diingetin lagi pas di postingan kalau akang udah DM.. mudah2an membantu
mau tanya kang, ada jadwal taklim bulan agustus / september ? hehe semangat nihh..
semoga semakin banyak hanan hanan yang lain
Unknown said…
Afwan, saya mau kirim surat ke Ustad Hannan Attaki, ada yang punya alamat atau nomor PO BOX nya.
Unknown said…
Afwan saya mau kirim surat ke Ustad Hannan Attaki da yang punya alamat atau nomor PO BOX nya
Ustad hanaan emang keren banget, Ceramah a jugak memberikan inspirasi...
Saluuutt deh,
Panji Rachman said…
assalamualaiku, ust ada yang tau dimna biasa ust hanan biasa ta'lim?, sy ingin sekali memghadiri di acaranya beliau, mohon bantuannya ust terimakasih
Panji Rachman said…
assalamualaikum, ust ada yg tau dimna biasa ust.hanan ta'lim ? klo ada yg tau mohon bantuannya sy ingin sekli menghadiri ta'limnya beliau
Mohammad Fajri said…
biasanya beliau kajian di Masjid Al- Ikhwan ,Meruya ilir ,kembangan Jakbar... di tiap pekan ke 3 setiap bulannya . semoga bermanfaat.

Popular posts from this blog

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan