Novia Syahidah, Founder Blogger Muslimah Indonesia

Blogger Muslimah

Sekilas logo yang cantik dan menawan ini tentu langsung kepincut di dalamnya. Ternyata sudah beberapa kali ada yang mencantumkan logo BM copas begitu saja. Banyak dari anggota Blogger Muslimah yang kemudian menegur mereka yang terkadang menggunakannya untuk kepentingan pribadi, ataupun tak sengaja "katanya". Founder Blogger Muslimah sendiri saat ditanya, “Gak terlalu memusingkan hal itu. Tapi tetap saya tegur. Habis gimana ya, logonya cantik sih,” ungkap founder Blogger Muslimah.

Lalu apa komunitas Blogger Muslimah dan apa saja yang ada di Blogger Muslimah? Nah, kali ini saya akan berbagi mengenai komunitas Blogger Muslimah. Yuk simak selengkapnya.

Blogger Muslimah dirintis dan dibentuk oleh Novia Syahidah. Selain beliau dikenal sebagai Manager Marketing Komunikasi di Asia Wisata, tentu sudah tak asing dengan karya-karyanya Putri Kejawen, Titip Rindu Buat Ibu, Gadis Lembah Tsangpo, Berlalu dalam Sunyi, Mengemas Rindu, Di Selubung Malam, Sepotong Kata Cinta, Lenggini, dan lainnya.


Latar belakang Blogger Muslimah dirintis, yakni karena beliau melihat banyak penulis muslimah yang berhenti menulis karena kesibukan atau sebab lainnya. Dan melihat peluang menulis di blog lebih gampang. Serta karena media online sudah sangat mendominasi zaman, maka para muslimah harus diberdayakan untuk jadi penyeimbang dalam memberikan informasi positif.
“Alhamdulillah sampai saat ini anggota di grup FB sekitar 1200-an, dengan admin yang membantu program ada 5 orang.” Ujar Uni Novia. Masya Allah, banyak yaaa anggotanya. 
Dan lagi kabar gembira bahwa komunitas Blogger Muslimah juga bersifat terbuka, menerima siapapun untuk bergabung, “Asalkan dia Muslimah. Boleh berjilbab atau tidak berjilbab. Bukan diskriminasi agama, namun setiap komunitas atau kelompok memiliki tujuan masing-masing, begitupun dengan Blogger Muslimah yang tujuannya memang ingin lebih memberdayakan para Muslimah di dunia blogging ini. Kurang lebih itulah alasan memilih nama Blogger Muslimah.” Ungkap Uni.

Visi misi blogger muslimah bisa disimak disini 

Program Blogger Muslimah 
Berikut beberapa program yang sudah ada di komunitas Blogger Muslimah, yakni Kelas Kepenulisan Non Fiksi, Kelas Kepenulisan Fiksi, Kepribadian Muslimah dan Kajian Muslimah, dan Postingan Tematik & Blogwalking. Selain itu ada program One Day One Post atau ODOP, program Eduvisit Muslimah atau PEM, serta Blogger Muslimah Meetup atau BMM.

Oya, Blogger Muslimah juga sudah beberapa kali mengadakan Meet Up lho, jadi bisa kopi darat bertemu dengan kawan-kawan di Blogger Muslimah.



Tentang mensiasati mengcover kebutuhan-kebutuhan para anggota BM yang beragam, Uni Novia sendiri mengungkapkan bahwa, “Biasanya dengan melempar survei dan menanyakan apa yang mereka inginkan. Lalu menjadi penengah saat ada perbedaan tanpa menghakimi atau membenarkan salah satunya. Intinya saya berusaha membuat semuanya merasa nyaman dan dibutuhkan oleh yang lain.”

Tentang perjalanan Uni Novia mulai ngeblog yakni sejak tahun 2005 di Multiply, lalu lanjut ke blogdrive sebelum ke Wordpress. Jauh sebelum ngeblog, Uni Novia juga telah dikenal sebagai penulis. Sudah banyak buku yang terbit dan novel, termasuk duet bersama Arul Khan, sang suami, yang sama-sama juga passion di nulis. Keduanya pernah membuat buku bersama yakni "Janji Untuk Istriku".

Suami Uni Novia sendiri menyambut positif dengan adanya Blogger Muslimah, “karena itu arti ya saya masih tetap menulis. Soalnya dia suka baper kalau ada teman lain bilang bahwa saya gak produktif nulis lagi sejak menikah,” ujar Uni yang mengidolakan AA. Navis,  Ahmad Tohari, dan Najib Kaelani.

Tips Menulis Novel dari Novia Syahidah
Tips menulis novel dari Mbak Novia yakni "Ciptakan sesuatu yang unik dalam cerita meskipun idenya sudah biasa."

Uni Novia juga berbagi ketika menulis novel, yakni “ketika menulis novel, saya langsung menulis. Outline biasanya di kepala aja karena saya tipikal penulis yang spontan, gak betah bikin outline," ujarnya.

Saat ditanya berapa lama biasanya waktu menulis novel atau cerbung, Ibu dari 4 orang anak ini menjawab, “Tergantung kesibukan hehe. Paling cepat satu bulan. Paling lama berbulan-bulan, bisa setahun karena banyak ditinggal dan sibuk ngerjain yg lain. Proses editing biasanya seminggu sampai dua minggu.”

Harapan dan cita-cita Blogger Muslimah 
Harapan Uni Novia terbesar dalam membentuk grup Blogger Muslimah yakni agar para muslimah satu suara dalam menyebarkan kebaikan dan menegakkan kebenaran melalui media online. Juga agar para muslimah mencintai dan menekuni dunia kepenulisan.

Cita cita grup BM ke depannya yakni menjadi penggerak para muslimah untuk rutin menulis, rajin membaca.  Menjadi tempat berkumpul dan bertukar pikiran bagi para muslimah dari berbagai golongan tanpa meributkan perbedaan.

Jika ingin tahu update tentang komunitas bloggermuslimah yakni bisa terus pantengin TL nya di instagram disini https://www.instagram.com/bloggermuslimah/ di twitter https://mobile.twitter.com/blogmuslimah_id dan websitenya http://www.bloggermuslimah.id/ Sukses selalu Uni Novia! Yuk kita terus menyebarkan kebaikan lewat menulis.


Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan