[TIPS] MENYIAPKAN HIDANGAN UNTUK TAMU YANG DATANG KE RUMAH

Sunday, January 29, 2017

Menu Botram hehe
Awal tahun ini, ada beberapa agenda di luat budget hehe, tak terduga, tapi memang silaturahim bisa mendekatkan ikatan, terdapat hadits keutamaan silaturahim juga, yakni sebagai berikut, “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” [Muttafaqun ‘alaihi]

Sebenarnya banyak suka duka rumah jauh dari kota, tapi dekat dengan objek wisata. Positifnya, jadi target tempat untuk dikunjungi oleh teman. Setahun lalu, menu botram nya yang sesuai dengan gambar, hehe.. saat itu bapak bapak semua pada gowes ke rumah, dan disuguhi makanan ala sunda. Pokoknya warung mama laku aja, hehe..



Dan, awal tahun dan awal bulan ini sudah ada dua agenda besar di rumah. Yaitu yang pertama silaturahim grup pengajian. Alhamdulillah silaturahim ini berjalan lancar. Saat pertama, menu nya Nasi tutug oncom, ikan asin dan sayur kacang merah. Seneng temen seliqa bisa pada mampir ke rumah. Abis seharian kumpul, dilanjut dengan foto-foto para akhawat, hehe.

Ternyata di pertengahan bulan, ada lagi pertemuan yang diadakan di rumah. Kali ini teman kantor suami yang juga para pendaki. Mereka datang pagi dan lanjut ke batu kuda hari sabtu pagi (21/01). Di rumah sedang ada teteh ipar dan keluarga yang juga lagi ingin silaturahim dan sampai malam main pees hingga larut.

Menuju batu kuda berlanjut perjalanan sampai puncak manglayang. Hebatnya, anak kecil juga diajak dan kabarnya anaknya lanjut jalan dan ayah nya berhenti di tengah jalan karena kelelahan. Hahaa bodor pisan weh.

Kami yang di rumah, sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Kali itu menu di rumah adalah soto ayam, perkedel dan pepaya nata de coco. Dari sekian pengalaman, saya jadi ingin menulis tips menyiapkan menu botram.

Tips menyiapkan menu botram atau hidangan untuk tamu yang datang ke rumah:

  1. Cari tau berapa orang yang akan hadir, lalu tentukan budget. 
  2. List menu yang akan dihidangkan baik nasi lauk pauk dan tambahan seperti minuman segarnya apa. 
  3. Mulai mencicil bahan menu untuk disiapkan pada saat hari H 
  4. Sedikit sedikit mulai menyiapkan menu makanan dari yang termudah dulu atau sesuai mood kita hehe
  5. Lalu siapkan piring piring berserta pelengkapnya seperti sendok garpu dan gelas gelas. 
  6. Siapkan juga aqua gelas di rumah untuk memudahkan 
  7. Mulai memasak nasi sejumlah dengan orang yang akan hadir. Biasanya utk 10 orang 1 kg cukup. Kalau lebih dari 10 orang bisa 1.5 kg. Biasanya kaum ibu ibu makan porsi sedikit, dan bapak bapak yang lumayan banyak. 
  8. Mulai menyiapkan menu dan agar tetap hangat dinyalakan di rice cooker seperti soto misalnya.
  9. Kalau mau lebih banyak menu, bisa juga udunan dengan peserta yang hadir. Misal kita memberi tahu bahwa di rumah menyiapkan menu nasi lauk pauk dan kalau mau membawa yang lain boleh.  Biasanya tamu akan membawa cemilan misal seperti keripik, bakpia, atau kue basah.  Sesuai dengan kesepakatan intinya mah. Hehe. 

Sekian. Semoga bermanfaat. :)

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#