Review Film Drama Korea Mr. Queen


Sukaa takjub dengan pemeran film Mr. Queen. Semua castnya keren-keren. Awalnya gak sengaja nonton Mr. Queen karena waktu itu adik ipar ngenalin film ini. Waktu itu kita nobar. Gak nyangka jadi keterusan. 

Cheoljong menunjukkan taringnya pada Kim Jwa Gen dalam Mr. Queen

Saat Raja menyatakan dirinya "Saya adalah Raja yang telah kamu injak-injak." Saya langsung bersorak senang! Yes! Kim Jung Hyung dengan acting yang mumpuni berhasil menyentuh emosi dan mengaduk emosi penonton. Saya bisa merasakan rasa emosi, rasa sakit, dan marah sekaligus wibawa seorang Raja.

Kim jwa gen merasakan hukuman setimpal atas perbuatannya


Saya membayangkan bagaimana Kim jwa gen di tempat pengasingan meratapi dirinya sendiri karena telah membunuh anaknya sendiri, Byeong in. 

Scene yang membuat saya menangis justru saat melihat Byeong in meninggal. Rasanya lebih menyakitkan. Mencintai seseorang, tetap tulus meskipun tau tidak akan mendapatkan cinta karena Kim So Yong mencintai Cheoljong. 

Di film ini, banyak banget improvisasi yang bikin ketawa renyah. Baru tau kalau ternyata banyak improvisasi di film Mr. Queen ini gak lepas dari Adlibs dari Raja Adlibs, Kim Jung Hyun. Kebetulan saya anak 90-an, hidup dengan film-film kartun di zaman itu. 

Iya lah seangkatan saya lahir 89. Kayaknya samaan sama Ratu dan Raja (Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun) kan lahirnya 1989, dan 1990. Pas scene Ratu mau bantu Raja memukul penyusup ke rumahnya, dengan ngangkat guci trus Ratu ngomong kata-kata Sailor Moon, “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!” Langsung ngakak deh. Haha.

Baca juga: Review Film: Kim So Yong dalam Drama Korea Mr. Queen dan Perjuangan Perempuan yang Menginspirasi

Di film ini kita bisa liat acting sekelas Kim Jung Hyun yang memang bagus. Sebagai penonton, saya ikutan nyesek pas liat Cheoljong masuk ke sumur, padahal dia trauma banget tuh sama sumur. Dia kan pernah terjebak di dalam sumur pas kecil sama Soyong ditolong, namun Hwa jin mengklaim dia yang nolong.

Lalu scene saat Raja sering bermimpi buruk, acting KJH juga keren disini. Mimpi buruk Raja terlihat nyata saat ia melihat para menteri tertawa tawa dan Kim Jwa Gen memegang buku besar. Mereka menertawai Raja yang duduk di singgasana, namun tangannya bergerak-gerak seperti boneka. Dan Ibu Suri Janda Agung yang mengontrolnya. Terlihat begitu ketakutannya ia.

Kalau Shin Hye Sun gak perlu diragukan lagi. pernah liat actingnya di film lainnya, dia ekspresinya dapat banget mau sedih, seneng, kesel, imut, semua pas. Shin Hye Sun masih berada di posisi teratas untuk aktingnya, disusul dengan Kim Jung Hyun di posisi 3, minggu kemarin sempat posisi 2. Kalau Mama tetep nomor 1. Gak bergeser. Daebak! Film Mr. Queen juga nomor 1 paling banyak dibicarakan.

Sebenarnya film Mr. Queen lebih geli lagi karena tokoh female leadnya ada suara cowok karena itu suara Choi Jin Hyuk sebagai suara laki-laki itu sebagai cameo di film ini. Tapi karena memang temanya unik dan aktingnya Shin Hye Sun bagus, jadi coba mantengin nonton film ini saban Sabtu dan Minggu.

Hasilnya Senin sampai Jumat berasa setaun. Begini kali ya perasaan kalau mau nonton film drama on going? Stress mikirin gimana kelanjutan episode-nya. Haha!

