Yuk, Ikuti Panduan Pembuatan Company Profile dan Desain Logo Keren untuk Startup

Wednesday, December 11, 2019

Membuat desain logo

Membuat suatu desain logo keren untuk brand bisnis merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan dan para pelaku bisnis. Manusia cenderung lebih mengingat sesuatu secara visual, sehingga desain logo keren sangat mendukung kecenderungan tersebut dalam menarik minat konsumen terhadap brand bisnis yang digeluti.

Dengan membuat suatu desain logo keren untuk bisnis, secara tidak langsung perusahan telah menyisipkan sebuah misi agar orang-orang akan langsung terfokus pada brand produk bisnis.

Apalagi, untuk zaman yang serba digital seperti saat ini, menjalankan sebuah bisnis tanpa desain logo keren akan menjadikan brand produk bisnis kurang menarik dan sulit untuk diingat karena lekang oleh waktu.

Desain logo keren yang telah dibuat nantinya akan banyak sekali kegunaannya dalam sebuah perusahaan. Desain logo keren akan selalu hadir pada setiap identitas perusahaan seperti, pembuatan company profile, desain kartu nama, desain spanduk/banner, brosur, website, desain online dan lain sebagainya.

Untuk membuat desain logo keren untuk brand bisnis dan pembuatan company profile, banyak hal-hal yang perlu diperhitungkan. Berikut ini makan diulas mengenai berbagai informasi desain logo keren yang berguna bagi anda, para pelaku bisnis.

Mengetahui Jenis-jenis Logo
Ada beberapa jenis logo yang bisa anda pilih untuk desain logo keren brand produk bisnis anda. Jenis-jenis logo tersebut antara lain:

  • Logotype, yaitu logo yang memakai unsur kata/nama dalam tipografinya.
  • Logogram, yaitu logo yang memakai unsur ilustratif atau inisial.
  • Logo gabungan, yaitu logo yang memakai unsur pada logotype dan logogram.
  • Logo abstrak, yaitu logo yang memanfaatkan unsur gambar dan huruf atau simbol namun pembuatannya tidak seperti aslinya.


Mengetahui Aspek-aspek Logo
Desain logo yang keren, harus memuat beberapa aspek penting. Aspek-aspek tersebut tidak boleh ada yang terlewatkan. Bahkan, tidak hanya untuk logo, dalam pembuatan company profile juga, aspek tersebut harus ada. spek-aspek yang dimaksud antara lain:

1. Aspek original dan unik
Desain logo keren harus mempunyai ciri khas, unik, mempunyai daya pembeda yang dengan logo lain. Tidak ada kemiripan, unsur mencontek, atau plagiat. Desain logo yang mengandung unsur plagiat, akan sangat merugikan perusahaan anda.

Karena bagi orang yang menyadari akan memberikan rating buruk dan menganggap perusahaan anda amatir. Maka dari itu, desain logo keren brand perusahaan anda harus original dan unik.

2. Aspek legible
Desain logo yang keren untuk harus tetap memiliki nilai keterbacaan yang tinggi ketika diaplikasi ke dalam berbagai ukuran dan media promosi. Misalnya, logo tersebut tetap bisa diaplikasikan untuk ukuran kecil seperti kartu nama dan brosur.

Desain logo keren anda juga harus bisa diaplikasikan dalam bentuk yang besar seperti
spanduk/banner.

Dan untuk saat ini, legible juga harus menunjang dalam desain online seperti penggunaan website mobile friendly, media sosial, dan aplikasi android perusahaan anda.

3. Aspek simple atau kesederhanaan
Desain logo keren harus simple atau sederhana yang berarti dapat dengan mudah dimengerti, ditangkap, dicerna dalam waktu yang relatif singkat oleh banyak kalangan.

4. Aspek memorable
Desain logo keren tentunya harus dapat mudah diingat oleh orang yang melihatnya, atau pengguna brand produk anda. Selain itu daya ingat juga harus terus berkelanjutan dalam waktu yang relatif lama.

5. Aspek associated
Desain logo keren brand produk bisnis anda harus memperhatikan aspek kemudahan untuk dihubungkan jenis usaha dan citra perusahaan yang ada di bawah perusahaan anda.

Selain itu harus mudah digabungkan pula dengan perusahaan lain yang menjalin kerjasama dengan perusahaan anda.

