Juara Hafiz Indonesia 2018

Tuesday, June 19, 2018

Aisyah, Muslim dan Aida (Juara 1 Hafiz Indonesia 2018)

Hafiz Indonesia selalu menjadi tempat ideal dan mencari tahu bagaimana orang tua mendidik anak-anak hebat. Selalu terkagum dengan para orang tua hafidz yang bisa fokus menanamkan nilai-nilai Al Quran dan juga melatih anak-anaknya untuk dekat dan hafal Al Quran sejak dini.

Sebagai orang tua, saya selalu terinspirasi saat menonton Hafiz Indonesia. Mendidik Aska (3y9m) untuk dekat dengan Al Quran pun saya lakukan, tetapi rasanya masih jauuuh dengan orang tua para hafiz Indonesia.

Juri Hafiz Indonesia 2018

Kak Nabila dan Kak Adilla Putri Hafzi

Di acara Hafiz Indonesia 2018, tak banyak perubahan formasi dari juri. Seperti tahun sebelumnya, tahun ini juri Hafiz Indonesia adalah Abi Faishol Fath, Syekh Ali Jaber, dan juga Kak Nabila Rahma. Sempat terpotong saat Kak Nabila kontraksi melahirkan, Kak Nabila akhirnya digantikan beberapa  episode oleh juri Kak Adilla Putri Hafzi (memakai hijab hijau).

Dari 23 peserta Hafiz Indonesia 2018,, tereliminasi hingga 6 besar, diantaranya ada peserta-peserta yang sudah hafal 30 juz Al Quran namun belum sampai menduduki 3 besar.

Berikut ulasan dari peserta Hafiz Indonesia

1. Aida
Aida Hafiz Indonesia

Aida 9 tahun berasal dari Malang merupakan anak yang berani tampil dan selalu mengagumkan. Dalam setiap tantangan Hafiz Indonesia, Aida membuktikan kemampuannya dalam menghafal Al Quran dan sudah 2 kali mendapatkan piz faiz. Bahkan pernah yang mengharukannya, Aida pernah saat mendapat pin faiz dan dapat bingkisan parsel Al Quran dari Syaamil Al Quran, diberikannya kepada Aisyah, teman 4 besarnya yang sekaligus lawan mainnya.

Sosok sederhana, penyabar, yang dimiliki Aida menginspirasi penonton. Tak jarang kisah Ayahnya
dalam membesarkan Aida dan kelapangan hati Aida atas kekurangan tak membuatnya mengeluh. Bahkan Aida mendapat yang sangat istimewa karena juara 1 bisa memberangkatkan kedua orang tuanya umrah (mendapat 3 paket Umrah) dan juga uang senilai 100 juta rupiah yang bisa membuatnya jadi jalan membelikan rumah untuk keluarganya. Masya Allah.

2. Muslim
Muslim Hafiz Indonesia
Muslim 9 tahun berasal dari Mekah merupakan anak yang lahir dan besar di Mekah. Sementara orang tuanya adalah asli Indonesia menetap di sana. Karena belajar langsung dari tempat Rasulullah saw. berasal, membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan teman-temannya yang lain, terutama dari sisi penguasaan Bahasa Arab yang fasih.

Ia sengaja datang ke Indonesia untuk ikut acara Hafiz Indonesia lho. Muslim terbang seorang diri dari Mekah menuju Indonesia, dan di Indonesia sudah ditunggu oleh Tantenya. Luar biasa mandiri sekali ya, Muslim! Muslim sudah 2x mendapat pin faiz. Di Hafiz Indonesia, Muslim meraih juara ke-2 (runner up) dan mendapatkan paket umrah untuk 3 orang dan yang akan berangkat umrah adalah Kakek dan Neneknya serta uang senilai 75 juta rupiah.

3. Aisyah
Aisyah Hafiz Indonesia

Aisyah dari Baturaja adalah anak yang tumbuh dari Ummi yang merelakan melepas pekerjaannya sebagai PNS untuk mendidik Aisyah. Aisyah pernah pergi umrah di tahun 2017, dan ingin lagi pergi umrah, dan menabung. Ia juga bertekad jika menang 3 besar akan memberi uangnya sebagiannya untuk masjid, sebagian untuk eyang ti dan nenek.

