Anak-anak Digital

Tuesday, November 21, 2017


Gadis itu tak terpengaruh oleh lingkungan di sekitarnya sekalipun. Sekilas ia memang hidup ‘merdeka’ tanpa harus menginfokan apa saja yang sudah ia alami hari ini, apa yang sudah ia santap, sudah bertemu dengan siapa saja, atau pergi ke tempat mana saja. Di saat orang-orang menginfokan kegiatan hariannya. Ia menginginkan privacy yang cukup tinggi. ia telah menemukan dirinya, dan cukup senang dengan hanya dapat duduk minum lemon tea hangat, membaca buku kesukaannya, memotret kehidupan dalam ruang dirinya saja.

Gadis itu tak terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Dalam angkutan umum, rerata penumpang menengok handphone di genggamannya. Sedangkan ini tidak. Gadis itu memang tak gandrung pada sosmed. Ia telah menemukan dirinya.

Di tempat lain, seorang perempuan terbangun dari tidur dan membuka jendela kamarnya. Sepi. Saat sudah melakukan rutinitas harian ia sempatkan menengok handphone-nya dan telah banyak kicauan karena kicauan sosmed tak pernah berhenti atau tidur. Semua terwakili dari sosmed yang ada. Kau lihat HP dan lihat keriuhan di timeline tentang Tiang Listrik yang ramai diperbincangkan, berbanding terbalik saat kau buka jendela rumah: sepi.

Laki laki cenderung suka Game Online, Perempuan cenderung suka Media Sosial 

Dari buku “Mendidik Anak di Era Digital” karya Yee Jin Shin bahwa kecanduan perangkat digital berbeda-beda berdasarkan jenis kelamin. “Pertama, anak laki-laki sangat menyukai Game Online. Jika ditanya mengapa mereka begitu senang bermain game, sebagian besar akan menjawab bahwa game bisa melepaskan stess mereka."

“Tingkat kemungkinan anak perempuan kecanduan game online relatif rendah, tetapi mereka mengalami tingkat ketergantungan yang sangat parah terhadap media sosial jika dibandingkan dengan anak laki-laki. Mereka cenderung ingin mengukuhkan nilai diri mereka sendiri dengan berbagi informasi di internet.” papar Yee Jin Shin lagi dalam bukunya.

Yang menarik dari media sosial seperti Twitter, Kakao Talk, dan Facebook adalah kita bisa terkoneksi secara interaktif dengan orang lain melalui komputer atau ponsel setiap saat. Oleh karena itu, anak-anak zaman sekarang lebih senang berkirim pesan melalui media sosial daripada bertemu langsung, terutama anak perempuan. Perempuan terbukti lebih menyukai media sosial daripada anak laki-laki.

Produktif dalam Bermedia Sosial


Hal yang dapat diambil nilai positif dalam bermedia sosial adalah Produktif dalam Bermedia Sosial:
1. Ngeblog
2. Berbisnis
3. Menjalin relasi
4. Membuka peluang kerjasama
5. Menulis buku
6. Berkomunitas

Menurut Teori Kebutuhan Abraham Maslow bahwa kebutuhan-kebutuhan tingkat rendah harus terpenuhi atau cukup terpenuhi dulu, sebelum kebutuhan-kebutuhan di tingkat yang lebih tinggi.
5 kebutuhan dasar dari kebutuhan fisiologis (sandang, pangan, dan papan), rasa aman, kasih sayang, penghargaan dan aktualisasi diri.

Muslimah, Blog dan Dunia Maya

Muslimah, Blog dan Dunia Maya sebagai tema Postem bulan November Blogger Muslimah, bahwa Muslimah ingin produktif menulis adalah sebagai aktualisasi diri, point terakhir dari teori Maslow.

Dan selain itu, Menulis Blog juga memiliki sekian banyak manfaat diantaranya:

  1. Memberi kebutuhan informasi kepada netizen 
  2. Tulisan yang bermanfaat 
  3. Personal branding 
  4. Pahala yang terus mengalir 
  5. Tulisan yang terdokumentasikan secara sistematis 
  6. Saling berkunjung (BW) ajang silaturahim berkunjung ke blog teman 
  7. Kopdar event jadi ajang silaturahim yang menyenangkan karena biasanya hanya di dunia maya saling menyapa, ini bisa langsung bertemu, dan mengobrol. 

Muslimah, Blog dan Dunia Maya menjadi hal yang terberdayakan karena waktu menjadi produktif, berdaya dan bermanfaat. Dunia Maya menjadi dunia kasat mata yang dapat kita kontrol penggunaannya.

Jika di Indonesia terbiasa mengganti handphone dengan model terbaru, karena khawatir dianggap ketinggalan zaman, dan terbiasa multitasking, maka perlu dikaji ulang apakah bermanfaat sering mengganti handphone? Energi konsumtif lebih baik dialihkan dengan gila membaca dan senang menulis. 

Karena Muslimah, Blog dan Dunia Maya, dalam berkomunitas menjadi lebih berdaya dan lebih bahagia karena ada teman berjuang bersama. Yuk mulai menulis lagi!  


*Tulisan ini diikutkan dalam postingan tematik *Blogger Muslimah Indonesia*

#PostinganTematik
#BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

30 komentar

  1. Makasih infonya ya Mbak, saya pikir kecenderungan anak laki-laki dan perempuan dalam dunia digital sama, ternyata beda. Makasih juga info manfaat ngeblog dan aktifitas dunia maya lain, selama ini melakukan aktifitas itu karena senang doang๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  2. Setuju Mba. Dunia Maya banyak manfaatnya asal bisa mengambil yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Menarik sekali paparan dan info-info pendukungnya.
    Ternyata perempuan lebih socmed addict ya :).
    Semoga semakin banyak yang menggunakan kesempatan bersocmednya untuk membagikan hal-hal yang bermanfaat, tak hanya sekedar iseng dan buang waktu belaka.
    Terima kasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  4. Benar banget kalau laki-laki demen nge-game sementara perempuan sosmed..Sudah terbukti pada 3 laki-laki di rumah saya..hahaha

    Semoga, interaksi dengan sosial media khususnya dan dunia maya pada umumnya bisa membawa manfaat sehingga perempuan menjadi lebih berdaya.

    Ulasan yang menarik Mbak:)

    ReplyDelete
  5. Benar juga ya mbak, ponakan cowok pada suka banget nge game. Semoga saya bisa memanfaatkan medsos dengan baik bukan justru jadi terjerumus...

    ReplyDelete
  6. Aseekk.. Gabung dgn komunitas bloger itu bikin muslimah lbh berdaya ya :)

    ReplyDelete
  7. setuju banget. Dengan tulisan kita bisa menyebar kebaikan dan akan memanen pahala terus hingga nanti

    ReplyDelete
  8. hehe kalo aku kebalik, lebih suka main game daripada sosmed :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. ada juga teman saya yang lebih senang game dari sosmed.. lebih buat fresh dan refreshing ya mba :D

      Delete
  9. Energi konsumtif lebih baik dialihkan dengan gila membaca dan senang menulis. Wah setuju banget nih dengan pesannya mbak, ya daripada gonta ganti hape buang2 uang saja hehe

    Dan yap bener sekali, dengan ngeblog waktu kita bisa lebih produktif setidaknya ada tulisan yang bisa kita hasilkan dibanding media sosial lainnya yang biasa cuma dijadikan ajang berbagi yang gaje๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  10. Jadi nengok diri sendiri nih, udah sosmed addict-kah saya? Terimakasih mba

    ReplyDelete
  11. saya sering diingatkan suami karena sedikit2 buka HP :P

    Setuju sekali, dengan ngeblog dapat banyak manfaat terlebih jadi punya teman yang seperti saudara meski belum pernah ketemu :)

    ReplyDelete
  12. Yuk ... mulai menulis lagi, karena dengan menulis otak dan pikiran semakin cerdas

    ReplyDelete
  13. Duh...lelaki sampai tua pun suka ngegame, hihi. Alhamdulillah walau suka sosmed, tapi kan arahnya positif dan menghasilkan ya mbak

    ReplyDelete
  14. Dari data yang saya dapat pengguna internet laki-laki lebih banyak dari perempuan. Dan sekitar 73% dari pengguna internet adalah pengguna medsos. Namun tidak dijelaskan berapa persen laki-laki dan perempuannya. Yang jelas pengguna internet Indonesia memang lebih cenderung pada medsos. Yukk mari ajak teman-teman ngeblog.. :D

    ReplyDelete
  15. selain 7 manfaat ngeblog yang udah disampaikan ada lagi mbak yaitu dapat penghasilan..hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, itu nilai tambahan dari ngeblog yaa :D

      Delete
  16. Sepakat mba.. Sbenarnya ga hanya anak2 sih ya.. Temen2ku yg cowok banyakan suka game online yg cewek suka medsosan

    ReplyDelete
  17. 7 manfaat ngeblog yang iya banget ๐Ÿ‘
    Alhamdulillah, tentang konsumtif pada hape bisa saya hindari. Saya baru akan ganti hape jika hapenya rusak :) yups, Mbak. Lebih baik tuk jatah beli buku. Udah dapet bertumpuk-tumpuk, tuh

    ReplyDelete
  18. Wah, iya juga ya, Mbak. Perempuan pada umumnya memang suka bersosialisasi mungkin, ya, hanya saja sebagian barangkali terhalang oleh sifat pemalu, takut salah dst, dan ini bisa diakomodir oleh karakter dunia maya yang 'dekat tapi berjarak'.

    ReplyDelete
  19. Di rumah saya belum ada yang suka game, tapi youtube susah sekali dihindari. Hehehehe. Kalau hp masih aman, gaksuka gonta-ganti semua, karena masih sayang. nah, kalau buku, wajib dibeli setiap bulan. Prinsipnya klop sama keluarga saya.

    ReplyDelete
  20. Bener apa kata yee jin shin. Aku dah pernah baca bukunya. Dan dunia Maya membawa dampak positif juga negatif

    ReplyDelete
  21. Bismillah. Tujuanku ngeblog juga agar bisa menebar manfaat dan mendapat pahala. Semoga Allah perkenankan ya, Mbak.

    ReplyDelete
  22. Setuju sekali mba.. kita harus saling menguatkan untuk meningkatkan motivasi menulis secar bersama-sama. . Semangat mba hehe (sambil nyemangatin diri sendiri)

    ReplyDelete
  23. dunia maya sudah mengubah banyak hal dari diri saya. Khususnya, untuk bisnis.
    Negatifnya sejauh ini ada boros kuota mbak..hehe

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah manfaat ngeblog banyak banget, salah satunya jdi tambahan penghasilan hehe

    ReplyDelete
  25. yuk, luruskan niat dlm ngeblog. semoga tulisan kita bermanfaat bagi yg membaca

    ReplyDelete
  26. Aku sukanya nonton drakor pakai internet wkwk..

    Anyway, makasih buat tulisan pengingat dirinya ya mbak.

    ReplyDelete
  27. Semoga kita bisa menyaring mana mana aja yang bisa bermafaat untuk kita dalam blogging dan bermedia sosial ya mbak...

    Salam kenal,

    Meykke Santoso

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#