Mengenalkan Ragam Buku pada Anak

Friday, February 08, 2019


Ini merupakan materi ketika mengisi di radio MQ 102,7 FM Bandung. Senang sekali karena bisa berbagi tentang cara menumbuhkan minat baca pada anak.

Sebelum itu, yuk cari tahu ragam atau jenis jenis buku anak menurut bentuknya.
1. Buku bantal

Buku bantal ini termasuk yang bisa dikenalkan sejak usia bayi yakni 4 bulan. Buku bantal bisa bunyir kresek kresek jadi tidak mudah sobek, dan bisa menstimulasi anak dengan warna warna yang ada di dalam buku bantal. Memilih buku ini tepat bagi bayi di rumah.

2. Soft book


Buku anak yang jenis ini masih bisa robek karena dibuat dari kertas biasa. Tapi ya gapapa juga karena memang buku yang dibaca ya ada bekasnya yaitu sampai robek ya itu berarti bagus karena dibaca anak. Coba kalau nggak? Tentu bukunya ga dibuka. hehehe.

3. Board book atau Hard book

Buku jenis ini adalah dengan jenis buku yang tidak mudah basah, tidak mudah robek, dan awet. Anak saya punya cukup banyak buku dengan jenis ini. Jadi lumayan awet untuk si kecil ke-2.

4. Flip book
Jenis buku ini bagus karena bisa menstimulasi anak untuk tertarik melihat di dalamnya. Seperti ada kejutan saat membaca buku. Jadi happy! Pas dibuka ada 3 dimensi bisa dilihat. Wuih, seru!

5. Audio book
Buku yang bisa bernarasi, itu juga bikin surprise pembacanya kan?

6. Paket buku anak / berjilid
Buku anak yang berjilid-jilid sekarang ini banyak di Indonesia. Seiring naiknya penjualan buku anak di masyarakat, tentu animo membaca anak juga ikut naik. Maka kita bisa membacakan juga buku berseri kepada anak, seperti Muhammad Teladanku, My First Question and Answer, Quranic Question and Answer.

Mengenalkan buku sejak dini kepada anak

Apa yang sebaiknya dikenalkan kepada anak sejak kecil? Ya ada banyak buku yang bisa dikenalkan, tapi yang terpenting adalah mengenalkan anak terlebih dulu kepada fitrahnya yaitu mengenal islam dan iman.

1. Mengenal Iman
Dialog antara ibu dan anak misalnya siapa yang menciptakan kita,
"Kalau yang menciptakan awan siapa?" "Yang menciptakan matahari siapa?"
dan seterusnya.

2. Mengenalkan ibadah kepada anak
Baru setelah mengenalkan iman juga mengenalkan ibadah kepada anak. Bisa lewat buku ilustrasi, lewat alquran, sehingga anak suka dan mengenal ibadah adalah hal yang menyenangkan.

3. Sirah nabi
Penting juga mengenalkan nabi-nabi kepada anak sehingga anak mengenal kisah Nabi-nabi dan bisa membedakannya.

4. Sirah sahabat
Selain nabi, juga bisa mengenalkan bacaan kepada anak yakni tentang sirah sahabat yang bisa memberikan semangat dan nilai-nilai mulia.

5. Mengenal bacaan fabel pada anak
Dari fabel, anak bisa tahu nilai-nilai yang bisa dilakukan dalam keseharian seperti persahabatan, saling menolong, menyayangi, dan lainnya.

6. Dikenalkan novel kepada anak setelah masanya tiba. 
Saat kecil buku anak, kkpk, baru novel.

Mengisi di mq fm
Tema menumbuhkan minat baca pada anak

Kini, buku anak paling dilirik dan banyak jumlah pembeliannya terbanyak di masyarakat Indonesia. Dari ikapi.org, bahwa jenis bku-buku anak paling laris di masyarakat sampai mencapai 23% untuk buku anak, dilanjut dengan fiksi dan sastra 13%, agama 13%, pelajaran 13%, referensi dan kamus 9%, dan lain-lain 31%.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak jenis buku anak yang bisa anak baca, dari mulai buku flip book, soft cover, hard cover, buku bantal, dan
sebagainya.


Bagaimana menumbuhkan minat baca pada anak?

Hal yang penting pertama kali yakni menciptakan suasana rumah penuh dengan buku.

1. Menciptakan suasana rumah penuh dengan buku
yang menarik mata. Anak-anak akan lebih tertarik dengan buku yang penuh ilustrasi, gambar, dan full color. Anak pasti suka!

Sehingga membuat perpustakaan mini untuk anak ckup penting, agar anak bisa membaca kapan saja ia mau. Kalau tidak punya kesempatan punya perpustakaan mini juga gapapa, punya meja dan rak juga cukup.

2. Orang tua meneladani senang membaca
Anak akan tertarik membaca kalau orang tua juga memberikan teladan senang membaca.

3. Rutin membacakan buku untuk anak
Anak akan tumbuh minat bacanya saat orang tua rutin membacakan buku untuk anak.

4. Punya jadwal beli buku baru
Agar anak tertarik dan tergugah untuk membaca maka sebagai orang tua penting untuk membelikan buku baru untuk anak, atau punya jadwal beli buku baru, misalnya tiga bulan sekali, sebulan sekali, sesuai budget yang dimiliki orang tua.

5. Memberi hadiah pada anak dengan buku
Anak akan merasa senang jika reward yang ia terima adalah buku baru. Sebenarnya tergantung bagaimana orang tua memberikan pembiasaan. Jika orang tua membiasakan memberi anak mainan ya anak akan suka mainan. Tapi jika orang tua memberikan buku, tentu anak akan minta dibacakan.

6. Keluarga itu poros
Keluarga adalah poros dan diantara pamor gadget, tv, youtube yang menggerus, maka dari keluarga bisa punya visi keluarga mau seperti apa ya bisa dari bacaan bukunya.

7. Punya jadwal ke perpustakaan anak di Bandung seperti Gasibu atau Salman
Penting orang tua juga menjadwalkan anak pergi ke perpustakaan untuk membaca sehingga timbul kecintaan pada membaca.

Manfaat menumbuhkan minat baca pada anak

Banyak manfaat dari menumbuhkan minat baca pada anak,
1. Mengkayakan pengetahuan anak
2. Menambah kosakata
3. Membangun bonding ortu dan anak
4. Anak lebih mudah dalam menangkap

Sekian mengisi materi di MQ FM tentang Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Semoga bermanfaat!

Live ig dibantu Kang Agi. Hatur nuhun kang

Foto bareng penyiar MQ, Kak Nabila

You Might Also Like

0 komentar

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#