Persiapan Tes Toefl Online IBT dengan Belajar di Lister


Saat ini peluang untuk kuliah di luar negeri terbuka begitu lebar. Banyak mahasiswa yang memanfaatkan dan mencari beasiswa untuk dapat berkuliah di luar negeri. Salah satu faktor ingin berkuliah di luar negeri selain meluaskan pertemanan, dan peluang pekerjaan, kuliah di luar negeri dari beasiswa juga biasanya lebih terjamin karena mahasiswa akan mendapat beasiswa, termasuk biaya hidup disana dan pendidikan itu sendiri.

Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021 merilis daftar negara-negara dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbanyak. Tiga negara teratas adalah Australia dengan jumlah mahasiswa Indonesia sebanyak 13.880, Malaysia 8.440, Amerika 7.984. Kemudian Saudi Arabia menempati peringkat ke tujuh dengan jumlah mahasiswa Indonesia sebanyak 1.551, lalu Turki di peringkat ke sembilan dengan jumlah mahasiswa Indonesia 1.218.

Bahkan tak dipungkiri, Maudy Ayunda menikah dengan suaminya—bertemu jodoh saat berkuliah di Amerika. Baru-baru ini pun Ridwan Kamil melepas kepergian anaknya Eril, yang meninggal saat berenang di Swiss, mulanya karena ingin melanjutkan sekolah S2. 

Peluang Berkarier di Perusahaan-Perusahaan Ternama

Beragam kesempatan muncul, termasuk peluang berkarier di perusahaan-perusahaan ternama. Hal inilah yang menjadi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk memanfaatkan peluang dari banyaknya beasiswa yang ada.

Dari angka-angka di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Mahasiswa Indonesia memilih berkuliah di luar negeri, yang menjadi negara tujuan favoritnya adalah Australia menempati urutan pertama, kemudian Malaysia, dan urutan tiga adalah Amerika


belajar bahasa inggris online

Faktor Berbahasa Merupakan Hal yang Penting

Faktor berbahasa saat ini menjadi hal yang lumrah dan umum saat kita pandai/mahir berbahasa Inggris, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. 

Masih ingat saat tes toefl pengalaman berkesan karena melewati proses dan tes untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris, terutama syarat untuk bisa masuk kampus di luar negeri. Kalau temen-temen gimana?

Kadang-kadang suka kepikiran, gimana kira-kira ya kemampuan Bahasa Inggrisku? 

Nah bisa banget diukur dengan ikutan Tes TOEFL.


persiapan tes toefl ibt

TOEFL sebagai Persyaratan Masuk Kampus, Mendaftar Beasiswa dan Melamar Pekerjaan

TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language, digunakan untuk persyaratan di kampus, mendaftar beasiswa, maupun untuk syarat melamar pekerjaan. TOEFL yang sering digunakan untuk keperluan di Indonesia biasanya terdiri dari 3 bagian, yaitu Listening, Structure, dan Reading.

Untuk mengikuti tes TOEFL, pastikan kita telah belajar dulu sebelumnya sehingga nilai yang bakal didapat pun bagus. Sayang kan udah ikutan tapi kalau hasilnya kurang maksimal dan kita harus coba lagi. 

Ya seperti diterangkan di atas, tak dapat dipungkiri sekarang pun untuk tes CPNS dan kuliah di luar negeri pun, diharuskan calon peserta pun telah mengikuti tes TOEFL terlebih dulu.  

Ada antisipasi yang bisa kita lakukan yakni dengan mengikuti kursus intensif bulanan dan atau juga preparation dua minggu sebelum tes TOEFL sudah mengisi Latihan-latihan menjawab soal-soal tes TOEFL dan lainnya. Atau bisa juga kursus sepaket dengan tes TOEFL di akhir. 

Langkah yang bisa kita ambil sebelum Tes Toefl 

Pilihan yang dapat kita ambil sebelum tes TOEFL: 

  1. Kursus intensif bulanan 
  2. Preparation 2 minggu sebelum tes TOEFL sudah mengisi Latihan menjawab soal-soal tes TOEFL. Biasanya sudah ada soal dan kunci jawabannya juga.
  3. Kursus sepaket dengan tes TOEFL di akhir  

Nah apa sih Tes Toefl iBT itu? 

Tes TOEFL iBT (Internet Basis Test) merupakan tes TOEFL yang menggunakan komputer dan internet sebagai tempat pertanyaan dan jawaban. 

Tes ini menggunakan komputer tanpa kertas tes langsung terhubung ke situs ETS dari Amerika Serikat. Tes ini dapat dilakukan di Indonesia (khususnya kota-kota besar) jadi kita bisa ikut tes TOEFL iBT –ikut dengan ujian lewat komputer/PC/Laptop kita dan kita akan langsung diawasi oleh pengawas lokal.

Dalam tes iBT TOEFL ini diuji adalah mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Jelas ini sangat berbeda dengan TOEFL ITP karena ada hanya mendengarkan struktur tes dan membaca.

iBT TOEFL adalah yang paling banyak sebuah beasiswa persyaratan atau melanjutkan studi di AS. Khususnya di Indonesia TOEFL iBT juga melayani beasiswa LPDP syarata dan khusus DIKTI asing ke Amerika.

