14 Dalil Tentang Keutamaan Sedekah

Sunday, August 02, 2020


Keutamaan sedekah

Bersedekah adalah suatu hal yang mulia. Saya contohkan bagaimana seorang artis ternama di Indonesia yang memiliki subscribers terbanyak adalah orang yang tidak pelit berbagi dan meniatkan berbaginya itu agar orang terinspirasi.

Lalu ketika dia collab dengan Aa Gym kemudian dia cerita bagaimana ia gelisah dan takut ketika menjadi terkenal. Ia juga minta saran dari ustadz pendiri Daarut Tauhid itu. Maka Aa Gym berpesan bahwa "Ketika kita bersedekah dan takut menjadi ujub, maka sedekah yang tidak kelihatan kamera harus lebih banyak lagi."

"Ketika tayang di Youtube sekali, maka yang tidak kelihatannya harus lebih banyak dari yang diposting. Jangan sampai yang diposting itu saja yang disedekahkan." ujar Aa Gym.

Lalu apa saja Dalil-dalil Sedekah? Yuk simak selengkapnya.

1. Sedekah itu ada lima perkara
Dalam sebuah hadits dikatakan:
"Sesungguhnya di dalam sedekah-sedekah itu ada lima perkara: Sedekah itu bisa menambah harta kekayaan mereka; Menjadi obat penyakit; Allah akan menghindarkan bahaya dari mereka; Mereka akan melewati jembatan shiratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar; dan Mereka akan masuk kedalam surga tanpa dihisab dan disiksa."

2. Harta yang diinfakkan, Allah akan menggantinya.
Allah Swt. berfirman dalam QS. Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

3. Orang yang menafkahkan hartanya mereka mendapat pahala di sisi Allah  
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

4. Tak kan berkurang harta orang yang bersedekah 
Nabi bersabda: “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah dan bertambah“.

5. Menyingkirkan batu dan duri adalah sedekah
Nabi Muhammad bersabda," Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu," (HR. Bukhari).


6. Manusia yang paling dicintai Allah 
Dari Ibnu Umar, Nabi saw. bersabda: "Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat Muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang Muslim untuk sebuah keperluan, lebih aku cintai daripada beri'tikaf di Masjid ini (Masjid Nabawi) selama sebulan penuh. (HR Thabrani di dalam Al Mu'jam Al Kabir no. 13280, 12: 453)

7. Siapa yang membantu hajat saudaranya, maka Allah akan menolong hajatnya
Ibnu Umar, Nabi saw. bersabda: "Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya. (HR Bukhari no 6951 dan Muslim no 2580)

"Jadi ketika kita berbagi, kesetiakawanan kepada yang lain, ketika kita peduli kepada orang-orang miskin, anak-anak yatim, kita berikan mereka makanan, sembako, alat tulis, atau alat belajar, terkadang makanan atau barang yang belum sempat dimakan oleh mereka, atau belum dipakai, tapi mereka berterima kasih, lalu melihat mereka meneteskan air mata, berkaca-kaca matanya, bergetar, sudah terasa bahagia bisa berbagi untuk orang lain." ujar Ustadz Agus Setiawan menambahkan.

8. Infakkanlah hartamu
“Infakkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barakah rezeki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.” (HR Bukhari dan Muslim no 1433 dan Muslim no 1029, 88)

9. Kebaikan untuk orang yang bersedekah
"Boleh jadi saat engkau tertidur lelap di malam hari. Pintu-pintu langit tengah diketuk oleh puluhan doa kebaikan untukmu. Dari orang yang kau tersenyum saat berjumpa. Orang yang lapar, kau angkat rasa laparnya. Orang yang kesusahan, kau bantu kesusahannya." (Imam Ibnul Qoyyim)

Sungguh bahagia orang yang meninggal, tapi tidak ikut meninggal kebaikannya. Sungguh merugi orang yang sudah mati, tapi tidak turut mati keburukannya. Kebaikan itu akan terkenang dan menjadi doa terbaik bagi orang yang masih hidup dan ingat kebaikannya.

10. Shalat Dhuha adalah sedekah untuk setiap ruas anggota badan
Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat. (HR Muslim)

11. Bersedekah di saat susah

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Satu dirham dapat mengungguli seratus ribu dirham“. Lalu ada yang bertanya, “Bagaimana itu bisa terjadi wahai Rasulullah?” Beliau jelaskan, “Ada seorang yang memiliki dua dirham lalu mengambil satu dirham untuk disedekahkan. Ada pula seseorang memiliki harta yang banyak sekali, lalu ia mengambil dari kantongnya seratus ribu dirham untuk disedekahkan.” (HR. An-Nasa’i no. 2527 dan Imam Ahmad 2: 379. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Hadits ini menunjukkan bagaimana keutamaan sedekah dari orang yang susah dibanding dengan orang yang memiliki harta melimpah.

12. Orang yang sedekah akan dilipatgandakan sebanyak 700 kali lipat
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah, 2: 261)

13. Pintu Surga bagi orang yang gemar bersedekah 
Sedekah merupakan amalan yang sangat terpuji, yang membuat pintu surga untuk orang yang suka bersedekah pun istimewa.

Sebuah hadits HR Bukhari menyebutkan,
“Bahwa pintu salat adalah pintu untuk orang yang rajin mendirikan salat, begitu pula orang yang gemar melakukan sedekah akan masuk dari pintu sedekah.”

14. Malaikat pun berdoa untuk orang yang gemar berinfak 
Dari Abu Hurairah r.a berkata: Bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, "Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak atau rajin memberi nafkah pada keluarga." Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah). [HR Bukhari no. 1442 dan Muslim no 1010]

Maka yuk kita mulai menambah amal kebaikan kita, dengan meningkatkan kualitas amal shaleh mahdah, juga meningkatkan amal shaleh ghairu mahdah. Meski kebaikan itu sebaiknya ketika dilakukan oleh tangan kanan, tangan kiri sebaiknya tidak tahu, semoga kita senantiasa meluruskan niat kita sehingga tidak sampai timbul riya/ sombong.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Barakallahu fiikum...

    Semoga Allah senantiasa memberkahi mereka yang senantiasa bersedekah...

    ReplyDelete

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#