Kita juga bisa lihat update sambil nunggu Sabtu Minggu dengan follow aktor-aktrisnya, mereka sering upload IG dan lucunya Raja ama Ratu bikin akun khusus untuk project drama ini. WOW

Kim Jung Hyung sering bikin live IG dan diikutin Shin Hye Sun, dan Naa In Woo. Keliatan KJH ini suka ngegombal ya sama fansnya, kadang juga ngegoda Shin Hye Sun tapi SHS kayaknya ga kepengaruh.

*

Saya termasuk yang lama untuk move on dari suatu film. Terakhir kali nonton drakor itu Vagabond, King The Eternal Monarch, suka sama second lead male nya kalau di KTEM dong disana. Baru move on lagi sekarang pas Mr. Queen ini. 

Jadi film drakor “Mr. Queen” ini bagus kenapa? Menurut saya jalan ceritanya unik, acting pemainnya bagus keren-keren, dan banyak plot twist-nya. gak kebayang penulisnya bisa melintir cerita dan bikin emosi penonton.

Cerita berawal dari Koki Rumah Biru Jang Bong Hwan yang terjebak di masa Joseon dan menjadi Ratu di zaman Joseon. Sedangkan Raja Cheoljong sebagai Raja namun dijadikan boneka. Rupanya ia memiliki sisi kuat di dalam dirinya. dan konflik dalam film ini yakni Ratu Sunwon (yang diperankan Baek Jong Ok) dan Kim Jwa Geun (diperankan Kim Tae Woo), adik dari Ratu Sunwon.

Pangeran Yeongpyeong 

Dari semua episode semuanya seru, tapi tentu ada bagian favorit. Saya nonton film Mr. Queen suka takjub dengan pemeran pendukungnya, seperti Pangeran Yeongpyeong (kakaknya Raja). Saya malah suka merhatiin dia haha.. padahal gantengnya biasa aja. Tapi kharismanya kali ya. Apalagi pas sesi comentary Mr. Queeb dia gak berhenti ketawa disana. Trus suka ngakak ekspresi Dayang Choi, kasim dan kelakuan temennya Raja, Pangeran Hong. Kalau Pangeran Yeongpyeng sama Hong ketemu udah deh dua orang bikin ngakak sampe guling-guling. 


Scene paling mendebarkan di film ini saat Kim Jwa Gen memanggil penjahat yang bersembunyi di Pengawal Kekaisaran untuk menjaga Raja. Kharismanya itu Kim Jwa Gen ya kelihatan banget. Pernah pas scene ketemu Ratu malah ngakak (yang pedang tapi potong). Keliatan banget acting jahatnya emang bagus banget. Sampe kesel liatnya. Raja yang merasa dipojokkan pun marah abis. Terlebih saat Kim Jwa Gen memutuskan hukuman untuk mereka. 

Raja udah berusaha sekuat tenaga bikin perjamuan yang hampir gagal tapi ditolong Ratu. Bela diri dengan Kim Byeong In. 

Sedih banget pas lihat Raja jalan menuju ke tempat berdoa sambil lemes, dan nangis. Menghayati perannya banget pas sedih liat “orang-orangnya mau dihukum mati” dan pas ngomong “Jebal” tiba-tiba ia meledak dan Cheoljong terlempar dari atas panggung. Yang makin sedihnya pas jatuh, sorot matanya melihat ke arah Ratu, tapi dicegah sama Mas Sepupu . Aargh… pas itu satu minggu gak bisa mikir apa-apa selain nunggu gimana nasib Raja. 

Tapi bodornya pas abis kena bom, besoknya langsung bikin live IG bareng Shin Hye Sun. Wkwk.  

Dan gilanya, di episode 13 kita dibikin kaget dengan plot twist, ternyata udah suudhon Kim Jwa Gen yang ngelakuin ini. Ternyata nggak. Raja ngelakuin ini sendiri, dan melukai dirinya sendiri. dari sini baru mulai permulaan konflik kerajaan yang sebenarnya. 

Pas Raja masih gak sadarkan diri, Ratu ingin tahu apa yang terjadi pada hari sebelum Soyong jatuh ke danau. Ratu pun ke danau dan bertemu dengan bayangan Soyong (disini ada yang bisa jelasin dengan tegas, Soyong udah meninggal berarti? Huaaaaa… gak bisa terima!!!)

Soalnya Ratu bilang, “Kim Soyong, kamu sudah menyerahkan hidupmu. Biarkan aku hidup dengan baik sendirian.” 

Yang bikin gak sreg itu adalah saat Ratu sudah tidak ada jiwa Soyongnya, tapi Bong Hwan. Meski fisiknya Soyong, tapi terus kepikiran ini jiwa Bong Hwan? Terus mikir gitu sampe cape. 

Jadi pas scene barengan Raja jadi geli. Lha gimana cerita jadi bengek karena bukannya romantic. Masih berharap jiwa Soyong asli kembali dan Soyong semangat lagi menjalani hidup. Kalau Jang Bong Hwan udah pulang lagi sana ke zaman modern. Hahah!

Ratu juga ngelabrak Ayahnya, “Kenapa Ayah terus mengatakan impian Ayah? Bahkan mimpiku bukan mimpiku.” Langsung Ayahnya nangis. 

Ratu juga ngelabrak Kim Byeong In. Supaya gak ngelakuin apa-apa lagi untuk Ratu. Ratu gak suka sama Kim Byeong In. Pebinor gini memang harus ditegasin biar gak ngerusak. Tapi kok feeling saya nanti meski Byeong in membelot, dia akan ada di pihak Raja ya? Kita tunggu aja. 

Ratu Sunwon pun diturunkan oleh Raja setelah Raja sadar. Karena Raja ingin memerintah sendiri. 

Pas di episode 14 Ratu juga ngelabrak Raja saat dia menyatakan suka. harusnya dulu pas sebelum jatuh ke danau, Raja gak menyia-nyiakan Kim Soyong!”Soyong terluka karena itu. 

Sebenarnya film Mr Queen adalah film drama komedi, namun semua hal di dalamnya tidak saja komedi, bahkan ada serius konfliknya dan saya suka!

Dari episode pertama pertemuan Soyong dan Raja pas ngerebutin buku bikin ketawa gak berhenti. Begitu pundi episode 2-9. Scene yang gak masuk diakal saat Soyong bilang kalau dia ngangkat Cheoljong dari sumur ke atas sendirian. Wkwkwk. Bayanginnya aja udah bodor. Terus gak ketahuan. Semua terasa kebetulan kan? Namanya juga drama. 

Scene Menuhin danau dengan air juga lucu. Cape-cape Menuhin danau dengan air, tapi jadi gak ada artinya pas ada hujan. Hahaha! 

Scene Raja perhatian sama Ratu juga udah keliatan dari pas nolongin Ratu di danau. Acting Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun jadi pengen ngeship-in mereka. Keliatan banget cocoknya aigoo.. (tapi jangan ngarep lebih bisi nanti sakit hati karena itu Cuma kemauan netizen wkwk.. aamiinkan saja segera halal). 

Scene lucu juga ada pas Kim Hwan seneng ketemu dengan Lee Sang Mang. Kim Hwan gak tau kalau itu Ratu. Meluk 2 kali dan pegang tangannya. Langsung membuat Raja cemburu.

Saya punya feeling, kayaknya Kim Hwan ini akan jadi orang yang berperan penting secara dia kan kayak jadi penghubung diantara pihak Raja dan pihak Kim Byeong in berteman dekat juga. Seneng itu pas Kim Hwan belain Raja di episode 16 dia bilang “Tapi yang kudengar justru Raja yang tergila-gila dengan Ratu.” Lalu dilanjutkan lagi, “Semalam mereka berdua asyik mengobrol semalaman hingga Balai Huijeongjeon menyala semalaman.” 

Karena dibakar cemburu Byeong In membuka Balai Daejojon dan melihat isi surat Raja untuk Ratu dan dirusak dong, ada juga buku halamannya ada yang dirobek. Hih. Nyebelin. Tapi pas liat episode 19 sedih banget deh. Urabonie... Aslinya Mas Sepupu ini keren lho dia pinter main gitar. 

Sekian ulasan saya tentang film Mr. Queen ini, awalnya pas episode 16 deg degan karena meski Kim Jwa Gen mengundurkan diri, tapi dia memata-matai Ratu dari dekat.

No comments