5 Alasan Mengapa Anda Harus Tambal Gigi

pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut

Setiap orang tentu ingin tampil sehat dari sisi fisik dan juga keseharian. Tampil sehat bukan saja dari jiwa, tapi juga sehat dari fisik, termasuk diantaranya kesehatan gigi dan mulut. 

Jika gigi kita sehat dan juga wangi tentu untuk kenyamanan kita sendiri dan juga orang lain. 

Dulu, pada zaman SMA, saya mulai memilki kesadaran sendiri ingin gigi yang rapi dan juga bersih. 

Pada saat itu, saya mendapat perawatan bertahun-tahun  juga memakai kawat gigi untuk gigi yang lebih rapi. Jadi hal tersebut dinilai dari sisi estetis atau keindahan, sesungguhnya gigi rapi dan bersih juga sangat disarankan untuk kita selain dapat membersihkan gigi juga dapat mengurangi plak atau karang gigi, dan lain-lain. 


Masalah Pada Gigi dan Mulut  

masalah gigi dan mulut

1. Minder karena Gigi yang Kurang Rapi 

Sebelumnya sering merasa minder karena gigi tidak rata, dan meminta gigi untuk lebih rapi pakai kawat gigi. Siapa yang ingat dengan film Hometown Cha cha cha? Disana juga diceritakan tokoh anak kecil yang ingin juga memakai kawat gigi padahal anaknya masih SD. Hehehe... Kalau masih kecil kayaknya masih belum terlalu perlu. Atau bisa nabung dulu uang sendiri. Dan nunggu usia cukup dewasa dulu. Pasti deh ortu bakal ngizinin. Hehe... 

2. Sering sakit gigi (Gigi bolong atau nyut-nyutan)

Ke dokter gigi pas lagi sakit gigi atau tidak? Nah, kalau teman blog disini gimana, kapan biasanya ke dokter gigi? Pada saat sakit gigikah atau justru pada saat meradang sakit? 

Biasanya pertolongan pertama apa? Apa minum obat atau langsung ke dokter gigi? 

Di usia saya yang jelang 35 tahun, terkadang suka ngilu juga sebab banyak makan manis. Ternyata karena gigi tambal permanennya udah mulai mengikis. 

Baca selengkapnya: Perawatan Gigi, Scalling dan Dental Floss

Jadi sering teringat kalau Ayah saya di usia jelang 60 tahun sering mengeluh sakit gigi karena kebanyakan makan manis. Sudah ada alarm karena ada riwayat diabetes.

Banyak permasalahan gigi yang terkadang menganggu aktivitas sehari-hari seperti sakit gigi nyut-nyutan, gigi bolong, dan itu sangat perlu ditambal. 

Masalah gigi lainnya adalah:

3. Tambalan gigi yang sedikit-sedikit mengikis

Karena makanan yang terlalu panas dan juga terlalu dingin membuat gigi jadi sakit. Setelah bertahun-tahun meski tambal permanen atau sementara, tetap mesti dirawat dengan baik, sehingga tambalan harus diperbarui. 

4. Gigi yang patah atau retak

Pada kasus tertentu seperti gigi patah atau retak yang hanya tinggal akar, dapat juga dilakukan penanganan dengan menambal gigi tersebut. Beberapa waktu terakhir, putri saya pernah mengalami hal serupa dan akhirnya dokter mengusulkan menambal giginya dengan menambal dengan gigi dengan cara laser. Hal ini jadi membuat gigi anak saya seperti gigi biasa. Tambalan gigi seperti ini juga dapat dilakukan untuk orang dewasa dengan berkonsultasi dengan dokter.  

5. Karies gigi sering dialami oleh anak-anak

Umumnya anak-anak seringkali kalau tidak dijaga dengan baik, giginya akan karies. Hal ini karena  masalah umum lapisan luar gigi (email) rusak karena asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam plak. 

Untuk masalah ini, tambalan gigi digunakan untuk mengisi lubang yang dihasilkan oleh karies dan mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Agar gigi terus dalam kondisi sehat, kita perlu menjaga dan merawat gigi seperti rutin ke dokter 6 bulan sekali untuk cek keseluruhan gigi. 


Pengalaman Memakai Gigi Kawat 

pengalaman memakai kawat gigi

Jauh hari sejak tahun 2006-an, dari keinginan sendiri membetulkan gigi yang posisinya tidak beraturan terutama yang bawah. 

Akhirnya saya jadi lumayan sering rutin bolak balik ke dokter gigi sehabis pulang sekolah. 

Dari mulai tambal gigi, scalling, sampai akhirnya pakai kawat gigi. 

"Waktu dulu sekitar tahun 2008, saya pakai kawat yang lepas. Jadi setiap mau makan dan sikat gigi, saya lepas. Waktu dulu memilih yang kawat lepas karena harganya terbilang cukup murah. 

Lumayan pakai kawat lepas jadi jarang makan tau nyemil. Dulu inget pas pakai kawat tu berat badan saya mentok di 46-an. Pas zaman SMA. Hehe. 

Sejak sering ke dokter gigi saya juga diajarkan cara menyikat gigi yang benar, seperti menyikat gigi memutar. Dan kesadaran untuk menjaga sikat gigi dua kali sehari. Sikat gigi yang ideal kata dokter sehabis sarapan dan juga sebelum tidur. 

Kesadaran ini ya teruskan pada anak-anak sehingga gigi anak tampil bagus dan tidak banyak berlubang. 

Baca juga: Pengalaman Aska ke Dokter Gigi 

Baca juga: Serunya jalan-jalan ke Kidzania Profesi Anak

5 Alasan Mengapa Anda Harus Tambal Gigi

5 alasan mengapa anda harus tambal gigi

Tambal gigi biasanya direkomendasikan bahkan ketika gigi tidak sakit. Ini karena tambalan digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi sebelum masalah menjadi lebih parah. 