Saya termasuk yang suka dengan suara Aisyah saat melantunkan ayat-ayat Al Quran karena memiliki suara emas dan khas. Aisyah juga bisa menirukan suara syekh, seperti Al Ghamidi. Aisyah pernah mendapatkan pin faiz 1x. Pada saat mendapat pin faiz, dan dapat bingkisan, bingkisan parsel Al Qurannya ia berikan kepada Aida. Di Hafiz Indonesia 2018, Aisyah mendapatkan juara ke-3, dan juga mendapat 3 paket Umrah dapat memberangkatkan kedua orang tuanya, serta mendapat uang senilai 50 juta rupiah. Selamat Aisyah!

4. Wahib
Muslim, Wahib, Aida dan Aisyah 

Wahib berusia 8 tahun berasal dari Pangkep memiliki hafalan sebanyak 7 juz. Wahib termasuk anak yang pandai karena tahu letak ayat dan halaman dalam Al Quran. Sering saat di acara Hafiz Indonesia, Wahib ditantang untuk menjawab tebak ayat dan halaman dan sering menjawab benar. Di Hafiz Indonesia, Wahib mendapatkan juara ke-4 dan alhamdulillah mendapat 2 paket Umrah.

5. Rais
Rais Hafiz Indonesia

Rais berusia 5 tahun berasal dari Balikpapan ini memiliki talenta yang luar biasa. Selain memiliki hafalan sebanyak 11 juz, ia juga hafal bendera-bendera di seluruh dunia. Bukan itu saja, ia juga sering ditantang untuk tebak nama dinosaurus dan sering benar. Hebat!

Di Hafiz Indonesia, Rais meraih juara ke-5. Gemesin yaa! Rais juga pernah merebut pin faiz lho. Selamat Rais ya!

6. Furqon
Furqon berusia 9 tahun berasal dari Batam sudah menghafal 30 juz Al Quran, lho! Di usianya 9 tahun, ia biasa memurajaah hafalan Al Qurannya bersama Ayah. Furqon pun pernah menyatakan bahwa ia ingin murajaah sampai mati agar kelak di Surga tidak lupa. Serta mengingatkan kepada kita agar lidah ini tak lepas dari Al Quran.

7. Hamzah
Hamzah berusia 9 tahun berasal dari Karanganyar sudah menghafal 30 juz Al Quran. Ayahnya pernah berujar bahwa Hamzah sudah menghafal sejak TK, namun efektif menghafal setelah lulus TK. Setiap hari Hamzah mampu memurajaah hafalan Al Qurannya sebanyak 5-6 juz. Luar biasa yaa.

8. Kayla
Kayla berusia 10 tahun berasal dari Makassar adalah hafizah cilik tunanetra yang memiliki suara yang indah saat melantunkan ayat Al Quran. Kayla memiliki hafalan sebanyak 13 juz Al Quran, dan salah satu keinginannya adalah ia ingin sekali menggandeng ibunya di surga kelak. Aamiin ya Rabb.

9. Nabil
Nabil berasal dari Aceh Besar ini termasuk anak yang putih blesteran. Ia senang memelihara kucing di rumahnya ada 20 ekor. Ia berujar bahwa, "Di mata Allah semua sama, namun saya ingin berbeda di mata Allah dengan menghafal Al Quran," ungkapnya. Hal yang ditanyakan Aalepon Nabil juga bukan seperti kita pada umumnya lho. Ayahnya mengingatkan, "Murajaahnya jangan lupa yaa".

10. Syifa
Syifa berusia 9 tahun berasal dari Bantul, Yogyakarta ini sudah menghafal 30 juz Al Quran. Syifa ingin kelak dapat memberikan mahkota kepada kedua orang tuanya di Surga. Yang menjadi inspirasi dari keluarga Syifa adalah Ayahnya memutuskan hijrah dari Medan ke Yogyakarta untuk hidup mendekat kepada Allah.

11. Ahmad
Ahmad berusia 10 tahun berasal dari Bogor bisa menirukan suara imam.

12. Abdurrahman
Abdurrahman memakai baju merah

Abdurrahman 5 tahun berasal dari Bantul merupakan adik dari Syifa. Meski berusia 5 tahun, Abdurrahman telah hafal 6 juz Al Quran, dan ia menghafal Al Quran dengan mendengarkan murattal Al Quran. Awal-awal ia menghafal karena ingin dapat hadiah tapi lama-lama tidak.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah.. aku srinse liat, tapi ndak sampai akhir..

    Kini, jadi tahu siapa akhirnya pemenangnya.. alhamdulillah ikut seneng 😍

    ReplyDelete
  2. Masih pada kecil tapi udah pada jago ya hehe :)

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#