Pergantian Usia 26+2


Alhamdulillah di hari pergantian usia ke 28 tahun ini, saya ikutan Odop Blogger Muslimah, dan asli kebingungan mau nulis apa di hari milad saya sendiri. Berbagai pertimbangan ini dan itu, udah banyak yang ingin ditulis, tapi saya skip dulu karena ini hari special bagi saya. Ciee.. haha *abaikan

Akhirnya saya ingin menulis tentang perjuangan saya sejak 2015 mau menghafal Juz 26 surah Al Ahqaf dan berakhir saat Ramadhan menghafal surah Qaf. Alhamdulillah.

Ya Allah mudah mudahan saya dijauhkan dari malas murajaah atau mengulang hafalan. Hehe.

Menghafal Juz 26 ini banyak surah surah yang akhirnya membuat saya jatuh hati, dan berusaha untuk bisa menghafalnya di luar kepala. Juz 26 terdiri dari 6 surah yaitu QS Al Ahqaf (Bukit-bukit Pasir), QS Muhammad, QS Al Fath (Kemenangan), QS Al Hujurat (Kamar kamar), dan QS Qaf.
Dari semua surah itu berkesan sekali. 

Sampai saat ini mesti berjuang untuk ngga ada yang salah saat murajaah. Hiks. Yang perlu perjuangan saat murajaah surah yang 5 halaman. Kayak surah Al Fath, atau 4 halaman seperti surah Muhammad. #fighting

Meski sudah menghafal 6 surah ini selama 2 tahun, saya harus bersiap sebentar lagi menghadapi ujian setoran hafalan. Musyrifah saya selalu mengatakan, "Harus sering mengulang-ngulang, nanti pas ujian jangan ada yang salah. Kalau ada yang salah ngulang lagi dari awal." 

Nyesek iya, tapi coba berusaha terus ngulang ngulang mudah mudahan bisa istiqamah ngulangnya. Sangat berkesan dengan surah Al Ahqaf ayat 13,

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada rasa khawatir terhadap mereka dan mereka tiada (pula) bersedih hati.

Surah Al Ahqaf ayat 15 juga bercerita tentang perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.

Surah Al Ahqaf ayat 29 berkisah tentang rombongan jin yang mendengar bacaan Al Quran. Jin saja menyimak bacaan Al Quran. Nah, jadi inget kan kalau temen baca Quran atau di sekolah ada acara trus ada tilawah, masih asik ngobrol, kebangetan ya. Mestinya menyimak bacaan dengan khusyuk.

Surah Muhammad ayat 1 dan 2 bercerita tentang orang kafir yang menghalangi manusia dari jalan Allah Swt. Maka Allah Swt. Akan menghapus amal mereka. Sedangkan orang beriman yang mengerjakan kebajikan Allah Swt akan hapus kesalahan mereka. 

Surah Muhammad ayat 7 tentang janji Allah Swt. Jika kita menolong agama Allah Swt. maka Allah Swt. akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. 

Surah Muhammad ayat 15 tentang Perumpamaan Surga.

“Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tiada berubah rasanya, dan sungai-sungai khamr (anggur yang tidak memabukkan)  yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah buahan dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?

Surah Al Fath ayat 3-4 tentang Allah Swt.yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang orang muknin untuk menambah keimanan.
Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS Al Fath, 48: 3)
Surah Al Fath juga tentang janji Allah tentang Perjanjian Hudaibiyah yang memberikan hikmah untuk orang Muslim. Dan mimpi Rasul menjadi nyata yaitu Rasul dan umat Islam memasuki Masjidil Haram bisa menunaikan Haji dan Umrah di tahun 7 Hijriyah.

Surah Al Hujurat ayat 1-5 turun karena Abu Bakar dan Umar bin Khattab berdebat tentang pengangkatan seorang pemimpin. Tak sadar suara mereka meninggi. Maka disebut dalam ayat, "janganlah melebihi suara Nabi". Selain itu Surah Al Hujurat ayat 6 tentang telitilah kebenaran ketika seorang fasik membawa berita. Di ayat 10, dijelaskan tentang setiap orang Mukmin itu bersaudara. 

Di ayat 11, janganlah suatu kaum mengolok olok kaum yang lain. Serta di ayat 12 jauhilah prasangka karena prasangka seperti memakan daging saudaranya yang mati.

Surah Qaf ayat 6-11 tentang kekuasaan Allah Swt.yang berkuasa menghiasi bumi langit dan seisinya dengan ciptaan-Nya. Pada ayat 16, Allah Swt.telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang tersembunyi di dalam hati manusia. Dan Allah Swt.lebih dekat dark urat leher kita. 

Surah Qaf ayat 17 tentang Malaikat yang akan mencatat perbuatan baik di sebelah kanan dan perbuatan jahat di sebelah kiri. Tidak ada kata yang malaikat pasti mencatatnya. Surah Qaf ayat 21 tentang hari dibangkitkan nanti, setiap orang yang akan datang bersama Malaikat pengiring dan saksi. 

Surah Qaf ayat 30 tentang Allah Swt.bertanya kepada Jahannam, apakah kamu masih penuh? Seolah olah Jahannam memang makhluk hidup. Jahannam pun menjawab, "Masihkah ada tambahan?" Semoga kita terjauh dari maksiat yang bisa menyeret pada Neraka. Naudzubillah.

Ketika saya sedang banyak kerjaan, biasanya saya suka galau mau sambil apa, kalau denger musik terkadang masih tidak membuat hati tenteram. Sehingga biasanya ketika sambil cuci piring, atau beberes rumah, saya suka dengan murattal quran dari ustadz atau qari yang berbeda. 

Biasanya di youtube banyak qari qari yang membacakan surah dengan berbeda tentunya. Biasanya saya jadi senang dan lebih tenang hati ketika mendengarnya. Mungkin jika bosan patut dicoba kalau misal bosan dengan murattal yang disetel. 

Bisa cari qari yang berbeda untuk membuat semakin merefresh hafalan juga.

Alhamdulillah sharing tentang surah surah di juz 26 mudah mudahan bisa bermanfaat. Meski saya belum bisa hafal ayat secara acak, alias hafal berurut seperti biasanya. 

Suka iri sama anak-anak kecil hafiz bisa ngacak menghafalnya. Moga hari ini bisa lebih baik dari kemarin. Dan kelak cita cita tertinggi bisa mati dalam keadaan khusnul khatimah. Aamiin ya Allah. 

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan