WOW! Inilah 11+ Tips Ampuh Nyaman Tinggal bersama Mertua


Membuat rumah bak istana jadi impian setiap orang. Yang terpenting dari memiliki rumah adalah kenyamanan. Lantas bagaimana adakah hal hal yang membantu saat tinggal bersama Mertua?

Berikut tips tips membuat rumah atau hunian Anda menjadi tempat tinggal yang nyaman saat tinggal seatap dengan mertua:

1. Suami memberikan space yang nyaman untuk istri di rumah
Rumah adalah tempat beristirahat, tempat pulang, tempat berbagi cerita, tempat tertawa dan ruang untuk berkarya. Bagi perempuan, rumah adalah tempat pengabdiannya sebagai istri dan juga ibu. Suami bisa memberikan ruang yang nyaman untuk istri di rumah dengan berkegiatan di rumah dengan bahagia. Lalu menjadi penghubung pembicaraan yang baik antara istri dan ibu. Terutama di masa awal awal pernikahan yang mungkin masih merasa canggung.



2. Menciptakan rumah tetap bersih dan rapi
Tak selamanya rumah dalam keadaan rapi. Apalagi saat memiliki anak kecil, hal tersebut menjadi maklum karena rumah sering tak rapi. Biasanya mainan anak akan berserak, maka bisa menyimpan mainan anak di boks mainannya.

Atas sebuah saran teman, sebaiknya sebagai seorang istri ketika suami akan pulang, rumah telah bersih dan rapi. Nanti kalau misal anak mengeluarkan mainannya sendiri, suami kan akan melihat. Jadi bukan berarti tidak dibereskan, kan?

Dengan melihat ruangan bersih, nyaman, dan rapi menjadi ibu lebih rileks. Terlebih setelah lantai rumah di pel dengan wangi sesuai kesukaan ibu, jadi makin betah di rumah.

3. Konsul dengan suami dan mertua tentang properti rumah yang diinginkan
Menjadikan rumah bak istana kini tak sulit lagi, bisa dengan sekali klik cari di internet maka bisa ketemu properti yang lucu lucu, menarik dan mempesona. Bila sudah punya rumah sendiri, tentu setelah konsul dengan suami, bisa mulai eksekusi apa yang cocok untuk di rumah.

Eits, jangan lupa juga untuk ngobrol dengan mertua baiknya bagaimana. Alhamdulillah saya masih seatap dengan mertua dan mengkonsultasikan apa yang saya inginkan.

Saya amat ingin memiliki kamar yang nyaman, sehingga saya ingin kamar di cat dengan warna putih pakai Vinilex, dempul harus buka triplek ganti genteng kaca.

Tahun lalu, saya ingin memiliki rak perpustakaan sendiri dan saya konsultasikan pada ibu. Ketika itu ibu juga mendukung ide saya dan membeli membantu membeli bahan bahannya, termasuk memanggil tukangnya. Terima kasih, Ibu!

Tahun ini saya ingin mengecat kamar. Senang yaa kalau mau ngerombak kamar. Hehe.

Kalau liat teman teman yang sudah nyicil dari mulai sofa, konsep ruang dapur, konsep ruang tamu, perpustakaan pribadi, dan lain lain yang lucu lucu ikut seneeng pokoknya. Home is so beautiful!

4. Memakai yang ada, beli yang belum ada, ganti yang rusak dengan yang baru
Mertua saya selalu mengatakan beli yang belum ada saja, pakai peralatan yang ada. Praktis ketika pindah status dari single menjadi seorang istri, saya tinggal belajar memakai peralatan yang ada di rumah mertua seperti mesin cuci dan blender yang paling sering.

Asas memanfaatkan yang ada jadi mengurangi pengeluaran yang mesti dikeluarkan baru. Karena kompor sudah ada, rice cooker, dan sebagainya.

"Kecuali untuk beberapa perlengkapan yang sudah agak rusak bisa diganti yang baru." Begitu kata Ibu, sehingga dari sana alhamdulillah kado pernikahan saya dan suami bisa bermanfaat. Seperti blender, wajan, gelas mug, dan sebagainya.


5. Berprinsip hidup adalah udunan.
Karena biasanya kalau tinggal serumah dengan orang tua berarti ada istilah 'hidup adalah udunan' karena bisa membeli kebutuhan untuk bareng bareng,

Misalnya seperti bisa udunan untuk beberapa keperluan rumah atau pembagian pembayarannya, seperti iuran listrik, air, sampah bisa udunan. Tapi ingat jangan jadi keenakan yaa..

6. Bekerja sama saat ada agenda keluarga seperti arisan, atau family gathering
Saat ada agenda keluarga maka bisa mengeluarkan peralatan seperti gelas gelas cantik, piring piring, termasuk menyiapkan karpet untuk acara.

Kalau belum beli bisa memanfaatkan yang ada. Dan bisa nyicil ingin membeli peralatan dapur untuk acara acara besar, seperti kata Anna di film Frozen yang memiliki piring cantik yang jumlahnya ribuan dan baru dikeluarkan saat pesta.

7. Membersihkan rumah dan menata properti rumah bersama keluarga dengan ACE Hardware 
Membereskan rumah sendirian akan terasa lama dan membosankan. Jika dikerjakan bersama sama akan terasa lebih menyenangkan.

Mengelap kaca jendela, membersihkan debu debu yang ada dengan vacum cleaner dari ACE Hardware, termasuk membersihkan kamar mandi, dan menata properti rumah semisal mengganti gorden dengan motif yang cantik, dan membereskan perlengkapan yang menumpuk. Memilah baju baju yang sudah tidak dipakai karena kekecilan, dan  lainnya.


8. Berkegiatan di rumah dengan hal yang disukai
Suka berkebun, suka menjahit, suka masak, termasuk suka menulis bisa dilakukan di dalam rumah. Hal tersebut berguna agar seorang istri bisa tetap produktif meski di dalam rumah.

Termasuk Membaca Novel, Nonton, bersocial media, dan berbisnis kecil kecilan.

9. Masak bareng dengan Mertua
Saat tinggal dengan mertua, kita bisa memanfaatkan momen untuk lebih banyak ngobrol dengannya, serta tahu kebiasaan kebiasaan suami saat kecil.

Seruu saat bisa masak bareng mertua karena jadi bisa belajar masak menu menu baru dan yang difavoritkan oleh suami. Jadi dapet ilmu baru kan!?

10. Menikmati waktu liburan untuk Me Time
Alhamdulillah saat liburan biasanya saya Me Time turun gunung jalan jalan di kota Bandung. Me time ini cukup membantu saya untuk jadi bersemangat lagi memulai hari dan rutinitas kembali. Suami saya biasanya suka ngajak jalan jalan ke toko adventure, lari pagi, ataupun makan es krim bareng.

11. Memberi hadiah kepada Mertua
HR al Bukhari al Baihaqi, dan Abu Ya'la mengatakan bahwa: Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencintai.

Bukan suatu keharusan. Namun dianjurkan. Dengan memberi akan timbul rasa sayang. Dengan memberi, akan timbul rasa cinta.

Terlebih momentum mau ramadhan dan lebaran seperti ini, bisa dimanfaatkan untuk lebih banyak memberi. Bisa memberi parcel kue, parcel cokelat, membelikan baju, ataupun yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk memberi untuk orang tua sendiri agar bisa seimbang.

11+ Hindari penyakit ga enakan
Bagi seorang menantu, terkadang rasa ga enakan selalu ada. Terhadap mertua tentu memiliki adab menghormati, menghargai dan menyayangi seperti orang tua sendiri.

Terhadap mertua perempuan dan laki laki misal tetap menjaga batasan yang boleh dan tidak boleh sesuai standar islam.

Perlu komunikasi yang baik dalam bertutur dan dalam sikap. Selain itu, perlu beberapa moment jalan jalan bareng untuk lebih mengakrabkan. Serta jangan ragu jika butuh bantuan kepada mertua tentang hal hal teknis yang belum kita tahu atau pahami. InsyaAllah dengan terbuka mertua akan coba membantu.

Sekian tips membuat rumah nyaman saat tinggal seatap dengan Mertua. Semoga bermanfaat.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition ACE Hardware #HelpfulPlace

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan