Handy Bonny, Hijrah dari Hingar Bingar Pemikiran Kiri Menjadi Ustadz Memotivasi Remaja Dakwah On The Road

Ustadz Handy Bonny di pengajian Eiger

Pada usia mudanya, ia pernah bertanya mengenai eksistensi Tuhan. Ia sempat tidak percaya dengan adanya Tuhan dan dibarengi dengan bacaan-bacaan pemikiran kiri membuatnya semakin jauh dari Allah Swt.
Namun pada tahun 2012, karena filsafat manusia yang terus mencari kebenaran. "Kebenaran sesungguhnya kebenaran standar yang mana? Akhirnya ketemu yang benar benar membuat kembali, yaitu Standar kebenaran Islam." Ujarnya.

Hal tersebut memantapkan hatinya, membulatkan niatnya untuk memutuskan mulai hijrah.

Pada tahun 2012 ia mulai bergabung di Mualaf Center. "Di kota Bandung, ngga ada yang ngurusin Mualaf baru, dan biasanya orang-orang tua. Darisana saya mulai aktif dengan dakwah," ujar Ustadz yang senang berdakwah di jalanan ini.



Sepintas gayanya persis seperti Ustadz Evie, memakai kupluk, dan berdakwah on the road, memakai kemeja bermotif kotak kotak biasanya menjadi ciri khasnya dengan kupluk ketika menyampaikan dakwah kepada pemuda, "makin belajar, lebih memotivasi kepada pemuda bukan tausyiah, tapi lebih ke sharing aja," ujar kelahiran Bandung, 14 April 1988 ini.

Nama bekennya Handy Bonny, dulu berkuliah di jurusan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad angkatan 2006 ini pada usia mudanya aktif sebagai konseptor Event Organizer acara musik. Selama 5 tahun, pernah mencapai tender milyaran rupiah. "Dan standar jalan jalan ke kota lain pasti standardnya 'minum', 'make narkoba' kayak udah biasa," ujarnya saat diwawancara Net Tv.

Kebebasan, kreativitas, dan buku pemikiran sempat membuatnya tidak percaya pada Tuhan. Stress akhirnya karena masalah satu persatu muncul, harta habis, dan membuatnya mengurangi minum-minum. Dan Alhamdulillah mulai perubahan dari pribadi.

Ketika seseorang berhijrah, maka mulai tetapkan niat, bertaubat kepada Allah Swt. dengan taubatan nasuha. Berhijrah memantapkan diri beriman kepada Allah Swt. dan penyesalan masa lalu berubah dengan produktivitas dalam beribadah.

Handy Bonny mengungkapkan dalam ceramahnya di Eiger bahwa hal yang menyelamatkan ketika kita berhijrah, adalah:
1. Tumbuhnya Mahabbah (Cinta)
2. Tumbuhnya Perjuangan di jalan Allah Swt.

Seseorang yang berhijrah akan timbul cintanya kepada Allah Swt.dan tumbuhnya perjuangan di jalan Allah Swt. Ada hal yang ingin dilakukan dengan Islam.

Ustadz Handy Bonny pun bercerita tentang pengalaman mualaf yang diusir dari keluarga, bahkan pernah disiksa di rumahnya dulu. Sehingga manusia bukan makhluk lemah, tapi butuh kasih sayang. Ketika keluarga tidak mendukung dengan perubahan kita ke arah yang baik, maka sebagai teman dukungan dan pelukan kasih sayang dapat menguatkannya untuk memulai langkah awal dalam berislam.

Kemudian dikisahkan pula bahwa seorang Raja bermimpi dan dalam mimpinya ia diberitahukan bahwa besok akan datang seorang anak muda, buta, tapi dia beriman kepada Allah Swt. Jangan kau tolak ia. Dan kemudian esoknya, Sang Raja pun menerima laki laki tersebut. Karena sesungguhnya kau akan bahagia dunia akhirat.

Handy Bonny yakin bahwa sesungguhnya setiap orang pasti akan diuji, seperti yang tercantum dalam QS Al Ankabut ayat 2.

Dan setiap orang umumnya memiliki kesulitan yang berbeda-beda. Seperti diuji dengan kecukupan, kesulitan beribadah, diuji dengan harta, diujinya dengan harta yang lebih malah terkadang melenakan. Diuji dengan harta yang kurang, biasanya manusia terus mendekat kepada Allah Swt. Maka bersabarlah dengan ujian.

"Mereka yang diuji dengan kesulitan beribadah seperti di Syiria, Palestina, tapi Masjid-Masjid penuh orang berbondong-bondong sholat. Kita Masjid di depan rumah, malas melangkahkan kaki ke Masjid? Malu kita sama orang yang buta tapi rutin baca Quran," ungkap Ayah dari 1 putri ini.

Jika ingin tau update dari Ustadz Handy Bonny bisa follow instagramnya di https://www.instagram.com/handy.bonny/

Ustadz Handy Bonny saat ini aktif di kebun amal. Dan Istrinya, Rini Kartini merupakan founder Muslimah Baper yang artinya Muslimah Bawa Perubahan.

Semangat berhijrah karena hijrah membuat perubahan yang lebih baik. Hijrah lebih sulit untuk mempertahankannya, tapi lebih sulit lagi jika tidak dipertahankan. Tetap istiqamah dalam berhijrah, ya!

#odop
#odop26
#bloggermuslimah

Comments

Baru denger saya Ustad Handy ini. 😀. Masih mudaaa sekali usianya, seumuran. Bedanya, beliau sudah menginspirasi banyak pemuda yaaa. ☺

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan