Game Level 1 Komunikasi Produktif Bunsay IIP Day 1

Thursday, November 02, 2017

Jalan jalan ke Taman Lalu Lintas

*Hal menarik apa saja yang Anda dapatkan dalam berkomunikasi dengannya hari ini?
Alhamdulillah Aska sudah berusia 3 tahun 2 bulan. Dalam perjalanan usia 3 tahun ini, kosakata Aska sudah bertambah banyak, dan kebanyakan kata-kata baru yang ia dapatkan dari sekitar misalnya, "Aku mohon..", "Ini salahku..", atau "Aku sayang ummi", "Ayo kamu pasti bisa!" dan sebagainya.

Terutama sekali ia tahu hal-hal baru yang ia temukan. Baru baru ini misalnya, "Ummi lampu merah.. ayo berhenti." "Udah hijau, ayo jalan.."



Jiwa Petualangannya juga semakin bertambah. Biasanya jika di tempat baru, ia akan langsung kabur dan explore sendiri. Saya saja yang ngos-ngosan mengejarnya.

Pernah saat mengisi liqo di Salman sabtu lalu, Aska sudah jalan di jalan setapak menuju menara Salman. Saya begidik karena itu tinggi.

Melihat pasir di komplek rumah juga membuat jiwa bermainnya semakin besar. Saya tidak melarangnya bermain pasir, karena memang belum pernah ke Pantai, atau bermain play sand. Saya anggap itu wahana bermain gratis untuknya.

Di usia 3 tahunnya ini, Abi juga membelikan Aska sepeda baru. Aska sudah cukup mahir bermain sepeda dan dua hari terakhir mengajak saya bermain ke gang 2 dan gang 3. Di gang 2 masih jalanan berbatu, sudah saya ungkapkan kepadanya agar tidak jalan di tempat berbatu, tapi Aska tidak mau mengerti. Akhirnya ya sudah saya turuti dan bermain sepeda di gang 2 yang menanjak.

Saat sudah sampai di gang dekat rumah, sepeda rantainya lepas. Jadi tidak bisa bermain.

*Perubahan apa yang Anda buat hari ini dalam berkomunikasi?
Anak masih belum paham jika dijelaskan, terlebih saat kita sedang emosi. Maka saya berusaha bersabar dan tidak meladeninya jika si Kecil sedang 'berulah'. Saat tadi misalnya, tetiba ketika sedang memasak, meleng sedikit si Kecil sudah membuka tutup minyak kayu putih, dan menuangnya ke lantai.

Sembari mengepel lantai, si Kecil bermain dengan tutup botol minyak kayu putih, dan melemparnya ke belakang lemari TV di ruang tengah. Saya coba biarkan saja dan tidak terpancing emosi.

Alhamdulillah hari ini berhasil terlewati dengan baik.

#hari1 
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#