Anak Punya Riwayat Alergi? Yuk, Perhatikan Hal Berikut

Sunday, March 11, 2018

Anak punya riwayat alergi atau eksim? Yuk perhatikan lingkungannya bun

Beberapa kali datang ke dokter, terhitung total sudah 4 kali ke dokter. Pertama ke dokter kulit, kedua ke puskesmas berharap dapat segera ditangani, tapi sayang seribu sayang diberi obat salep biasa, dan ketiga akhirnya ke dokter umum. Dan keempat kembali ke dokter kulit.

Dari beberapa diagnosa, ternyata yang paling mendekati dengan kasus alergi kulit ini adalah dengan lingkungan.

1. Hindarkan kontak langsung dengan lingkungan, kalaupun harus kontak langsung dengan lingkungan harus memakai kaos kaki dan sendal tertutup. 

Inilah yang menjadi point utama. Ternyata bukan dari makanan. Kita mesti fokus dengan satu alasan tetap yakni 'Lingkungan'
- Apa si Kecil suka main tanah?
- Apa si Kecil suka main air?
- Apa si Kecil suka main sabun?
- Apa si Kecil sering terkena debu?

Hal-hal ini yang menjadi pencetus Aska sakitnya tidak kunjung sembuh.

  1. Iya. Lingkungan rumah memang banyak tanah dan terkadang ada air peceran
  2. Iya. Aska terkadang sering main air, mandi berendam karena memang terkadang nenek/ abi/ ummi sering ingin menyenangkan hati cucu/ anaknya, tapi ternyata itu bisa membuat kakinya kumat lagi. Hhee.. Saat kami bercerita kalau Aska pernah mandi berendem air sirih agar lukanya sembuh, ternyata salah, karena itu bisa membuatnya malah iritasi. 
  3. Iya. Di rumah terkadang sering banyak semut jatuh dari atap, sehari bisa nyapu lebih dari 4 kali, dan itu membuat kakinya alergi, karena debu. 


Dari alasan tersebut, akhirnya saya terutama sangat berusaha menjaga hati-hati agar si Kecil mulai "benar-benar steril sekarang" termasuk main sabun tidak boleh itu bisa membuat gatal. Sekarang kalau ke luar rumah, diusahakan sekali selalu memakai kaos kaki dan sendal tertutup.

2. Pemakaian sabun khusus 

Iya, saya baru tau ternyata untuk orang yang memiliki riwayat eksim dan elergi, harus memakai sabun khusus. Tidak bisa sabun biasa seperti sabun anak yang cenderung licin. Maka sabun untuk anak yang memiliki riwayat eksim dan alergi adalah OILUM.

Sabun oilum untuk riwayat eksim atau alergi

Ya, sehabis membeli dan memakai sabun OILUM kulit kaki si Kecil alhamdulillah berangsur sembuh. OILUM sangat bagus dipakai karena selain wangi sabunnya, juga ke kulit melembabkan kulit. Sehingga rasanya keset.

Harganya pun cukup terjangkau. Untuk Sabun batang Oilum seharga Rp 15.000, dan untuk sabun cair Oilum seharga Rp 30.000.

3. Ingatkan kepada anak agar tidak menggaruk lukanya yang sakit atau alergi 

Ternyata sabun OILUM itu tidak dipakai saja untuk mandi, tapi untuk dia cuci tangan, untuk mencuci kaki dan membersihkan kakinya pun baiknya memakai sabun OILUM.

Saat si Kecil menggaruk maka tangannya akan kotor, usahakan untuk mencuci tangan dan kakinya rutin agar terjaga dan tidak eksim lagi.


Inilah hasil dari konsultasi dokter kulit. Dari menanyakan apa dari makanan, apa dari apa sehingga eksim. Ternyata dari Lingkungan, bukan dari makanan. Perhatikan anak yang memiliki riwayat alergi atau eksim untuk selalu menjaga kontak dengan lingkungan dengan memakai kaos kaki dan sendal tertutup. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#