Inspirasi Rumah Ramah Anak dan Sehat

Friday, September 27, 2019


Kerapihan rumah mempengaruhi mood. 
Iya gak sih? 

Happy saat melihat rumah rapi, karena bikin betah dan nyaman. Saat melihat rapi, maka ketika ibu bekerja di rumah menjadi good mood. Berbeda saat melihat rumah berantakan, langsung jadi bad mood. Seringnya jadi galau gak jelas deh, hehe. Tapi bagi seorang ibu rumah tangga kalau masih ada anak kecil ya wajar, lebih baik menurunkan standar daripada stress sendiri karena lihat rumah gak beres-beres. Hehe.

Definisi Rumah bagi Saya
Bagi saya, rumah adalah tempat berteduh, tempat yang mesti dibuat senyaman mungkin, karena bagi seorang perempuan ketika menjadi istri, rumah adalah tempat istri mengabdikan diri, dan tempat yang selalu dirindukan bagi seorang ibu yang bekerja.

Dari bangun tidur, seorang Ibu melakukan aktivitas rumah tangga yang tiada hentinya. Dari mulai memasak, mencuci, menjemur, mencuci piring, menyetrika, diantara waktu itu mengantar anak ke sekolah, dan berbelanja bahan makanan.

Seorang Ibu bisa melakukan semua itu, dan di sela waktu itu bagi ibu yang mengASIhi juga bisa bersosmed barang sejenak sebelum lanjut aktivitas lagi. Ajaibnya ada juga yang me-time sejenaknya buat kue (baking). Tapi kalau saya senengnya baca buku (pas lagi niat sih, he).

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer 
Yup rumah adalah kebutuhan primer setelah sandang dan pangan. Sayangnya rumah ini belum bisa semua orang dapat, terutama bagi yang baru menikah. Biasanya tinggal di rumah mertua, orang tua, atau ngontrak pun jadi pilihan.

Tapi ada juga yang langsung mencicil KPR untuk rumah.

Bagi mereka yang tinggal dengan mertua, tentu harapan untuk memiliki rumah sendiri selalu ada. Namun mesti dikomunikasikan dengan suami. Terlebih bila sang suami inginnya istri menjaga ibunya, maka kita harus membuat rumah jadi tempat yang nyaman.

Seringkali untuk melihat kemampuan keluarga bisa dilihat dari bagaimana kondisi rumahnya. Dan karakter pemilik rumah, bisa dilihat dari isi rumahnya.

Karakter pemilik rumah dapat terlihat dari rumahnya 
Dari awal menikah qadarullah saya tinggal bersama mertua, saya bisa melihat keseharian beliau saat sehari-hari. Dari mulai membersihkan rumah, kerapihan pun jangan ditanya, maka kita akan berdecak kagum. Ibu mertua saya menganut rumah harus selalu dalam kondisi rapi dan bersih.

Meski beliau dulu mudanya telah banyak memiliki asisten rumah tangga, tidak membuatnya berleha-leha. Justru beliau mengajarkan banyak cara agar rumah rapi. Termasuk pada saya, menantunya.
Jadi karakter pemilik rumah itu sangat menentukan bagaimana kondisi rumahnya.

Ada yang rumahnya berantakan, tapi pemilik rumahnya santai saja. Ya itu turun temurun bisa jadi karena orang tuanya bekerja, dan tidak sempet membereskan rumah, ataupun karena merasa tidak perlu asisten rumah tangga.

Kondisi kamar juga menentukan kondisi orangnya.

Sebetulnya kalau benar lagi semangat 5 menit juga rumah akan rapi seperti semula. Namun terkadang kalau lagi mager yaa beres beresnya nunggu semangat dulu.

Siapa yang di rumahnya punya asisten rumah tangga? Tentu senang bisa ada yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah, dan mengurus kerapihan rumah.


Rumah impian bagi saya itu yang punya perpustakaan khusus



informa rak buku 10 tingkat
Rumah impian bagi saya adalah rumah yang memiliki perpustakaan, baik itu misalnya di ruang tamu, di ruang tengah bisa ada rak buku untuk anak-anak, dan di kamar ada rak buku untuk menunjang pekerjaan saya.

Selain itu, rumah impian bagi saya adalah rumah yang nyaman untuk saya dan anak-anak. Secara keseluruhan saya ingin nuansa rumah yang yang simple, gaya minimalis, warna pastel dan menyegarkan. Semua itu terwakili saat melihat inspirasi rumah HOME DÉCOR.



“Graphical Pop” satu dari 4 gaya inspirasi HOME DΓ‰COR INFORMA, 3 lainnya itu Neo Deco Candy” (ceria dan kekinian dengan sentuhan warna pastel dan warna chick dan fresh), ada juga Glamorous Deco (gaya mewah dan anggun), juga Solid Harmony (warna kuat dan memikat). Graphical Pop sendiri merupakan sentuhan artistic dari warna terang memberi suasana nyaman, dan sesuai impian saya.

Rumah yang bisa menunjang pekerjaan saya untuk menulis, rumah yang sehat, bisa memberikan makanan yang disukai suami dan anak-anak.

Saya memiliki 2 anak perempuan. Cukup mudah menentukan kamar untuk anak perempuan karena jadi 1 tema cukup. Tema pinky dan Kakaknya senang sekali dengan seri princess, tentunya bisa jadi pilihan.
Sevile Bunk Bed 
Pertengahan bulan lalu juga kami sekeluarga ke Serpong untuk melihat kasur dua tingkat yang nantinya bisa dipakai untuk Kakak Adik Aska Adzki ini. Namun karena memang masih menabung, jadi sebatas baru cari inspirasi kasur dua tingkat yang girly.

Kamar Aska juga inginnya ada meja belajar yang bisa dipergunakannya untuk belajar serta untuk menyimpan buku-bukunya.

Sekilas kalau dibuatkan denah saya ingin seperti ini:
Sumber gambar: conceptark.net

Desain minimalis mengusung warna yang pastel. Ada kamar untuk orang tua, kakak adik perempuan masih kecil, dan mertua. Kalau masih kecil bisa bareng sekamar tapi kasur 2 tingkat. Sudah agak besar nanti pisah kamarnya. Selain itu ada dapur, sekaligus ruang makan, ada ruang tengah, ruang tamu, dan ada taman untuk rumah yang sehat dan menyegarkan sehari-hari.

Rumah Ramah Anak

1. Rumah yang bersih, sehat dan memiliki ventilasi yang cukup

Sebagai seorang ibu, tentu mengharapkan keadaan anak anak yang bersih dan sehat. Maka dibuat lingkungan yang sehat untuknya. Kamar yang bersih, barang, pakaian selalu dicuci rutin. 

Rumah yang sehat juga adalah rumah yang memiliki ventilasi yang cukup.


2. Terdapat teras atau tempat untuk tanaman

Sering merasa senang dengan pemandangan rumah yang punya teras tanaman yang cantik. Ada vertikal garden, atau juga bunga bunga yang cantik.

Rumah ramah anak adalah rumah yang juga memiliki  lingkungan rumah yang asri.


3. Punya ruang bermain dan perpustakaan buku anak

Tak harus selalu mempunyai ruangan khusus untuk bermain, ruang tengah juga bisa dipakai untuk bermain. Asal ada kontainer isi mainan anak seperti boneka/mobil mobilan, atau lego, dan juga buku-buku.

Anak punya 'ruang' untuk bermain dan belajar dengan mainan di sekitarnya. Nilai tambah jika ada perpustakaan khusus anak, ada rak buku anak untuk anak rajin membaca buku.

Keunggulan yang dimiliki INFORMA: 

  1. Mudah: Store informa tersebar di Indonesia
  2. Lengkap: Informa menyediakan berbagai kebutuhan untuk isi rumah dari produk kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, dan aksesoris rumah tangga.
  3. Informa rewards, nikmati keuntungan lebih jadi member, mulai dari gratis pengiriman hingga bayar pakai poin. 

Tips membeli perlengkapan rumah di INFORMA: 


  1. Membeli perlengkapan untuk rumah itu tidaklah murah, maka kita perlu tentukan kita ingin membeli secara online atau offline. 
  2. Jika membeli di online, saat ini banyak penipuan mengatasnamakan INFORMA. Maka sebagai calon pembeli, penting untuk membeli langsung dari web resminya yaitu klik disini untuk melihat Promo bulan ini dan seterusnya. Jangan terkecoh dengan testimoni yang mungkin saja dibuat disengaja seakan-akan resmi. 
  3. Nama akun resmi INFORMA di facebook: informaID, Instagram: @informaid, twitter: @informaid. 
  4. Membeli secara langsung maka biasanya kita akan mendapat pelayanan langsung. Cari tahu barang-barang di store apakah ready stock atau tidak, dan pastikan barangnya bagus.
  5. Lihat testimoni dari pembeli yang membeli perlengkapan rumah di INFORMA. 
Rumah, tempat yang dirindukan untuk berkumpul. Semoga menjadi inspirasi rumah ramah anak dan sehat.

*Tulisan ini diikutkan dalam blogger Competition INFORMA

You Might Also Like

16 komentar

  1. Sama dong, Sri. Rumah impianku yang ada perpustakaannya, hehe... Rumah buat buku2 keluarga kami

    ReplyDelete
  2. Saya juga di Istana Mertua indah Teh, tapi beda ruangan sih jadi tetap mandiri dan untungnya disini santuy banget hehhe setuju ama rumah yang ada perpustakaan dan ramah anak πŸ‘

    ReplyDelete
  3. Iyaa ya, mbak. Rumah menunjukkan kepribadian yang punya, hihihi.
    Aku suka banget nih kalau uda liat2 furniture. Suka betah kalau uda maen ke INFORMA :)

    ReplyDelete
  4. Wah konsep denah rumahnya keren banget sih teh..

    ReplyDelete
  5. Suka nih sama kalimat yang ada di tulisannya tteh "Karakter pemilik rumah dapat terlihat dari rumahnya" setujuu sekali

    ReplyDelete
  6. idaman banget ya punya ruang perpustakaan?

    Saya juga pingin bangettt ..... :)

    ReplyDelete
  7. Wah teteh aku kepincut banget sama rak 10 tingkatnya informa. Aduh aku gak ngerti lagi sama informa, perabotnya itu beda dari yang lain. multi fungsi juga ya. keren :)

    ReplyDelete
  8. Setuju mba, kerapihan rumah memengaruhi mood. Kalau berantakan suka bikin badmood.
    Eh iya ya, aku kelupaan bikin rumah ramah anak ehehe. Makasih mba, nanti aku mau sediain space untuk ruangan bermain anak dan buku anak :)

    ReplyDelete
  9. Wah keluarga literat nih, ada perpustakaannya πŸ˜„πŸ‘ rak buku 10 tingkatnya bagus bangets tuh, praktis lagi. Cocok buat ruang tamu saya πŸ˜„πŸ˜

    ReplyDelete
  10. Wah iyaa..kujuga pengen punya rumah yg ada perpustakaan sama ruang bermain khusus anaknya. Good idea😍

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka tuh ke Informa yang di Living Plaza dan Plaza Dago. Deket sama tempat terapi Al. Jadi sambil nunggu, sambil cuci mata atau belanja peralatan dapur. Hihih.

    ReplyDelete
  12. Dekorasi yang sangat menarik. Btw saya juga berencana bikin ngedesain ruangan kerja biar gak ngebosenin.

    ReplyDelete
  13. Dekorasi yang sangat menarik. Btw saya juga berencana bikin ngedesain ruangan kerja biar gak ngebosenin.

    ReplyDelete
  14. Aku juga punya perpustakaan kecil mbak di rumah. Dulu raknya beli di Informa pas diskon

    ReplyDelete
  15. Setuju, kerapihan rumah berpengaruh dengan mood kita sebagi penghuni rumahnya. Saya juga paling gak suka dengan rumah berantakan. Jadi mending yang minimalis supaya gampang beberesnya hihihi

    ReplyDelete
  16. rak 10 tingkatnya informa cakep banget ya, buku kayak melayang gitu, jadi rapih banget

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#