Di luar negeri, TOEFL iBT inilah yang “laku” alias dijadikan standar kemahiran bahasa Inggris. Sedangkan TOEFL “biasa” yang juga disebut TOEFL ITP biasanya tidak diterima untuk keperluan mendaftar kuliah di kampus luar negeri.

Nah apakah kita pengen tau tips dan trik saat mengikuti tes TOEFL iBT? Apa lebih banyak reading, listening, speaking atau writing? Apa terkadang kita merasa minder karena gak ada temen belajar? Gak ada peningkatan skor atau gak punya mentor? 

Yuk ikutan Belajar Kursus/Les TOEFL Online di Lister! 

online course tes toefl ibt

Kursus TOEFL Online oleh Lister merupakan program persiapan tes TOEFL bagi para mahasiswa maupun siswa dewasa yang akan menghadapi tes TOEFL ITP maupun tes TOEFL IBT. 

Bagi kalian yang ingin melakukan tes toefl untuk persiapan sebaiknya ikut persiapan tes TOEFL intensif untuk hasil maksimal. Kalau ingin mulai belajar dari dasar banget bisa ikut kelas intensif setahun sebelumnya, 6 bulan atau 3 bulan sebelumnya. 

Ini agar persiapan lebih matang dan nilai juga lebih maksimal dibandingkan persiapan yang hanya sebulan sebelum. 

Bagi yang sudah punya bekal dan punya kemampuan bahasa Inggris yang cukup bisa melakukan persiapan sebulan atau 2 minggu sebelum. 

Di Lister.co.id menyediakan Tes Toefl IBT yang digunakan sebagai syarat melamar beasiswa maupun kuliah di luar negeri karena dinilai mampu menilai kemampuan komunikasi seseorang dalam bahasa inggris. 

Tes Toefl IBT ini menguji 4 skill bahasa meliputi listening, reading, speaking dan writing, dan dibimbing penuh oleh tutor yang berkualitas dan berpengalaman. Biaya kursus persiapan Toefl iBT di Lister start form Rp 1.499.000 - 2.998.000.

Adapun Kursus TOEFL iBT di Lister untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi TOEFL iBT yang diselenggarakan ETS (Educational Testing Service). Di kelas ini, siswa akan mendapatkan strategi, tips dan trik untuk mengerjakan soal, pembahasan hingga time management waktu yang digunakan untuk menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat, serta memperoleh target skor iBT tinggi sesuai harapan siswa. 

Calon siswa dianjurkan telah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai dan cukup familiar dengan kemampuan grammar, listening, reading, writing dan speaking. Jika masih pada level dasar pada lima kemampuan tersebut, kami sarankan untuk mengambil program Academic English terlebih dahulu.

Ada juga TOEFL iBT Prediction Test digunakan untuk mengetahui format tes TOEFL iBT dan mendapatkan hasil prediksi nilai TOEFL iBT.

Di Lister, peserta akan mendapatkan materi pembelajaran meliputi listening test meliputi percakapan dua orang, reading test dengan jumlah soal 4 hingga 6 bacaan, writing test terdiri dari integrated essay dan independent essay, dan speaking test berdurasi 20 menit dibagi menjadi 6 soal. Pembelajaran Start from Rp 250.000,- Rp 500.000,-

Kursus Business English

Ada juga Kursus Business English (Kursus Bahasa Inggris Bisnis) yang digunakan untuk mengambil peluang Bisnis Internasional Lewat Penguasaan Bahasa Inggris. 

Program Kursus Bahasa Inggris Bisnis mencakup 5 sub program meliputi General Business English, Business Conversation, Business Writing, Business Presentation, dan English for Job Interview yang menjawab semua kebutuhan skill bahasa Inggris Anda untuk keperluan bisnis dan menjalin relasi internasional. 

Program Bahasa Inggris Bisnis atau Business English bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Bisnis dengan melibatkan peserta dalam kegiatan mendengarkan, membaca, menulis, berbicara dan tata bahasa yang relevan dengan konteks bisnis secara umum dan internasional.

Program ini sangat cocok untuk pebisnis mulai dari staff hingga manajer, pengusaha, mahasiswa jurusan bisnis dan siapa saja yang memiliki minat besar dalam belajar bahasa Inggris untuk tujuan bisnis. 

Baca juga: Menggunakan Produk Paket Belajar Online Faber Castell untuk Evaluasi Program PJJ

Baca juga: 7 Benefit Keuntungan Beli Kelas Prakerja di Skill Academy

Kesimpulan 

Telah banyak tanggapan positif/testimoni dari peserta lulusan Lister. Belajarnya Asik dan Tutornya pun yang berpengalaman di bidangnya. 

Belajar di Lister bisa dengan online dan waktunya fleksibel menyesuaikan dengan yang kita bisa. Belajar di Lister selain untuk persiapan tes Toefl IBT juga terdapat beragam pilihan belajar kursus bahasa dari bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Korea, Jepang, Mandarin, Arab, dan lainnya. Terbuka juga untuk Bahasa Inggris Anak, Remaja dan Dewasa. Daftar kelas menyesuaikan dengan kebutuhanmu untuk Tes Toefl IBT, untuk syarat kuliah dan lainnya. []

Baca juga: Ruangguru, Super App Belajar Online, Teman Belajar Anak di Rumah 

No comments