Bermain di Alam Terbuka Membuat Anak Lebih Sehat, Cerdas dan Bahagia


Pada awal bulan Agustus, saya dan Aska ikut suami kemping di Batu Kuda lagi. Ini kali kedua kami kemping di Batu Kuda. Rasanya sudah tidak terlalu asing lagi, dan happy.

Terutama Aska, dia sangat senang karena dapat bermain di alam terbuka. Membantu Abi mengumpulkan ranting-ranting kayu untuk membuat api unggun. Membantu Abi menyalakan api di api unggun. Sementara emaknya cuma nemenin Aska nyari ranting dan jadi nonton doang, hehe.


Sebenarnya apa manfaat bermain di alam terbuka untuk anak?
1. Anak akan belajar beradaptasi dengan lingkungan baru 
Di tempat bermain alam terbuka, tentu berbeda dengan lingkungan sehari-hari di rumah. Anak akan excited dan ingin eksplore tempat baru. Rasa ingin tahu yang besar membuatnya ingin mencoba hal hal baru di sekitarnya.

Seperti akan berlari-lari, sambil tersenyum senang. Ikut sibuk ketika ortu membuat tenda, dan sebagainya.

Sebaiknya ortu langsung mengarahkan anak untuk melatih motorik halus dan kasarnya, seperti memetik daun, dan sebagainya.

2. Melatih keberanian, percaya diri, tidak mudah putus asa
Saat kegiatan outdoor, tentu anak akan muncul rasa percaya dirinya dan biasanya banyak rintangan yang mesti dihadapi. Seperti misalnya meloncati kubangan, berpegangan pada akar-akar, merangkak, berjalan di lumpur, di jalan berlumut, dan lainnya yang melatih motorik mereka.

3. Anak yang sering bermain di alam biasanya lebih sehat, bahagia, dan cerdas. 
Anak anak biasanya akan sedikit sekali yang merasa stress. Mereka biasanya akan stress jika terlalu banyak dilarang. Maka bagi orang tua yang sering memfasilitasi anak bermain di alam tentu akan membuat anak lebih bahagia dan sehat. Anak akan tambah gembira dengan melihat tempat baru. Hal tersebut juga mengurangi stress dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

4. Mempererat bonding ayah, ibu dan anak. 
Bermain di alam terbuka, dapat juga memberikan rasa happy dan juga mempererat bonding antara ayah, ibu dan juga anak. Hal tersebut juga lebih mengakrabkan satu sama lain.

5. Lebih sehat dibandingkan dengan bermain gadget. 
Saat ini pertarungan gadget dengan alam terbuka sepertinya lebih didominasi oleh gadget. Anak tak luput dari paparan gadget. Maka bermain di alam terbuka dapat membahagiakan anak karena selain udara yang bersih dari polusi kota, juga anak-anak dapat melihat aneka macam tanaman yang cantik, hewan-hewan lucu membuat pengetahuan anak-anak kita berkembang pesat.

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan