Inilah 7 Film Karya Asma Nadia yang diangkat dari Novel

Wednesday, September 27, 2017

Asma Nadia, penulis muslimah produktif di Indonesia satu persatu bukunya telah bertransformasi menjadi Film. Hal ini sekaligus sebagai syiar Islam dan juga memperkenalkan hal-hal yang terjadi sehari-hari dan penyelesaiannya yang dapat kita saksikan dalam setiap filmnya.

Film apa saja yang bisa kita tonton dari film Asma Nadia? Banyaaak. Ini bisa menjadi alternatif ketika kita ingin menonton film yang menghibur, dan sekaligus mendidik keluarga. Yuk simak selengkapnya.

1. Emak Ingin Naik Haji 



Dari Wikipedia, Emak Ingin Naik Haji adalah film Indonesia yang dirilis pada 12 November 2009 dengan disutradarai oleh Aditya Gumay dan dibintangi oleh Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, dan Didi Petet. Emak Ingin Naik Haji diangkat dari cerita pendek karangan Asma Nadia. Film ini juga menghadirkan penampilan khusus dari Jeffry Al Buchori. Emak Ingin Naik Haji mendapatkan enam nominasi Festival Film Indonesia 2009, termasuk tiga kategori akting; Aktor Terbaik untuk Reza Rahadian, Aktris Terbaik untuk Aty Kanser dan Aktris Pembantu Terbaik untuk Ayu Pratiwi.

Film Emak Ingin Naik Haji bercerita tentang tokoh Emak, seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati, seperti umat Islam lainnya, sangat ingin menunaikan ibadah haji dari hasil berjualan kue. Di sisi lain, tetangga Emak yang kaya raya sudah beberapa kali menunaikan haji, juga pergi umrah, dan ada yang berniat haji hanya untuk kepentingan politik.

2.  Assalamu'alaikum Beijing 



Assalamualaikum Beijing adalah sebuah film drama Indonesia tahun 2014 yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Film yang diadaptasi dari novel berjudul Assalamualaikum, Beijing! karya Asma Nadia. Film ini dibintangi oleh  Revalina S. Temat, Laudya Cynthia Bella, Morgan Oey, Ibnu Jamil, Desta, dan lain-lain.

Dalam perjalanannya di Beijing, Asma bertemu dan berkenalan dengan Zhongwen, pemuda yang sangat terkesan dengan kisah cinta sejati Ahei dan Ashima, dan memanggil Asma dengan Ashima, karena menurutnya keduanya memiliki kemiripan wajah.

Lewat pertemanannya dengan Asma, Zhongwen banyak mendapat pencerahan tentang Islam, dan hidayah akhirnya menuntunnya menjadi mualaf, akibatnya Zhongwen terusir dari keluarga. Bagi Zhongwen, pengorbanannya itu belum seberapa dibandingkan dengan pengorbanan Mush'ab bin Umair, sahabat Nabi Muhammad yang rela melepaskan harta, dan kedudukan.

Musibah kemudian menimpa Asma, saat ia divonis menderita sindrom antibodi antifosfolipid. Penyakit yang berhubungan dengan pengentalan darah yang membuatnya harus mengalami kesakitan luar biasa, serangan stroke, sulit bergerak bahkan nyaris buta. Penyakit itu juga membuatnya sangat tidak dianjurkan untuk hamil dan melahirkan. Di sisi lain, Zhongwen yang mulai merasa jatuh cinta kepada Asma, berusaha keras untuk mencari dan menemukan Asma yang mendadak hilang berita.

3. Jilbab Traveler



Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea adalah sebuah film drama hasil adaptasi novel laris Jilbab Traveler karya Asma Nadia. Film ini merupakan film adaptasi kedua dari novel Asma Nadia pada tahun 2016 setelah Pesantren Impian. Film ini menghadirkan Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha sebagai pemeran utama, serta Ringgo.

Rania Samudra adalah seorang penulis yang gemar traveling, dijuluki JilbabTraveler oleh para pembacanya. Rania bertemu dengan Hyun Geun, fotografer asal Korea yang tampan tapi cuek. Hyun Geun ditemani sahabatnya, Alvin, berhasil memaksa Rania untuk memandu mereka ke kawah Ijen. Tetapi keputusan itu membuat Rania kehilangan momen terpenting bersama ayahnya.

Perasaan menyesal mendorong Rania berhenti menjelajah dunia. Tidak juga peduli ketika Hyun Geun yang merasa bersalah mencoba mendekat, bahkan hingga pemuda gondrong itu kembali ke Korea. Rania tetap bersikeras tinggal di rumah, mendampingi ibunya. Melihat hal ini, Tia dan Eron, dua kakak Rania, segera berinisiatif menjodohkan Rania dengan Ilhan.

4. Pesantren Impian 



Dari Wikipedia, Pesantren Impian adalah film drama seru religi Indonesia yang dirilis pada 3 Maret 2016. Film ini dibintangi antara lain oleh Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanyadewi, dan Indah Permatasari. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Asma Nadia.

Sepuluh gadis mendapatkan undangan misterius untuk tinggal di Pesantren Impian. Pondok terpencil itu didirikan Gus Budiman untuk memberi kesempatan kedua bagi mereka yang mempunyai masa lalu gelap. Sissy, seorang model, datang dengan sahabatnya, Inong, yang menyimpan masalah sendiri. Butet dengan kasus narkobanya. Sri hadir dengan skandal pelacuran. Sementara Rini yang tampak lugu, ternyata hamil di luar nikah. Selain mereka ada sederet nama lain dengan persoalan masing-masing.

Sebab masa lalu dan berbagai kebiasaan buruk terlanjur berkarat. Pembimbing pesantren, Ustadz Agam dan Ustadzah Hanum, juga Umar, sosok tampan misterius yang dekat dengan Gus Budiman, terus menyemangati. Perlahan, mereka berproses untuk mengenal Islam lebih baik. Berangsur Pesantren Impian terasa seperti rumah kedua yang menawarkan oase sejuk yang tak pernah mereka temukan.

5. Cinta Laki-laki Biasa



Cinta Laki-Laki Biasa merupakan film drama romantis Indonesia yang dirilis pada 1 Desember 2016. Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto dan dibintangi oleh Deva Mahenra, Velove Vexia, Nino Fernandez, Muhadkly Acho, Adi Nugroho, Donita, Uli Herdinansyah, Dhini Aminarti, dan lainnya. Film ini diadaptasi dari cerpen karya Asma Nadia. Ini merupakan kerja sama pertama antara Asma Nadia dengan Starvision Plus.

Film ini menceritakan drama romantis tentang kesederhanaan akan cinta yang menawarkan unsur kedamaian yang disampaikan islam melalui cinta seorang laki-laki biasa bernama Rafli pada Nania. Rafli menjadi mentor saat Nania melakukan kerja praktek di proyek pembangunan rumah sederhana.

Nania tidak saja mendapatkan bimbingan mengenai ilmu membangun rumah, tapi juga tuntunan untuk menjalani hidup yang lebih penuh arti, bahwa kebahagiaan tidak dibangun dalam kemewahan, tapi kesederhanaan yang diwarnai keakraban dan ketulusan.  Tidak ada yang mengira bahwa akhirnya Nania mau menerima lamaran Rafli.

Apalagi Nania sudah akan dijodohkan dengan Tyo Handoko, seorang dokter yang memiliki jaminan masa depan yang sukses. Berbagai usaha, baik halus dan kasar dilancarkan untuk membatalkan niat Nania, tapi Nania tidak goyah, dia percaya bahwa hanya dengan Rafli, hidupnya akan bahagia.   Namun bahkan setelah Nania dan Rafli menikah, keduanya harus melalui berbagai tekanan dan cobaan yang tidak ada habisnya.

6. Surga yang tak Dirindukan 1



Pernikahan Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) mendatangkan kebahagiaan dengan hadirnya Nadia, putri mereka. Pras yang baik dan setia selalu menenangkan Arini.

Film ini memang masuk ke semua kalangan, baik bagi pasangan yang baru menikah, ataupun pasangan yang sudah berpuluh puluh tahun membina rumah tangga. Dan pasti, para istri akan tercampur aduk perasaannya saat menonton film ini.

Suatu hari saat sedang akan dinas kerja, Pras melihat ada mobil mengebut dan mendahuluinya. Saat lewat kagetlah karena penumpang tsb terluka parah. Pras membawanya ke Rumah Sakit. Lalu Pras menolong Meirose dan berjanji akan menikahinya. Masa lalu Meirose dari keluarga broken home dan masa lalu Pras membuatnya iba.

Konflik bermula saat Arini melabrak Meirose. Arini yang kecewa, sedih, semua bercampur aduk jadi satu melihat suaminya. Arini menutup telinga dari penjelasan Meirose dan suaminya. Semula Arini akan meninggalkan rumah, tapi akhirnya Pras yang undur diri. Pras pun tinggal di rumah Meirose. Arini tak menggugat cerai karena dalam hatinya masih sangat cinta pada suaminya.

Surga yang Tak Dirindukan dirilis perdana pada tanggal 15 Juli 2015, dan langsung menjadi salah satu film paling sukses yang dirilis tahun itu hingga mencapai lebih dari 2 juta penonton.

7. Surga yang tak Dirindukan 2 



Scene bermula ketika ada tabrakan di tengah hutan, dan membuat Pras jadi takut. Apa kalau ia tolong akan terjadi hal berulang seperti terjadi sebelumnya? (di Surga yang Tak Dirindukan 1 Pras menolong Meirose yang tertabrak dan menikahinya). Kontan hal tersebut membuat saya tertawa, pasti penonton lain pun juga sama.

Akhirnya Pras menolong dan tidak seperti yang dia duga. Pasien tidak terluka parah. Di film bagian kedua ini, Meirose yang pergi datang ke rumah Pras untuk mengambil Akbar. Namun kali ini Arini membujuk dan meminta Meirose untuk kembali kepada Pras.

Arini karena penyakitnya pula meminta kepada Meirose agar menemani Pras, sementara Meirose sedang dekat dengan dokter Syarief. Ending film ini cukup menguras air mata. Meirose akhirnya menikah dengan Pras, seperti permintaan Arini yang telah meninggal karena sakit kanker yang dideritanya. Nadia pun lega karena bisa membantu mewujudkan keinginan Bundanya untuk menyatukan Ayahnya dan Tante Mei.

Bonus >> Sinetron Catatan Hati Seorang istri 



Catatan Hati Seorang Istri adalah sebuah sinetron yang ditayangkan di stasiun TV RCTI. Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt dan pertama kali ditayangkan pada tanggal 9 Juni 2014. Kisah sinetron ini diadaptasi dari novel laris berjudul sama karangan Asma Nadia.

Sinetron ini disutradarai oleh Maruli Ara dan dibintangi oleh Dewi Sandra, Intan Nuraini, Yasmine Wildblood, dan Ashraf Sinclair. Kehidupan rumah tangga Hana diuji ketika ia menemukan sosok bernama "Hello Kitty" yang selalu mengirim SMS mesra pada suaminya. Hana mulai berpikir, apakah mungkin suaminya yang perhatian itu, lembut hati, tega mengkhianati cintanya?

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#