Tambal gigi penting untuk beberapa alasan:

1. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Jika gigi Anda memiliki lubang atau kerusakan kecil, tambal gigi dapat mencegah kerusakan lebih lanjut yang dapat menyebabkan rasa sakit atau infeksi.

2. Menghentikan Rasa Sakit

Jika gigi Anda terasa sakit karena lubang atau kerusakan, tambalan gigi dapat membantu menghentikan rasa sakit tersebut dengan memperbaiki area yang rusak.

3. Mempertahankan Fungsi Gigi

Tambalan gigi membantu mempertahankan fungsi normal gigi Anda, seperti mengunyah makanan dengan baik. Tanpa tambalan, kerusakan gigi bisa membuat sulit untuk makan dengan nyaman.

4. Mencegah Infeksi

Lubang atau kerusakan gigi dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak, menyebabkan infeksi. Tambalan gigi dapat mengisi lubang tersebut, mencegah bakteri masuk dan mengurangi risiko infeksi.

5. Mempertahankan Penampilan

Tambalan gigi dapat membantu menjaga penampilan gigi Anda. Tanpa tambalan, lubang atau kerusakan pada gigi dapat menjadi lebih besar dan memengaruhi penampilan gigi Anda.

5+ Mengurangi Sensitivitas

Jika gigi Anda sensitif terhadap makanan atau minuman dingin atau panas karena lubang atau kerusakan, tambalan gigi dapat membantu mengurangi sensitivitas tersebut dengan melindungi saraf gigi dari rangsangan eksternal.

Jadi, tambal gigi tidak hanya penting untuk kesehatan gigi dan mulut Anda, tetapi juga untuk kenyamanan dan penampilan Anda secara keseluruhan.

Memilih Perawatan Gigi di Klinik Gigi Damessa Family Dental Care 

Memilih perawatan gigi, seperti mencari jodoh, kita bisa memilih yang menurut kita bagus. Ada banyak keunggulan yang membuat kita memilih tempat perawatan gigi kita.


klinik gigi damessa depok


Kini hadir klinik gigi Damessa Margoda, Depok. Damessa Margonda baru dibuka Februari 2024 lalu dan termasuk cabang ke-13. Klinik ini melayani perawatan gigi anak dan dewasa setiap hari. Buka dari pukul 08.00 sampai pukul 21.00. 

Lalu apa saja kelebihan Klinik Gigi Damessa Margonda? 

1. Ditangani oleh Dokter Gigi Umum dan Spesialis Universitas Terbaik di Indonesia 

Di Damessa ditangani oleh dokter gigi umum dan spesialis lulusan universitas terbaik di Indonesia yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Di Klinik gigi, Anda akan menemukan spesialis Pediatric Dentist untuk perawatan gigi anak-anak, Orthodontist untuk perapihan gigi, Oral surgeon untuk intervensi bedah mulut, Endodontist untuk perawatan akar gigi, Prosthodontist untuk penanganan gigi tiruan, General Dentist untuk perawatan umum gigi, dan General Practitioner yang menyediakan layanan gigi umum dan konsultasi medis secara menyeluruh. Keberagaman keahlian ini memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan perawatan gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

2. Fasilitas Nyaman, untuk Anak Ada Playground Kids (Tempat Bermain)

Menengok ruang dokter gigi anak sekarang pun bersahabat. Ruangan ber-AC, dan tempat yang cozy. Dindingnya stiker lucu khas anak, warna pastel dan tokoh anak. Ada spot tempat bermain untuk anak dari mulai perosotan, mainan anak-anak, dan lain-lain.

3. Layanan lengkap dan Dokter Ramah 

Klinik Gigi Damessa siap melayani kamu dengan berbagai layanan treatment mulai dari Scaling, Tambal Gigi, Perawatan Syaraf Gigi, Behel Gigi, Veneer Gigi, Bleaching Gigi, Implan, Perawatan Gigi Anak, Gigi Tiruan, Crown Gigi, dan Pencabutan Gigi.  hingga permasalahan gigi yang kompleks seperti implan gigi.

Pelayanan lengkap, peralatan lengkap, dan dokternya pun ramah-ramah.

4. Anak Diberi Hadiah Mainan oleh Klinik Gigi Damessa 

Memilih dokter gigi di depok, bisa percayakan pada Klinik Gigi Damessa Margonda. Yang spesial di klinik Damessa, anak-anak diberi oleh-oleh mainan lho. Waah, asik. Jadi ke dokter gigi hal yang ditunggu dong ya, karena dapat gift atau hadiah. 

5. Harga Bersahabat 

Rate harga nya pun masih bersahabat, untuk penambalan gigi mulai dari 400.000 per gigi tergantung besar kecilnya lubang. Selain itu untuk Scalling gigi 30.000 tergantung dari banyak tidaknya karang gigi.  Ada, garansi tindakan berlaku 1 minggu pasca tindakan tanpa dikenakan biaya.

Untuk pembayaran ada yang bisa dicicil, khusus pada tindakan tertentu, contohnya gigi tiruan dan orthodontik.

Selain di Margonda, ada pula klinik gigi damessa tersebar di Bekasi, Bogor, Depok dan Tangerang Selatan. Alamat Margonda ada di jalan Margonda No. 297 Kota Depok, Kecamatan Beji.

Untuk tahu update klinik gigi Damessa bisa follow instagramnya @damessa.dentalclinic. Selain info update dari klinik Damessa, ada juga tips perawatan gigi, promo, dan lainnya. Yuk kita terus jaga kesehatan gigi dan mulut kita. [ ]



No comments