Melatih Gaya Belajar Visual Anak

Monday, February 05, 2018



“Ummi, ini tulisannya apa?”
Tanya Aska pada saya. Sekarang Aska makin banyak celotehannya dan kadang buat saya tertawa.

Untuk mengetahui gaya belajar Aska, saya masih mencari ia senang nya dimana. Tapi sepanjang saya melihat, saya selalu melibatkan beberapa kegiatan untuknya, misal menggambar, mencoret-coret di kertas untuk mengasah kinestetik tangan, dan keluwesannya.

Hari pertama mengenal gaya belajar Aska, saya mengajar gaya belajar Visual. hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasinya. Meski belum bisa menggambar, tapi saya menjelaskan gambar gambar yang agak rumit seperti menggambar karakter tokoh seperti Elsa Frozen, dan ia juga menggambar dengan penggaris, yakni bentuk bulatan mengikut bentuk penggaris, dan lain sebagainya.

Menemani tumbuh kembangnya di usia 3 tahun, ia akan terus saya ajarkan belajar gaya Visual. Hal yang sudah saya lakukan, yakni:

  1. Menggambar masjid dan aktivitas orang-orang yang hendak pergi ke masjid. ada jamaah yang membawa sajadah, memakai kopiah. 
  2. Menggambar emosi sembari mengajarkan berbagai emosi kepada anak, seperti bahagia, sedih, dan sebagainya.
  3. Menggambar figur karakter hello kitty, keroppi, dan sebagainya. 
  4. Menuliskan tulisan tulisan sederhana, menumbuhkan semangatnya untuk bertanya, “ini tulisannya apa?” jadi semangat untuknya belajar membaca. 
Tugas saya untuk melatih gaya belajar visual yang lain dan bisa juga Bunda lakukan mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik, serta peta pikiran dan hal-hal yang terkait. Selamat berkreasi Bunda!

#harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#