8 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan dengan Operasi Caesar (SC)

Wednesday, March 29, 2017


Setelah operasi Caesar, mungkin para bunda akan merasa bertumpuk tumpuk, antara rasa sakit yang mendera dan tangisan anak yang harus diprioritaskan.

Sebenarnya setelah operasi, ada beberapa hal yang bisa membuat rasa sakit menjadi kurang. Berikut tipsnya ya.

1. Mengkonsumsi Aloe Vera
Aloe Vera atau sering disebut lidah buaya dapat menyembuhkan luka parut menjadi kering. Karena sehabis operasi, perut bagian dalam masih basah, aloe vera bisa membuat penyembuhan lebih cepat, dan rasa sakit menjadi berkurang.


2. Minum air panas jahe
Jahe hangat bisa membuat darah nifas yang baru melahirkan keluar maksimal. Rasanya hangat juga di badan. Patut dicoba.

3. Minum obat dari dokter dan perhatikan asupan makanan
Setelah pemulihan, selain berhati hati saat mandi agar bekas luka tidak terkena air, rutin minum obat dari dokter sangat diperlukan. Selain itu perhatikan makanan yang dimakan, lebih baik perbanyak yang berserat, selain itu kalau bisa hindari makanan yang mengandung ikan dan telur agar pemulihan lebih cepat.

4. Menyusui sebagai bonding antara ibu dan anak
Menyusui adalah hak semua ibu, baik ibu melahirkan normal atau caesar. Maka, jika belum sempat IMD tak perlu kuatir bunda. Bunda tetap bisa memberikan hak anak dengan pemberian ASI.

Alhamdulillah saya melahirkan secara caesar dan bisa menyusui anak sampai disapih usia 2 tahun. Jadi pasti bisa memberikan hak ASI untuk anak. Semangaat bunda! 😘

5. Tahan perut saat batuk atau bersin
Bagi ibu yang melahirkan caesar, perut akan sakit ketika bersin atau batuk. Maka bisa menahan rasa sakit dengan zikrullah. Dan bersabarlah karena waktu akan segera berlalu.. semangat yaaa..

6. Pijat oleh tukang pijat pada bagian kaki atau tangan saja.
Setelah melahirkan, badan rasanya cukup kelelahan. Bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, rasa sakit di punggung tentu menjadi warning agar tidak dipijat. Namun bukan berarti tidak boleh dipijat. Kalau bunda ingin dipijat badan boleh kecuali bagian punggung dan perut.

Saya dulu baru saat bulan ke-6 baru dipijat itupun kaki sudah kebas sekali. Hehe. Jadi pembelajaran saja.

7. Berolahraga boleh, tapi di bulan ke 6 setelah dilakukannya operasi caesar.
Mungkin bunda bertanya tanya kapan baru boleh berolahraga. Jangankan olahraga, untuk yang mengangkat berat berat pun dilarang.

Ternyata di bulan ke-6 baru boleh. Jadi sabar yaa bunda untuk bisa berolahraga, kadang rasa gatal hebat pada bekas operasi pun membuat bunda harus bersabar.

8. Mendapat support dari suami, ibu, keluarga dan teman
Point ini sangat membantu ibu pasca melahirkan. Kalau bisa terus beri dukungan positif kepada ibu yang baru melahirkan, terutama bagi new mom.

Jangan sampai istri merasa kelelahan yang sangat. Beri support, dengarkan apa yang ingin disampaikan istri, bantu bantu sedikit pekerjaan rumah akan membuat suprise tersendiri bagi sang istri. Niscaya ASI pun akan melimpah karena banyaknya ASI berpengaruh dari sugesti ibu sendiri.

Sekian 8 tips Pemulihan Pasca Melahirkan secara Cesar. Semoga bermanfaat. 😊

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#