Saya, Blogging dan Tren Blog di Indonesia

Tuesday, January 22, 2019

Saya bangga menjadi narablog di era digital

DULU yang fokus di dunia blogger itu hanya segelintir orang saja. Dikutip dari Antara tahun 2015, dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia, 3.5% nya adalah blogger. Belum ada data pasti untuk yang fokus di dunia blog, tapi seiring waktu, dengan banyaknya komunitas blog juga, dapat terlihat pertumbuhan yang cukup pesat, banyak yang tertarik, dan bangga menjadi Narablog di era digital.

Dulu, tak sedikit orang yang ingin menulis di media cetak baik koran dan majalah, tetapi kesempatan untuk tembus ke media ketat sekali, sehingga salah satu cara untuk menyembuhkan agar tulisan tetap dapat dibaca orang-orang yakni menulis di blog. Di samping memangkas biaya produksi, orang-orang dapat dengan mudah mencari berita yang sedang ingin dicari. Terlebih menulis di blog tak perlu menunggu editor, kita bisa edit sendiri dan bisa langsung publish. 

Narablog menurut Wikipedia adalah istilah untuk menyebut seseorang yang memiliki sebuah blog, serta menyunting isi blog tersebut secara berkala maupun tidak berkala. Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Enda Nasution.

Sehingga bisa dikatakan orang yang aktif dan bergiat di blog adalah seorang Narablog. Menurut saya pribadi, blogger adalah perpanjangan tangan dari peliput. Apa yang ia lihat, ia dengar, dan ia rasakan, bisa dituliskan lewat blognya.

Blogger bagi saya adalah perpanjangan tangan dari peliput. Apa yang ia lihat, ia dengar, dan ia rasakan, bisa dituliskan lewat blognya. Tidak mandeg, tapi terus up to date tulisan, bukan sembarang share, tapi bertanggung jawab dengan apa yang ditulisnya. Apalagi sekarang ini blog menjadi rujukan 'utama' bagi pembacanya. Bisa dibaca dimana saja dan kapan saja.


Kapan mulai tertarik menulis blog?
SAYA mulai suka ngeblog awal kuliah lanjut skripsi ambil blog.

Kini, menjadi Narablog bisa dilakukan oleh siapa saja dan profesi apa saja. Dokter, guru, perawat, ibu rumah tangga, pebisnis perempuan, pekerja, siswa atau pelajar sekalipun bisa menulis blog. 

Teringat dengan perkataan Jamal D. Rahman bahwa, "Sastra melapangkan jalan bagi siapapun agar menulis."

Lalu apa alasan menjadi blogger?

1. Semua berpindah dari teks ke digital
Tren kenaikan buku digital juga dibarengi dengan meningkatnya kemampuan masyarakat mengakses internet secara luas.

Pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2011 mencapai angka 48 juta dan diperkirakan pada tahun 2015 akan mencapai 100 juta. (Antara, 15 Desember 2011)

Era gadget seperti sekarang ini mendorong orang-orang untuk mendapatkan informasi secara cepat. Semudah dalam genggaman tangan, membuat orang tak perlu bersusah payah membaca Koran dan seterusnya. Tinggal pilih-pilih mau cari informasi seperti apa, semua tersedia dalam gadget.

Hal ini juga menjadi manfaat bagi sebagian orang untuk memanfaatkan momen pindah dari teks ke digital yakni bermunculannya fenomena blogger dan vlogger.

Dari Buku Mendidik Anak di Era Gadget karena Yee Jin Shin, kecenderungan anak laki-laki itu bermain games, sementara perempuan suka sosial media menuntut wanita untuk selalu update. Pekerjaan blogger yang tak lepas dari gadget pun menuntut perempuan untuk selalu up to date.

Terlebih perempuan cenderung punya garapan lebih besar karena gaya menulis perempuan yang seperti bahasa lisan dan komunitas blogger perempuan kini menjamur membuat orang-orang senang menjadi blogger.

Hingga status food blogger, beauty blogger, travel blogger, parenting blogger, kebanyakan diisi oleh perempuan tentu. Perempuan yang cenderung senang menulis dan berkomunikasi lewat sosial media pun merasa tercukupi dengan pekerjaannya yang seorang blogger.

2. Karena kebutuhan mengaktualisasikan diri
Profesi blogger kini bukan dinikmati saja oleh ibu rumah tangga, dan bekerja saja, tapi juga mahasiswa dan pelajar. Banyak perempuan yang aktif menulis di blog karena kebutuhan berbicara perempuan 20.000 kata perharinya, maka menulis bisa jadi cara efektif untuk menyalurkan produktivitasnya.

Cara para blogger untuk aktualisasi diri juga ya aktif ngeblog dan memposting tulisannya secara berkala. Seperti yang dikatakan Abraham Maslow bahwa kebutuhan dasar manusia ada 5, yakni kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, dan perlindungan, kebutuhan rasa cinta, kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain, serta pengakuan dari orang lain, dan juga kebutuhan aktualisasi diri. Maka menulis bagi para blogger adalah untuk mengaktualisasikan diri.

Sumber: tirto.id

3. Menangkal Hoaks
Terkadang kita akan menemukan informasi di internet yang kurang valid (selain informasi yang dapat dipercaya). Seringkali karena kesalahan itu kita jadi termakan hoaks. Sehingga penting bagi kita untuk pilah-pilah dalam membaca di internet, pilihlah media yang terpercaya.

Terkadang sekarang pun kebanyakan orang yang update membuka sosial media, dan update blog di sosial media, akhirnya banyak juga orang yang kini menjadi Narablog
.
Para artis pun tak sedikit kini yang menulis dan berprofesi sebagai blogger. Seperti Pandji Pragiwaksono, ia banyak menyuarakan tulisan-tulisan yang selain cerdas, juga menohok kenasionalismean kita. Sehingga kita pun penting turut mencintai tanah air.

Di tangan blogger, yuk ciptakan konten yang berkualitas. Bukan sekadar posting, namun juga bertanggung jawab dengan apa yang kita tulis. Jangan sampai apa yang kita tulis menjadi boomerang untuk kita sendiri, menjadi penebar kebencian, menulis hoaks, apalagi menyuarakan kebencian.


Tulisan kita mesti bernafas kebaikan, kebenaran, memberi angin segar tulisan yang berkualitas dan berbobot. Tulisanmu adalah kekuatanmu untuk bisa menebar kebaikan untuk orang-orang.

4. Senang mendapat pengalaman dan membagikannya pada orang lain
Pernah gak berpikir apa yang kita lakukan, misalnya traveling ke luar negeri, dan step-step yang dilakukan jelang traveling adalah bermanfaat untuk orang lain?

Di lain sisi misalnya kita jago make up dan skin care, kemudian kita tulis, dan itu bermanfaat bagi pemula dan awam? Ya, itu semua bermanfaat, maka blogger adalah profesi yang tepat karena menjadi tempat berbagi.

Saya sendiri lebih senang membaca pengalaman-pengalaman orang lain dari blog, dibandingkan berita. Ada yang sama seperti saya, gak?

5. Niche membuat orang spesifik menulis apa yang ia suka dan cintai
Travel blogger, food blogger, parenting blogger, beauty blogger, lifestyle blogger dan techno blogger adalah spesifikasi orang untuk menambah dan mendalami dunia blogger. Dan semua orang bangga karena bisa menulis hal yang disukai dan dicintainya. Kamu termasuk senang menulis niche apa? 

6. Bisa mendapat penghasilan dari ngeblog
Terkadang senang yang bisa hobi nulis sekaligus dapat fee menulis. Meski misal gak banyak, tapii ada rasa bahagia karena bisa nambah-nambah penghasilan.

Momen Spesial dan Bangga Menjadi Blogger di Era Digital

Berbagi di radio MQ 102.7 FM tentang Minat Membaca 

Untuk momen spesial menjadi Narablog sangat berarti bagi saya, yaitu:

1. Menjadi Narablog spesial bagi saya karena jadi tahu banyak hal
Seru karena seorang Narablog banyak baca jadi banyak tahu. Misalnya istilah Staycation, bagi yang jarang baca tentu bakal gak tahu hal ini, yang lagi tren di masyarakat.

Menjadi Narablog punya banyak pengetahuan dari nara blog misalnya saat traveling apa aja yang boleh dan gak boleh, tempat-tempat asik buat dikunjungi, maka gak jarang narablog atau blogger sering diminta untuk promosi atau jadi buzzer.

Menjadi Narablog selain berbagi pengetahuan, kita pun punya pengetahuan baru dari apa yang kita baca.

2. Menjadi Narablog spesial karena punya Power
Para blogger juga keren menurut saya karena mereka punya power dengan tulisannya sehingga selalu punya follower karena kekonsistenannya menulis itu. Maka gak jarang Narablog atau blogger sering diminta untuk nulis sesuatu, atau untuk promosi, atau jadi buzzer karena blogger punya 'power'.

3. Pertemanan baru kenal di dunia virtual dan akhirnya Meet Up di komunitas 
Ahamdulillah beruntung memiliki banyak komunitas seperti Blogger Perempuan, KEB, Blogger BDG, hal yang membuat happy untuk saya.

4. Bisa ngajak suami dan anak ke event pas boleh bawa keluarga
Hal menyenangkan menjadi seorang blogger adalah senang bisa mengajak suami dan anak-anak untuk ikut event saat boleh membawa keluarga. Itu jadi nilai plus bagi saya.

5. Senang bisa dikenal sebagai blogger (branding)
Senang saat bisa dikenal sebagai blogger, kalau teman-teman apa yang terlintas tentang kita? Kalau jawaban mereka, kita itu blogger, berarti kita telah berhasil membranding diri sebagai blogger.

6. Saat perjuangan membuahkan hasil 
Saat tulisan saya bermanfaat dan membuahkan hasil misal dapat penghargaan, disitu saya merasa senang, dan jadi pemicu menulis bagi saya untuk selalu produktif.

7. Saat tulisan banyak dibaca dan direspon pembaca
Hal yang menyenangkan bagi saya ketika menjadi Narablog adalah saat tulisan banyak dibaca dan direspon pembaca.

Kalau BW sesama blogger itu  mah biasa, tapi ketika direspon pembaca umum dan banyak bertanya sampai ke email, DM, dan message, itu adalah hal yang menyenangkan bagi saya.


Resolusi Blogging tahun 2019


  • Menyambut tahun 2019 hal yang saya ingin capai di dunia blogging di tahun ini adalah: Punya situs baru dengan niche tertentu.
  • Tetap aktif ikut event blogger dan menulis
  • Punya target menulis job review 10-20 per tahun
  • Bisa jalan-jalan dan dapat penghasilan dari travel blogger
  • DA/PA mencapai 30.
  • Dapat ilmu fotografi untuk bisa teknik memotret produk
  • Dapat ilmu desain sehingga bisa bikin gambar-gambar infografis sehingga menjadi lebih menarik.
  • Bisa menularkan semangat pada orang lain untuk bisa ngeblog.

Menjadi Blogger (untuk) Populer?
Menjadi narablog atau blogger bisa bermula dari hobi, ketidaksengajaan, atau kebutuhan. Dan menjadi blogger populer bisa jadi merupakan hasil kerja keras dari ngeblog itu sendiri (tentunya).

Menjadi blogger populer tentu mesti update (baca: rutin) dalam posting blog, rajin share link setiap habis nulis di akun sosmed yang dipunya baik FB, twitter dan IG. Selain itu update masalah masalah terkini, dan membuka diri dalam komunitas blogger juga bisa membuat dikenal dengan blogger lainnya.

Bagi mereka yang sudah lama bergelut di dunia blog, sharing gagasan gagasan baru yang dipunyai tentang dunia blog kepada blogger newbie juga menjadi nilai tambah untuk blogger itu sendiri.

Tapi apakah esensi dari kita menulis blog adalah untuk menjadi blogger populer?

Kini, menjadi *Narablog* bisa dilakukan oleh siapa saja dan profesi apa saja. Dokter, guru, perawat, ibu rumah tangga, pebisnis perempuan, pekerja, siswa atau pelajar sekalipun bisa menulis blog.

Menjadi blogger, kemudian akhirnya populer itu esensinya adalah buah (baca: hasil) dari kerja keras blogger itu sendiri. Yuk, terus berkarya di dunia blog! Saya bangga menjadi narablog di era digital!


*Tulisan ini diikutsertakan dalam blog competition Kompetisi Blog Nodi


You Might Also Like

29 komentar

  1. Kurang lebih alasan kita sama, mbak. Saya juga ingin mengaktualisasikan diri dan menjadikan menulis sebagai terapi dari jenuhnya rutinitas kantor dan ibu rumah tangga. Keep writing keep inspiring mbak :)

    ReplyDelete
  2. Ngeblog lagi, sharing lagi.....dan berbagi itu bagian dari ibadah, hehe

    ReplyDelete
  3. semangat teh keren :) aku juga bisa ajak keluarga kalau event hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bener banget happy aja bisa ngajak keluarga juga ke event qta hehe.. 🤗

      Delete
  4. Asyik ya ngeblog itu, banyak manfaatnya yah. Sharing is caring kan.

    ReplyDelete
  5. Udah jd gaya hidup ya ngeblog ini aku juga alhamdulillah udah jd bagian dari orang yang ngeblog. Keren teh sharing nya. Semoga berhasil ya

    ReplyDelete
  6. Kalo saya pengen sejuta view teh tahun ini, good luck juga buat teteh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga, ga kepikiran resolusi blogging sejuta view hehe.. moga tercapai juga tahun ini.. aamiin.. makasih teh 😗

      Delete
  7. Setuju sama tulisan ini. Blogger bisa jadi agen perubahan untuk menyampaikan tulisan yang baik dan teruji kebenarananya.

    Good luck, teh

    ReplyDelete
  8. aamiin, semoga tercapai harapannya ya teh :)

    ReplyDelete
  9. Banyak yg sama nih alasannya
    Blog itu jadi tempat menyimpan sejarah hidup kita sendiri 😇

    ReplyDelete
  10. Yup, salah sau alasan saya senang ngeblog adalah kita bisa membuat postingan yang bagus dan bermanfaat untuk ((menenggelamkan)) konten negatif dan hoax

    ReplyDelete
  11. Setuju banget. Aku pun dapat manfaat yang banyaaak dari ngeblog. Dulu gak pernah kepikiran untuk bisa aktif ngeblog. Apalagi saat dapet penghasilan dari blog. Makin cinta ngeblog deh. :D

    ReplyDelete
  12. Aku udah sepuluh tahun ngeblog dan ngerasa banyak banget manfaatnya. Selain aktualisasi diri sebagai pengingat juga sih, kadang suka baca postingan2 zaman dulu juga dan teringat kenangan indah hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya dulu awal ngeblog buat nyebar undangan nikah Teh. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, spesial banget yaa.. jadi terkenang terus klo gt ya teh 😍

      Delete
  14. Iya... aku juga lebih ke berbagi dan mengutarakan opini ku pada suatu permasalahan.... wah masih ada deadline sehari ya mba lombanya. Semoga berhasil ya.

    ReplyDelete
  15. Dan aku nggak nyangka kalau nge-blog bisa bikin aku pergi ke luar negeri, cap pertama passporku nggak lain dari nge-blog. Terharu teh :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah pengen bisa juga jalan jalan ke LN dari ngeblog. Aamiin 😍

      Delete
  16. Iya teh, kalau dibaca sama pembaca umum itu rasanya menyenangkan sekali. Beberapa kali pernah diemail atau inbox secara pribadi nanya hal-hal ini itu setelah baca tulisanku. Seneng kalau bisa bantu jawab. Kalau ga bisa kadang suka menyesal tapi yaaa gimana lagi atuh hehehe. Jadi pemicu buatku untuk mengeksplorasi hal-hal yang diluar dugaan meski ga semuanya bisa dilakukan, ya.

    Anyway keep on blogging dan terus menginspirasi lewat tulisannya, ya. Keren ih udah on air di radio

    ReplyDelete
  17. Setuju banget, bahwa kita mesti bertanggung jawab atas tulisan kita.
    Bener-bener mesti ditulis dari hati.

    ReplyDelete
  18. Iya banget, tulisan di blog kita harus bisa menangkal hoax atau setidaknya ga bikin hoax baru.

    ReplyDelete
  19. Wow luar biasa, benar2 bangga yah mbak jadi blogger, smg resolusi 2019nya tercapai smua yah mbak amin :)

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#