Serunya Liburan Keluarga ke Taman Safari Prigen Jawa Timur

Selamat datang di Taman Safari Prigen

Saat sudah masuk ke Taman Safari dan bersiap melihat binatang beraneka satwa, hati sudah terasa deg-degan tegang, rasa campuur aduk. 

Kami pun disambut dengan Llama, Bison, Kalkun, Rusa Elk, Emu, Beruang coklat, Harimau benggala, Singa, Orang utan,  Black buck, Rusa Timor, Beruang madu, Grant’s Zebra, kambing gunung, unta punuk satu, Gajah Sumatra, dan lain-lain.

Llama jalan tepat di depan mobil kami



Di antara kebun binatang di Indonesia, kebun binatang yang satu ini menawarkan konsep yang berbeda. Jika biasanya hewan-hewan tersebut dikurung dalam kandang, justru di Taman Safari Prigen, hewan-hewan ini dibiarkan  bebas dalam habitatnya. 

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, maka Taman Safari menyediakan shuttle bus yang disediakan oleh pengelola bis untuk bisa melihat berbagai binatang.

Peta Taman Safari Prigen

Gimana pendapat  teman- teman tentang liburan? Apa liburan itu suatu yang harus diagendakan jauh hari atau mendadak? Setiap orang mungkin berbeda pendapat, ya. 

Tapi pastinya baiknya adalah kita bisa melihat ke bawah dan bersyukur karena kita bisa diberi karunia melihat kebesaran-Nya dengan bermusafir, dan melewati susahnya perjalanan yang jauuuh dan panjaaaang sekali, sehingga kita bisa bertadabur melihat kebesaran-Nya dan berzikir, bertasbih setiap melewati berbagai cobaan ketika di perjalanan. 

Terbayang kan perjalanan yang melelahkan ketika liburan? Namun seiring berganti dengan kebahagiaan ketika melihat wajah saudara ketika sudah sampai di tujuan. Berbincang banyak hal membuat hilang lelahnya. 

*

Jika di tahun lalu, yaitu awal Maret 2019, kami sekeluarga berlibur ke kota Batu Malang, Jatim Park 2 dan Museum Angkut

Maka tahun ini kami sekeluarga liburan ke kebun Binatang terbesar di Indonesia, di Taman Safari Prigen. Perjalanan dari Bandung tidak langsung ke Surabaya namun transit dulu ke beberapa tempat, seperti Cirebon dan Solo. 

Saat sudah masuk ke Taman Safari dan bersiap melihat binatang beraneka satwa, hati sudah terasa deg-degan tegang, rasa campuur aduk. 

Di Taman Safari Prigen, hewan-hewan ini dibiarkan  bebas dalam habitatnya. Wajib menutup kaca mobil dan dilarang memberi makanan kepada hewan disana ya, termasuk wortel. 

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, maka Taman Safari menyediakan shuttle bus yang disediakan oleh pengelola bis untuk bisa melihat berbagai binatang.

Singa di Taman Safari Prigen sedang berjemur

Ternyata ketegangan setelah menyaksikan hewan dari dekat itu saat melihat pintu itu dibuka dan hewan-hewan seperti Singa dan Harimau sedang duduk-duduk bersantai, tanpa ia mengejar-ngejar mobil yang lalu lalang. Mungkin mereka sudah jinak—batin saya. Kebayang kalau Singanya datang mendekat ke mobil. Hiyy. Serem. 

Ini dinamakan Safari Adventure yakni melihat berbagai macam satwa dari beberapa Negara di dunia, lengkap dengan habitat buatan. Safari adventure dibagi menjadi 3 kategori yaitu Satwa di Amerika, satwa Asia dan Satwa Afrika. 

Ketegangan itu mereda saat melihat kawanan rusa dan unta yang berkeliaran mendekat ke arah mobil –meminta makanan berupa wortel. 

foto keluarga dulu ciis

Tentang Taman Safari Prigen

Setelah satu jam menyaksikan hewan lebih dekat di Taman Safari Prigen dari dalam mobil, saya dan keluarga bermain di Wahana Permainan Taman Safari Prigen setelah sebelumnya memarkirkan mobil terlebih dulu.

Saya bermain roaler coaster yang saya pikir seperti di Dufan, namun ini roaler coaster mini. Saat bermain, saya rasa seru juga! Ada gajah terbang, Safari swinger, bumper car, Puri misteri, dan lain-lain.

Setelah berbagai wahana sudah dicoba selanjutnya melihat rumah hantu. Ngeri juga backsound suara dan serigala mengaum. Tapi Aska hebat mencoba. Kata Aska naik kereta gitu. Sebagai penyeimbang juga untungnya terakhir Aska coba  naik kereta api dan masuk terowongan yang ada T-Rex nya jadi tidak takut.

Dari semua wahana, saya paling suka dengan wahana kereta api yang ada terowongan dan ada T-Rex nya (simak video di bawah ini yaa.. mulai detik 18). Jadi wahana kereta api ada banyak, namun yang paling seru yang satu itu. Kami melewati lorong dan ada pemandangan seru sepanjang perjalanan seperti Dinosaurus, T-Rex, matanya dari lampu dan bergerak-gerak. 



Lalu ada ikon Negara-negara di dunia ada Spinx, ada di Mesir, Arab, Fir’aun, kebudayaan Indonesia wayang-wayang. Setelah dari terowongan bisa melihat burung,   kereta di atas atas, melintasi pemandangan indah, bisa melihat dari ketinggian agak ngeri juga rasanya.

Pada saat jalan-jalan di Taman Safari Prigen saya bisa menyimpulkan kalau pengunjung tidak sebanyak biasanya karena hari yang kami pilih week day jadi tidak terlalu ramai.

Sebelum jumatan, jam 11 siang ada pertunjukkan gajah juga lebih banyak di tribun tempat kami menonton. 

Pertunjukkan gajah di Taman Safari Prigen

Kemudian mengisi waktu bada dzuhur, kami berkeliling lagi ke Baby Zoo, dan melihat aneka satwa lain, sambil menunggu pertunjukkan  bird watching pada jam 13.30, yaitu edukasi kepada penonton tentang burung-burung pemangsa seperti Elang Rangkong, dan lain-lain. 

Pengalaman saat menonton pertunjukkan “bird watching” saya merasa excited karena burung-burung ini sigap, terlatih dan ketika makanan dipegang, bahkan dilepas, mereka menangkap umpan dengan mudah makanan yang diberi oleh penjaga dengan cepat. 

Tepuk tangan bergemuruh dari arah penonton. Penonton lumayan sudah banyak kebanyakan keluarga dan juga teman seusia Mahasiswa.

Sebetulnya saya ingin sekali melihat pertunjukkan Dolphin and Friends, sebuah pertunjukkan edukasi tentang lumba-lumba, sea lion, linsang, tapi pada saat kesana sedang tidak buka.  


Setelah seharian puas menjelajah berbagai macam permainan di Taman Safari, kami pun beristirahat di hotel yang dekat sekali dari Taman Safari, bahkan menyatu dengan kebun binatang tepat di kaki gunung yaitu Hotel Baobab Safari Resort.

Bagaimana pengalaman di Hotel Baobab Safari Resort? Bisa selengkapnya: Sensasi Menginap di Hotel Baobab Safari Prigen ya!  


No comments