Menikmati Fasilitas Transportasi Kereta MRT Jakarta Bersama Keluarga

Tuesday, November 12, 2019


Transportasi dari asal katanya merupakan transport untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Transport merupakan alat, bukan tujuan.

Transportasi sebagai alat untuk mempermudah jarak sehingga penting transportasi yang membuat efisien dari segi bahan bakar, waktu, dan tenaga. Hal tersebut bisa diwakili praktis dengan menggunakan jasa transportasi umum.

Secara, misalnya kita menggunakan mobil pribadi. Butuh berapa waktu yang digunakan untuk menghadapi kemacetan Ibukota, bensin yang dipakai, dan juga tenaga.

Sekilas, lebih praktis menggunakan transportasi umum, terutama sekarang ini MRT mempermudah jarak. Perjalanan tepat waktu karena mempunyai perlintasan sendiri sehingga tidak terganggu oleh lalu lintas jalan raya dan juga mempunyai kapasitas daya angkut besar.

Bulan Juni lalu, saya dan keluarga berkesempatan mencoba transportasi MRT. Saya yang orang Bandung tertarik mencoba transportasi MRT. Mengapa? Karena ingin coba kecanggihan transportasi yang sudah ditunggu-tunggu sejak tahun 2008, dan pembangunannya mulai 2014. Daebak!

Kesan saya pada saat itu sudah persis seperti kereta bawah tanah di luar negeri. Mantap! Saya suka! Saya suka!

Saat akan bersiap naik kereta, maka ada tanda menunggu bagi yang akan naik kereta yakni di batas kuning, tanda: jangan dulu naik. Kita persilakan dulu orang yang mau keluar kereta. Tanda hijau keluar kereta.

Suasana bersih, kamar mandi, dan mushala juga ada. Ramah untuk disabilitas juga.

Masuk ke gerbong kereta, di sepanjang gerbong pun bersih, tidak ada yang buang sampah. Peraturan di kereta pun patut diacungi jempol yakni tidak boleh makan dan minum di kereta jadi ide bagus sehingga kereta tetap bersih.


Saat naik MRT, kita bisa melihat pemandangan dari atas kota Jakarta. Terlihat gedung-gedung tinggi menjulang dan melihat ke bawah, terlihat kendaraan mobil motor lalu lalang dan kepadatan kota Metropolitan. 



Ada juga pemandangan terowongan dan perjalanan berakhir di bawah tanah. Seru karena banyak juga yang mencoba transportasi nyaman yang satu ini.

Kemudian saya membayangkan orang-orang pekerja kantoran di jam-jam sibuk, mereka sangat bisa memanfaatkan layanan MRT ini. Bukan tidak mungkin 10 tahun ke depan akan mengubah sedikit banyaknya memukul rata karakter orang Indonesia menjadi berkarakter maju dan disiplin.

Hal yang terpenting adalah bisa menekan jumlah kendaraan pribadi di jalan raya, dan orang lebih memilih memakai jasa transportasi umum.


Jadi agak kurang tepat rasanya jika kendaraan pribadi membludak di jalanan, tanpa ada penekanan dalam jumlah kendaraan di jalan. Terlebih saat ini untuk kredit motor dan mobil semakin mudah.

Berbicara tentang transportasi unggul, maka berkaitan erat dengan produktivitas orang-orang Indonesia. Di kota-kota besar di Indonesia yang memiliki produktivitas tinggi, aktivitas perdagangan jual beli, aktivitas kantor, kegiatan antar jemput anak sekolah, anak kuliah, dan seterusnya, maka transportasi unggul tersebut membantu produktivitas warganya.




Selain memberikan solusi transportasi modern berteknologi tinggi, juga memberi kenyamanan, keamanan dan keselamatan warganya.

Maka pengalaman menggunakan transportasi umum jika aman, nyaman, akan membuat warganya betah, dan menjadi konsumen tetap. Dengan berbagai pertimbangan orang-orang akan memilih transportasi umum dibanding pribadi.

Pengalaman saat saya traveling menggunakan transportasi MRT pembayaran dilakukan di kantor penjualan tiket. Pembayaran bisa dilakukan dengan e money, atau kalau mau tunai bisa, tapi tetap deposit dulu, dan bisa refund begitu sudah selesai digunakan. Kami memilih kartu single trip. Perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI pun memakan waktu hanya 30 menit.

Biaya MRT plus deposit Rp 15.000. Sekali perjalanan Rp 15.000. Dengan deposit, 6 orang menyiapkan sekitar 170.000, tapi sesudahnya bisa refund, sudah bisa diambil lagi. Untuk anak di bawah 90 cm gratis.

5 tahun kinerja transportasi perlu diacungi jempol. Berikut infografis resmi dari kemenhub


Pembangunan prasarana transportasi pun gak kalah bagusnya. Kenaikan jumlah prasarana transportasi pun menjadi pelengkap dari sarana transportasi yang bisa membangkitkan perekonomian di Indonesia.

Keselamatan, keamanan dan kenyamanan merupakan syarat utama dari transportasi umum. Menggunakan transportasi kereta MRT kemarin juga menjadi daya tarik bagi kami yang berdomisili di Bandung untuk mencoba transportasi modern berteknologi tinggi. Transportasi MRT ini menggunakan tenaga listrik. Senangnya bisa menikmati fasilitas MRT Jakarta.

