7 Me Time Ibu Muda agar Tetap Bisa Produktif

Wednesday, April 05, 2017


Apabila sedang dilanda Me Time, tentu para ibu memiliki cara tersendiri untuk membunuh kebosanan. Me Time sebenarnya sangat diperlukan baik ibu bekerja atau full time mom agar punya semangat lagi dalam beraktivitas lagi, dan tidak memendam perasaan yang bakal meledak sewaktu-waktu. Wow.

Ini Me Time yang biasanya saya lakukan, sebenarnya secara ngga sadar Me Time bisa tetep bisa produktif kok. Tapi yang namanya Me Time, tentu rasanya tidak ingin ada sesuatu dipaksakan agar terkesan produktif (biar tidak merasa beban, hehe). Selamat menyimak.

1. Membaca Novel 
Apabila sedang dilanda pengen me time, saya biasanya akan membaca Novel. Selain jadi waktu untuk relaks sejenak, secara ngga langsung juga jadi nambah diksi baru, belajar penokohan, latar, dan gaya bahasa penulis. Jadi tahu gaya penulis yang kita sukai dan buat senyum senyum sendiri, hehe.



2. Bersocial Media 
Setiap ibu sepertinya tidak bisa melewatkan yang satu ini. Baik yang berstatus anak SMA, kuliahan, yang single, yang menikah, aktif di sosial media bukan sekadar untuk gaya gayaan, tapi untuk menjalin silaturahim yang sempat terputus, untuk berbisnis online misalnya, maupun untuk koordinasi dalam pekerjaan atau organisasi.

Sebagai ibu muda, tentu menjadikan Me Time dengan sosial media ini perlu waktu yang tepat agar anak pun mendapat hak secara sempurna.

3. Jalan jalan
Nah, giliran waktunya week end, saya dan suami biasanya me time jalan jalan ke komplek lapang deket rumah, atau kalau ngga, jalan jalan di kota Bandung (family time).

Bandung selalu jadi tempat asik untuk me time. Karena terlahir dan tumbuh di kota ini, selalu dirindukan untuk kembali ke kota ini. Terutama rumah. Selalu kangen liat adik adik saya yang 5 orang, terutama ayah dan ibu. Seneng kalau Aska main ke rumah kakek neneknya.

Jalan jalan ke Salman. Kalau saya ke Bandung, seenggaknya pasti pengen mampir ke masjid satu ini. Hehe. Dari SMA sejak kelas 2 pernah saya berturut turut tiap hari selama 3 bulan ke masjid satu ini. Haha. Ada proyek film waktu itu. Alhasil malah keterusan jadi cinta banget sama masjid ini.

Baca juga: Melingkar di Masjid Salman, Yuk! 


4. Menulis 
Me time yang satu ini Menulis yang ngga berat berat sebenarnya. Kalau menulis yang 'berat' butuh referensi bukan me time namanya, tapi tugas menulis. Me time Menulis saya lebih mencurahkan isi hati dan uneg uneg. Biasanya saya simpan sendiri dan jarang di share. Hehe. Bisi kebawa baper kalau baca lagi. :)

5. Bersama Al Quran.
Sudah hampir sebulan ini ada program di grup liqo yaitu tilawah quran seminggu 5 juz alquran. Awal awalnya merasa keteter tapi karena ada iqob 50.000 kalau ngga sesuai target, jadi terpacu untuk kejar 5 juz per pekannya.

Sampai ada hastag #save50rb xixixi. Untuk tilawah sudah hampir 20 juz selama sebulan ini alias khattam 1 quran alhamdulillah jadi latihan jelang ramadhan juga.

Sebenarnya bagi emak emak seperti saya, kepengen juga nambah komitmen menghafal, tapi belum nemu ritme yang cocok. Sebenarnya bisa aja malam sebelum tidur ngafalin, tapi kalau anak bobo, emak ikut bobo. 😂 Sabar ya mak.

6. Membina dan Dibina
Me time saya saat ketemu dengan binaan binaan yang sholehah dan bikin semangat untuk cari ilmu yang lebih banyak lagi buat disampein ke adik adik cantik. :)

Kalau agenda liqo saya, ketemu temen temen sholehah yang rata rata masih single, jadi minder sendiri, haha.. secara sekarang emak emak, hehehe.. tapi mesti semangat tetep karena dapet ilmu baru, temen baru, murabbi yang pengertian dan sabar banget (maafin sri teteh hiks). Ada juga mama muda yang bawa 2 anaknya tiap liqo keren pokoknya mah, saya salute.. jadi mesti dicontoh semangatnya bu ibuk untuk cari ilmu.. 😉

7. Nonton Film Korea
Nonton film jadi poin terakhir karena ngga terlalu holic, hehe. Biasanya ini jadi me time tersendiri untuk buat produktif lagi dalam pekerjaan rumah, misalnya nonton film Doctors, Legend of the Blue Sea, Faith (great doctor), dsb. Gak nyangka jadi emak emak suka nonton film Korea karena jalan cerita yang bagus yang buat suka.

Begitulah Me Time saya. Sebenarnya bagi saya tipe audio ini, biasanya me time saya denger musik, tapi sejak punya bayi, kebiasaan ini saya tinggalkan. Karena lebih banyak tugas yang harus saya prioritaskan, terutama dari segi peningkatan skill bagi seorang IRT sangat diperlukan terutama urusan dapur (memasak dan baking). Semoga bermanfaat.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam program  Blogger Muslimah Sisterhood

You Might Also Like

4 komentar

  1. Menulis dan baca quran. Me time favorit ala-ala saya ☺

    ReplyDelete
  2. Hwaa iqobnya gede bingit teh, mayan atu itu kalau kena mah bisa buat jajan baso

    ReplyDelete
  3. Membaca dan menulis adalah me time yang paling kusuka. Kalau sudah pegang buku, terkadang sampai lupa masak, hihihi.

    ReplyDelete
  4. aku jarang banget nulis Al Quran, tangan jadi kaku yah.

    Nulis biasa aja kadang tangan suka kram. Keseringan ngetik soalnya

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#