Review Film: 'Pengintai' dalam Drama Korea Watcher

Thursday, September 12, 2019




Selama empat bulan terakhir saban week end, saya pantengin nonton drakor “Watcher” yang berhasil selalu bikin penasaran. Ini adalah film kedua genre thriller yang saya tonton setelah film “W: Two Worlds”.

Pertama alasan ingin nonton Film “Watcher” adalah karena ada actor Seo Kang Joon yang bermain. Film ini cukup membuat saya sesak napas karena dag dig dug saat menontonnya. Cerita tentang Kim Young Goon (diperankan Seo Kang Joon) yang saat kecil tidak tahu siapakah yang membunuh Ibunya. Akhirnya saat Kim Young Goon masih kecil itu, karena ia terdesak ia malah menjebloskan Ayahnya ke penjara, Kim Jae Myung selama 15 tahun penjara.

Setelah 15 tahun kemudian, Kim Young Goon masuk ke kepolisian dan ia ingin mencari tahu siapakah sesungguhnya pembunuhnya.

Saya bisa merasakan kemarahan, kebencian, putus asa dan sikap ingin tahu yang besar oleh Kim Young Goon. Patut diapresiasi acting Seo Kang Joon ini. Di film ini, Seo Kang Joon tampil lebih rapi, dan selalu berkemeja rapi.

Do Chi Gwang dan Bu Jo

Tiga pemeran utama dalam film “Watcher” ini Do Chi Gwang (diperankan Han Suk Kyu) karena kesalahan masa lalu dan merasa bersalah menangkap Kim Jae Myung, ayah dari Kim Young Goon, ia jadi bertekad menangkap polisi-polisi korup.

Adapun Jo Soo Yeon (diperankan Park Joo He) ditugaskan membantu Do Chi Gwang. Ia sebelumnya bekerja di tim forensik, namun karena melakukan kesalahan di masa lalu, ia pindah fokus bekerja. Selama bersama Do Chi Gwang, Bu Jo sering mendapat telepon dari “Pacar” yang ternyata adalah bosnya untuk memata-matai tim investigasi korupsi.

Sekilas Bu Jo ini cocok sekali dengan asisten Han Tae Joo. Scene mereka bareng sering lucu. Tapi lama kelamaan kok jadi sama Kim Young Goon sering bareng? Dan terlihat Jo Soo Yeon ini suka sama Kim Young Goon. Secara, cakep gitu. Saya masih belum move on cocoknya Seo Kang Joon sama Kim Go Eun. Hehe Tapi ga ada kisah percintaan di film “Watcher” ini. Fokus cerita pada kejahatan.

Baca juga: Tokoh Second Lead Male yang Mengalah Demi Percintaan Tokoh Utama 


Han Tae Joo dan asisten

Han Tae Joo (diperankan Kim Hyun Joo) jaksa yang bertanya pada Kim Young Goon saat kecil, siapa yang membunuh ibunya? Kim young Goon menjawab sekenanya. Han Tae Joo bertekad ingin mencari dalang pemotong jempol kanannya, berhenti mejadi jaksa dan beralih menjadi pengacara.

Mereka bertiga akhirnya terikat masa lalu, Han Tae Joo, Do Chi Gwang dan Kim Young Goon mereka bersatu menjadi Tim Investigasi Urusan Internal. Banyak kasus mereka pecahkan bersama, seperti perdagangan organ, sampai kasus besar seperti mengungkap Catatan Suap Muil, dan polisi terlibat dalam kasus besar seperti Narkoba dan korupsi.

Lebih suka Kim Young Goon saat menjadi polisi lalu lintas, scene kejar-kejaran sama penjahat.

Kim Young Goon untuk terakhir kalinya melihat Ayahnya

Scene paling membuat pilu saat Kim Young Goon menemukan Ayahnya meninggal di kamar mandi. Sakit rasanya. Padahal baru dibebaskan pembebasan bersyarat. Pagi Ayahnya melayat almarhumah istrinya, malamnya sudah meninggal. Ekspresi Kim Young Goon tidak menangis, lemas, terguncang, kaku, diam tak berkata-kata. Kim Young Goon belum berbicara banyak dengan Ayahnya.

Memperkuat dugaan bahwa Ayahnya bukanlah seorang pembunuh. Tapi Kim Youn Goon masih ingin mencari tahu dan mencari bukti kuat dari pembunuhan Ibunya.

Scene ditangkapnya Kim Young Goon dan Han Tae Joo untuk ditukar dengan Pak Park

Scene yang bikin stress

Film yang berhasil bikin merinding tiap penjahat bawa gunting. Saking seremnya sering skip adegan macam mau potong jari. Scene si pembunuhnya udah nanya, "Darimanakah kemanusiaan kita berasal?" Sering buat deg-degan. Terutama scene ketika pengacara sekaligus mantan suami Han Tae Joo yang ketika menghilang malah jadi penjahat dan pecandu udah nakut-nakutin mau potong jari juga ke Kim Young Goon. Karena dia pernah menjadi korban saat bersama Han Tae Joo. "Jangan!" Kata Han Tae Joo melihat mantan suaminya bersiap membawa gunting. Sukses bikin penonton mual-mual dan bikin stress!

Yang mencengangkan saat di Taman penemuan mayat dikubur disana. Cerita dalam film “Watcher” sulit ditebak. Terfikir semua bisa berpotensi menjadi pembunuh. Kim Young Goon samar-samar mengingat siapa yang ia lihat saat kecil yang membunuh Ibunya. Wajah berganti-ganti dari Do Chi Gwang, Kim Jae Myung sehingga terpikir bahwa semua bisa jadi jahat.


Hingga akhirnya di akhir-akhir terungkaplah ada jaringan “Jang Society” di dalam kepolisian tersendiri. Saya sempat berfikir dari namanya saja “Jang Society” berarti perkumpulan Jang. Nah, tokoh Jang Hae Ryong, Kepala Departemen Investigasi Polisi, Jang Hae Ryong ini bisa jadi pemimpin kejahatan dan suka meminta bantuan preman-preman.

Sampai akhir episode tidak menyelesaikan masalah. Ending dibuat “wajar” karena memang pada dasarnya kejahatan tidak bisa berhenti begitu saja. Siapapun penjahatnya, mereka punya sistem. Seperti yang datang menakut nakuti Kim Young Goon, membunuh petinggi, membunuh jaksa, dan beberapa orang lainnya juga adalah oknum dari polisi juga.

Meski salah satu orang kelas kakap “Jang Society” sudah ditangkap, di akhir eposide cerita malah menggantung karena Kim Young Goon merasa aneh dengan Komisaris Yeom. Saya jadi berpikir apa bakal ada “Watcher 2”?

Karena ada polisi sekarat di Rumah Sakit sudah menjelang sakaratul maut akan dibunuh karena kemungkinannya membongkar jaringan “Jang Society”. []

You Might Also Like

9 komentar

  1. Wah makin rame aja ya Drama Korea, saya terakhir nonton Alhambra karena ada Hyun Bin, sayang sekarang belum bisa move on mungkin kalo udah bosen mau apa, nonton korea lagi ah

    ReplyDelete
  2. Wah belum selesai nonton nih
    ...
    Baru setengah jalan saya tinggal
    Rasanya kok cape gitu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sy fokus 1 nonton drakor bun da penasaran 😁

      Delete
  3. Bacanya menegangkan juga ini...
    Harus sambil ngemil kayaknya kalau nonton. Biar tegangnya teralihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sy nonton sembari nyetrika malem malem daripada nyetrika bengong hehehe

      Delete
  4. wah, drakor..suka mengikuti sinopsis-sinopsisnya tapi belum mulai menontonnya, karena takut gak mau berhenti ntar mbak hehehe

    ReplyDelete
  5. Sayangnya saya belum dapat hidayah untuk nge-drakor. Hehehe. TFS, anyway :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mbak, tiap orang kan beda2 😆 sy juga ga saklek semua drakor ditonton. Yg menarik ja baru ditonton hihi

      Delete
  6. Ini serialnya kayak yang menarik. Karena aku suka genre thriller :)

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#