Euforia Gadget Oriented Abad 21, Belanja lewat Market Place, Apa Termasuk Generasi Konsumtif?

Tuesday, November 07, 2017


Di sebuah rumah, kini sudah pasti punya 'anggota baru' yakni gadget pribadi masing-masing anggota keluarga. Biasanya setiap anggota keluarga bisa tinggal dalam satu tempat yang sama, namun asik dengan gadgetnya masing-masing, bahkan mirisnya jika anak yang masih balita juga dibolehkan berlama-lama di depan gadget.

Hal ini menjadi permasalahan yang harus diurai solusinya. Sehingga anggota keluarga dapat dengan nyaman 'hadir' hati dan pikirannya dengan anggota keluarga di dalamnya.

Kehadiran gadget dalam keluarga tak menjadi bumerang bagi keluarga. Anak tak lantas di depan gadget melulu. Ibu dan anak tetap bisa nonton bareng di youtube misal dalam jangka waktu tertentu dan dalam pengawasan. Bagi orang tua, penting mengalihkan anak dengan aktivitas bermain atau membaca porsi lebih banyak agar tak kecanduan.

Abad 21, setelah kehadiran gadget HP Android dan kemudahan berinternet, merambah hingga ke media sosial, dan belanja lewat online. Setiap orang kini bahkan tidak harus khawatir dengan belanja online lewat Market Place atau Online Shop yang terpercaya, maka barang yang kita inginkan dapat kita punya tanpa harus meluangkan waktu berbelanja ke toko satu ke toko yang lain, dan menghabiskan waktu seharian.


Dari detik.com, belakangan, penjualan gadget lewat online makin meningkat di Indonesia. Tapi penjualan secara offline masih tetap mendominasi.

Menurut Djatmiko Wardoyo, Marketing Communication Director PT Erafone Artha Retailindo, di negara maju sekalipun seperti Amerika Serikat, penjualan gadget online belum sebesar offline. Data tahun 2015, penjualan online di Negeri Paman Sam baru mencapai 15%.

"Faktanya, memang pertumbuhan online sangat dramatis tinggi di Indonesia. Tapi basisnya kecil. Booming e-commerce belum lama, tapi prospeknya besar," kata pria yang kerap disapa Koko itu saat ditemui usai pembukaan Authorized Mi Store di Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (30/8/2017).

Dampak bisnis online pun merambah ke jasa pengiriman barang. Satu hari saja, misal dari banyaknya online shop yang ada setiap harinya ada yang mengirimkan sekitar 50-100 paket ke berbagai tempat. Jasa kurir berhasil membuat perkembangan dunia baru di Indonesia.

Seperti yang kita tahu, biasanya pengiriman dilakukan oleh Kantor Pos saja, namun kali ini banyak bermunculan jasa pengiriman yang dapat dipercaya untuk mengirimkan paket tepat waktu dan kondisi barang tersebut utuh atau baik.

Jasa pembelian online pun dapat mengalahkan penjualan online karena harganya yang lebih murah di pasaran, dan juga dapat diaksesnya sebuah barang jika sudah berada dalam pengiriman atau telah diterima. Membeli online dan offline hanya soal pilihan dan kenyamanan dari pembelinya.

Namun apakah belanja lewat Market Place, termasuk Generasi Konsumtif?
Mengutip dari penelitian seorang mahasiswa di UNAIR, Chacha Andira Sari bahwa, "Hasil penelitian yang dilakukan oleh Kompas menunjukkan pada tahun 2012 mahasiswa memiliki minat untuk berbelanja online dengan angka sebesar 19,9%.

Umumnya mahasiswa melakukan belanja online bukan didasarkan pada kebutuhan semata, melainkan demi kesenangan dan gaya hidup sehingga menyebabkan seseorang menjadi boros atau yang yang lebih dikenal dengan istilah perilaku konsumtif atau perilaku konsumerisme (Hasugian, 2005)."

Selain itu menurut Chaca, "Data terbaru yang dirilis oleh Tokopedia pada tahun 2014. Dari total 5,3 juta barang yang terjual di Tokopedia selama bulan Januari hingga Maret 2014, wanita mendominasi jumlah pembelian, jumlah penjualan, jumlah pengeluaran uang belanja, serta jumlah pemasukan di Tokopedia. Konsumen wanita pada toko online rata-rata membeli produk kecantikan dan kesehatan, pakaian, fashion dan aksesoris dan gadget."

Lalu apakah Euforia Gadget Oriented Abad 21, Belanja lewat Market Place, Apa Termasuk Generasi Konsumtif? Dalam kemajuan teknologi sekarang ini, terkadang anak muda sudah lebih maju dan lebih tahu banyak tentang teknologi. Penyikapan pribadi lah untuk menahan diri dari sikap konsumtif.

Selain sikap integritas, mereka yang tidak membeli online memiliki pemikiran tersendiri. Offline atau online memiliki keuntungan masing-masing.

Menurut hemat saya, membeli online memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
  1. Dapat mudah membandingkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko yang lainnya, dengan hanya melihat dalam handphone dari satu toko ke toko lainnya. 
  2. Mendapat harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran di toko offline. 
  3. Dapat menghemat waktu untuk berbelanja seperti pergi ke toko menghabiskan waktu berjam-jam lamanya. 
  4. Membeli jika benar-benar butuh dan perlu, bukan untuk gaya-gayaan atau tidak terlalu butuh, namun dibeli. 
  5. Berbelanjalah di tempat yang terpercaya agar tak kena tipu, atau khawatir barang tidak sampai. Berbelanja di Excite Shop bisa menjadi pilihan utama.
Dalam Excite Shop, Excite Shop adalah situs tempat kamu bisa mencari jutaan produk, penawaran, promo, dan diskon menarik dari online store favorit kamu. Bukan hanya itu, jika kamu melakukan pembelian melalui Excite Shop, kamu akan mendapat Point Reward untuk setiap transaksi belanja. Point Reward yang kamu kumpulkan dapat ditukar dengan berbagai merchant menarik seperti pulsa, voucher belanja, dan produk menarik lainnya.

Excite Shop berlokasi di PT Excite Indonesia Jl. H. Agus Salim No.45 Sabang - Thamrin Jakarta Pusat. Di dalam Excite Shop, terdapat cara untuk mendapatkan Point Reward, yakni kita hanya perlu melakukan registrasi keanggotaan, log in setiap hari, dan belanja di online store favorit melalui Excite Shop. Jumlah Point Reward yang akan kita dapat dari tiap online store berbeda-beda, dan tergantung pula dari jumlah total order transaksi.

Di dalam Excite Shop mencakup beberapa market place di dalamnya, antara lain seperti Alfacar, berrybenka, groupon, blanja.com, bukalapak, hijabenka, lazada, the bodyshop, jd.id, matahari mall, zalora, tokopedia, blibli, dan lainnya. Jadi kelebihan berbelanja lewat excite shop, kita akan dapat point reward untuk setiap transaksi berbelanja. Selamat memilih apa yang paling prioritas Anda dalam berbelanja!

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#