6. Aspek adaptable
Aspek kemudahan adalah faktor penting untuk desain logo yang keren. Aspek ini harus memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan logo baik yang berbentuk fisik, warna maupun konfigurasi.

Agar terhindar dari kesulitan penerapan logo tersebut, maka perlu diperhitungkan media
grafis saat tahap desain logo.

7. Aspek pembangun logo dari dalam
Selain keenam aspek di atas, masih ada aspek yang lebih penting dalam membuat desain logo keren.

Aspek-aspek ini berupa aspek yang terbentuk dari dalam logo yang dibuat. Aspek-aspek pembangun tersebut antara lain:

  • Aspek tipografi, berupa pemilihan font (jenis, tata letak, ukuran, dan artistik)
  • Aspek warna, yang berfungsi sebagai peningkat emosi dari desain logo keren.
  • Aspek bentuk, seperti bundar, segitiga, kotak. Dalam desain logo keren, anda bisa menentukan pilihan sendiri, asalkan menunjukkan kesan positif pada perusahaan anda.
  • Aspek keseimbangan dengan mencari atau menemukan seberapa baik logo yang dibuat secara memutar atau membolak-balik logo tersebut
  • Aspek selera sebagai alat ukur dalam selera setiap orang yang berbeda-beda dan sangat subyektif.
  • Aspek riset untuk perspektif logo dalam perusahaan.


Persiapan membuat desain logo keren
Architect, Desk, Office, Workplace, Chair, Design
Membuat desain logo keren 2

1. Membuat sketsa desain logo keren
Dalam membuat desain logo kern, membuat gambar sketsa adalah langkah pertama yang perlu anda lakukan. Anda bisa menggunakan perangkat komputer atau dengan alat sederhana seperti selembar kertas dan pensil.

Desain logo keren hanya akan berhasil jika dalam tahap pembuatan sketsa memperhatikan aspek-aspek logo seperti yang telah diuraikan di atas. Khususnya aspek pendukung dari dalam seperti tipografi, warna, bentuk, dan keseimbangan.

Buatlah sketsa desain logo keren anda dengan hati-hati dan jangan tergesa-gesa.

2. Melakukan riset dan analisa dalam membuat desain logo keren
Riset dan analisa merupakan salah satu tahap yang harus anda lakukan dalam membuat sebuah logo.

Kegiatan ini dapat anda lakukan dengan cara mencari beberapa fakta tentang entitas tentang perusahaan yang menjadi kompetitor anda. Namun secara lebih khusus, riset dan analisa ini bertujuan untuk menyeimbangkan logo dengan visi, misi, dan struktur perusahaan anda.

Riset selanjutnya adalah mencari tahu dan memastikan bahwa logo yang akan anda buat nanti tidak ada unsur kemiripan dengan logo perusahaan lain dan tidak memuat unsur plagiarisme.

Membuat Desain Logo Keren Untuk Brand Bisnis Dan Pembuatan Company Profile

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat desain logo keren bisnis anda. Dengan bermodalkan komputer atau laptop, anda bisa memulai untuk mengerjakan desain logo keren dengan memanfaatkan perangkat lunak/software secara offline.

Beberapa software terbaik yang bisa anda gunakan adalah Logaster, Adobe Illustrator,
Logo Masker, Jeta Logo Creator 2018, dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga bisa membuat desain logo anda dengan cara desain online pada
website penyedia jasa di bidang desain grafis atau desain online.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi desain grafis yang khusus untuk desain logo
yang tersedia di google play store.

Membuat Desain Logo Dengan Jasa Desain Grafis / Jasa Desain Online
Tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, mungkin anda salah
satunya.

Maka dari itu, solusi untuk dapat membuat desain logo keren untuk brand bisnis anda atau untuk pembuatan company profile, anda bisa memanfaatkan jasa desain grafis atau jasa desain online.

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan jasa desain grafis untuk desain logo keren brand bisnis anda. Berikut ini keuntungan yang akan anda peroleh

1. Pekerjaan desain logo keren anda akan cepat selesai
Jasa desain grafis atau desain online tentu saja dikelola oleh orang-orang yang ahli, profesional dan berkepentingan dalam dunia desain grafis. Maka dari itu, sudah pasti masalah desain logo keren akan dikerjakan dengan waktu yang lebih cepat.

Desainer yang bekerja pada desain online sudah biasa bekerja dengan deadline, jadi anda tidak perlu khawatir logo keren brand bisnis anda akan terlambat disiapkan.

2. Desain logo keren brand bisnis tercipta dengan unik
Bagi para desainer yang mengelola jasa desain online, tentu saja tidak akan pernah kehabisan ide-ide untuk desain logo keren anda.

Mereka sudah sangat berpengalaman, sehingga desain logo keren yang anda
inginkan pasti akan sangat unik.

3. Desain logo keren akan diperoleh dengan harga yang bersahabat
Kelebihan lainnya harga yang bersahabat sehingga menghemat pengeluaran anda
untuk membuat desain logo keren.

Bahkan, biasanya ada promo yang mereka siapkan kepada anda misal gratis desain kartu nama atau pembuatan company profile disertai dengan 50%.

Penyedia jasa desain grafis atau desain online sering memberikan potongan harga atau diskon untuk klien yang memesan cukup banyak desain.

4. Desain logo keren masih bisa direvisi
Mungkin saja desain logo keren yang anda inginkan tidak sesuai dengan yang harapkan atau memiliki beberapa kekurangan.

Para penyedia jasa desain grafis tidak akan keberatan jika anda meminta revisi untuk desain logo keren anda.

5. Menjalin relasi
Tidak hanya dalam hal desain logo keren, namun memungkinkan jika anda puas dengan pelayanannya, anda bisa menjalin kerjasama dengan penyedia jasa desain online tersebut.

Jadi, bagi anda yang mengalami kesulitan dalam membuat desain khususnya desain logo keren atau pembuatan company profile untuk keperluan brand bisnis anda, percayakan saja pada jasa desain grafis profesional.

Untuk mendapatkan informasi mengenai jasa desain grafis atau desain online, anda
bisa bisa mencari tahu lebih banyak hanya di platform Sribu.com.

You Might Also Like

13 komentar

  1. Logo itu tak boleh rumit ya ternyata, harus sederhana agar mudah dimengerti. Gak boleh asal gambarnya cantik ya

    ReplyDelete
  2. Logo harus memorable, simple, representasi perusahaan dgn tepat dan tetap artistik ya

    ReplyDelete
  3. Saya agak sedikit paham dengan design karena saya antusias terhadap grafis design. Penjelasan artikel ini sangat mudah dimengerti

    ReplyDelete
  4. Ouw, sekarang aku paham kenapa logo Pertamina yang "cuman" P itu harganya mahalll banget, karena memang penting sekali yaaa, urusan logo brand ini

    ReplyDelete
  5. Omg mbak sebentar itu yah jasa buat logo gk perlu cari sana sini udah komplit banget di sribu

    ReplyDelete
  6. Nah aku suka kesulitan kalau mau buat apa2 contohnya logo, mau yg kaya gimana juga bingung. Kalau ada jasa pembuatan seperti ini setidaknya mereka akan memandu ya, logo seperti apa yang cocok dan sesuai. Ternyata bisa dibuatkan compay profile juga ya

    ReplyDelete
  7. Membuat logo keren butuh kreativitas tinggi huhu aku masih agak susah buat logo jadi pilih template yang ada di edit dikit aja.

    ReplyDelete
  8. Masih salut sama yg bisa bikin logo simple tapi bisa menggambarkan isian company yang diwakilkan. Bukan hal yg mudah loh itu ...

    ReplyDelete
  9. Logo itu mahal ya karena branding suatu produk. Aku logo blog dibuatin canva

    ReplyDelete
  10. Logo yang desainnya out of the box bakalan gampang diinget orang ya mba. Saat ini memang kreativitas memegang peranan penting dalam pembentukan branding suatu usaha.

    ReplyDelete
  11. semogaaa pada banyak yang ikutan dan kayaknya hadiahnya memang okee banget yaaa. para barisaaan kreatif niiih

    ReplyDelete
  12. Logo itu kayak yang simple tapi harus punya makna tersendiri yang mudah menerap di hati yah mbak dan ternyata pembuatannya tidak sesederhana itu.

    ReplyDelete
  13. bener banget nih, lebih baik diserahkan pada ahlinya ketimbang bikin sendiri eh nggak tahunya suatu hari disangka mengikuti desain orang lain. Hehe, aku pernah baca kasus ini soalnya dimana dianggap melanggar hai cipta

    ReplyDelete

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#