Saya dan adik ipar pun sepakat bahwa MRT lebih cepat melajunya daripada KRL. Dan serunya selain kami bisa traveling, sekaligus menikmati fasilitas transportasi kereta MRT bersama anak dan keluarga. Aska happy naik kereta, dan seperti mimpi bisa melihat bangunan jakarta yang tinggi dari atas kereta. Untuk bisa melihat update tentang transportasi dan kemenhub website resminya www.dephub.go.id di akun instagramnya @kemenhub151 Transportasi unggul, Indonesia Maju! []


You Might Also Like

25 komentar

  1. aku belum pernah naik MRT teh hehehe penasraan sih semoga next kalau ke Jakarta bisa cobain juga nih MRT

    ReplyDelete
  2. keren ya? aku saking pengen nyobanya, naik dari ujung turun di ujungnya lagi, naik lagi buat kembali ke tempat semula wkwkwk... tapi asyik

    ReplyDelete
  3. Sejak transportasi umum semakin baik, saya udah lama gak nyetir sendiri atau naik taxi. Selain semakin nyaman, waktu tempuhnya juga udah semakin terukur. Gak ada cerita ngetem di pinggir jalan.

    ReplyDelete
  4. Naik MRT memang asyiiikk khanmaeeenn
    Aku coba sekali pas lagi ada di JKT momen Lebaran 2019 lalu.
    Semoga 2020 bisa ke JKT lagi, naik MRT lagi dehhh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. MRT jadi primadona transportasi umum di Jakarta dan Indonesia saat ini ya. Semoga segera merata di berbagai kota lainnya. Sehingga masyarakat daerah bisa menjangkau sarana transportasi ini dan mencoba naik menggunakannya.

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu di Sumatera, naik kereta dari Siantar ke Medan, jenis transportasi yang paling aku suka.
    Saking sukanya aku sering merayu ayah agar mau membujuk mamak berkenan naik kereta.
    Kini di Balikpapan, kereta hanya tinggal cerita.
    Makanya kalau pas ke Jakarta atau Jawa aku sempatkan naik moda ini, pengobat rindu masa kecil di Sumatera

    ReplyDelete
  7. Mau coba naik MRT, belum kesampaian ini. Semoga transportasi kita makin aman dan nyaman. Jadi gak lagi deh kita malas2 san naik transportasi umum

    ReplyDelete
  8. pengen ke jakarta biar bisa ngerasain MRT. norak nggak yaaa?? :D

    ReplyDelete
  9. Allhamdulillah kami sekeluarga juga sudah niyipin naik MRT di Jakarta setelah anak-anak merengak mau nyobain. Setelah mencoba katanya MRTnya sama seperti yang pernah mereka naiki kaya di Spore & Malaysia :-D

    ReplyDelete
  10. Belum nyobain MRT. Cuma mupeng aja kalo baca2 review dan denger cerita dari temen2. Semoga MRT nggak cuma wow di awal2 aja. Semoga bagus terus pelayanannya dan selalu terjaga fasilitasnya.

    ReplyDelete
  11. Aku dah nyoba dr ujung ke ujung bulak balik hehe...enakeun ya jd cpt wkt tempurnya jg..

    ReplyDelete
  12. Baik KRL maupun MRT belum pernah saya naiki soalnya di daerah tempat tinggal saya belum ada. Semoga suatu hari saya juga bisa naik transportasi tsb.

    ReplyDelete
  13. Naik MRT memang bikin nagih sih. Nyaman banget. Ada rencana juga sih buat ajak ibuku ngerasain naik MRT hehehe

    ReplyDelete
  14. Ih, mupeeeeeng. Aku belom pernah deh nyobain naik MRT. Seru kayaknya ya bareng keluarga. Kudu nyengajain deh nanti ke Jakarta naik MRT :D

    ReplyDelete
  15. asik banget ya naik MRT aku juga kemarin nyobain naik MRT dan emang seru, berasa ada di negara maju hehe

    ReplyDelete
  16. Wahhh makin mupeng naik MRT, pas ke Jakarta dulu belum diresmikan, hikss
    Ntar kalo kesana lagi kudu nyoba naik nih, masa iya cuma jadi penonton aja ya

    ReplyDelete
  17. Luar biasa ya. Banyak banget yang telah dibangun di Indonesia ini terutama pembangunan infrastruktur secara fisik.

    ReplyDelete
  18. Pembangunan di sektor transportasi ini luar biasa ya. Berbagai alat transportasi yang tadinya tidak tersedia pun kini menjadi ada dan membantu sekali bagi masyarakat. Terutama bagi warga ibukota yang kepadatan penduduknya luar biasa ya, mereka pasti butuh alat transportasi untuk menampung jutaan orang yang bepergian setiap harinya.

    ReplyDelete
  19. Mantap ya udh nyobain MRT. Serasa di luar negeri. Keliatan oke banget fasilitasnya. Semoga makin maju transportasi indonesia

    ReplyDelete
  20. Aku belum sempet nyobain MRT dr ujung ke ujung nih. Parah, ga kekinian banget ya hahaa

    ReplyDelete
  21. Waah keren teh sri sekeluarga udah naik MRT, seneng ya sekarang fasilitas transportasi di Indonesia sudah mulai berkembang dan lengkap ya

    ReplyDelete
  22. Keren ya sekarang transportasi di Indonesia. Dalam 4 tahun terakhir sudah banyak infrastruktur yang menghubungkan berbagai tempat, yang didukung pula dengan transportasinya, salah satunya ya keberadaan MRT ini. Semoga nanti daerah-daerah lain di Indonesia bakal ada MRT juga ya

    ReplyDelete
  23. Aku pengen banget nyobain MRT di Jakarta. Pasti seru dan bangga ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Iih...teteh gak ngajak-ngajak aku naik MRT.
    HIhii...aku ke Jakarta pengin banget ngerasain transportasi massalnya yang luar biasa kereen...kaya MRT dan bussway.

    ReplyDelete
  25. aku kepengen banget juga cobain kereta MRT ini
    dari postingan mbak kayaknya prefer aja ya bawa anak-anak dan tempatnya ga terlalu sesak2an sama orang2

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#