Pijat Nifas Pasca Melahirkan Secara Caesar

Tuesday, October 16, 2018

Pijat Nifas Sehabis Lahiran Cesar, Bolehkah? 

Pernah dengar kalo melahirkan cesar belum boleh dipijat dulu?

Nah, itulah yang pernah saya dengar juga ketika pasca melahirkan anak pertama (sekitar 4 tahun yang lalu). Ga boleh dipijat pasca lahiran cesar.. hiks..

Alhasil saya baru dipijat ketika si Kecil sudah berusia 6 bulan. Dan rasanya waktu itu otot-otot di kaki udah tegang semua, sarakit sebadan, hehehe. Kata ibunya bagusnya dipijet tapi kalau 6 bulan pasca melahirkan mah kelamaan. Hehehe...

Nah, di kelahiran anak ke-2 ini saya mulai ingin coba pijat nifas. Dan saya bertanya-tanya, bolehkah dipijat pasca lahiran SC?

Lalu setelah usia Azki sebulan, saya sudah reservasi ingin pijat nifas. Di hari ke-30 saya masih haid kadang banyak, kadang sedikit, kadang ga ada. Seringnya saya panas dingin itu keringet dingin kayaknya karena nifasnya belum beres-beres.

Tapi saat saya lagi nulis ini badan saya udah enakan pisan alhamdulillah seringnya keluar keringat dinginnya.

Batas nifas itu 40 hari, tapi ternyata batasnya itu sampai 60 hari juga masih gapapa. Mudah-mudahan bisa bersih haid nifasnya. Udah kangen shalat, tilawah, sama yang lainnya.

Akhirnya saya berniat ingin bisa ke Hepimomi, Baby Spa dan Hypnobirthing Bandung. Tapi suami ga bisa antar saya ke Padalarang, dan alhamdulillahnya Hepimomi punya Home Treatment jadi bisa dipanggil ke rumah (dengan kita biayai transportnya).

Pengalaman Pijat Nifas
Saya pun pijat nifas, dengan aroma therapy bunga Kenanga dan dengan pijat menggunakan minyak zaitun dicampur lemon 2 jam lebih saya dipijat, sambil dipijat juga ada musik instrument jadi nyaman. Sampai gak kerasa udah dipijat 2 jam lebih. Hehe.

Ngobrol-ngobrol dengan Mbak-nya ternyata beliau pernah kerja di tempat saya melahirkan. Jadi nyambung banget ngobrolnya. Saya juga tanya-tanya tentang keluhan yang sering saya alami seperti pegal di lengan kanan atas.

Kata Mbaknya memang lengan kanan atas saya itu keras banget. Jadi mesti dipijat-pijat biar ga tegang ototnya. Selain itu bagusnya abis itu dikasih krim panas atau salonpas semacam itu. Saya mesti coba nantinya...

Pengalaman pijat nifas bagi saya yang melahirkan secara cesar ternyata PUNGGUNG DIPIJAT JUGA, lho! Mematahkan pandangan saya selama ini kalau habis lahiran SC jangan dipijat punggung. Malah PALING LAMA ITU PUNGGUNG DIPIJATNYA.. hehehe.


Tapi memang TIDAK dipijat bagian perut (ya iyalah masih sakit dan masih ada bekas parutan cesarnya hiks) dan PD pun ngga. Jadi murni PUNGGUNG, KAKI dan TANGAN DIPIJAT (kepala ngga).


Manfaat Pijat Nifas yang saya rasakan: 

  • Pijat punggung, tangan, kaki untuk Melancarkan peredaran darah dan otot yang kaku.
  • Pijat punggung untuk memperlancar ASI. 
  • Pijat untuk memperlancar nifas..
  • Merelakskan diri 

Disarankan untuk tidak mandi dulu setelah pijat karena pori-pori sedang membuka.

Terimakasih Hepimomi. Senang rasanya bisa pijat nifas. Jadi pasca melahirkan SC pun gapapa dipijat kok. Rasanya beberapa jam bahkan beberapa hari setelah pijat, hal yang saya rasakan banyak banget faedahnya diantaranya:

  1. Haid nifas langsung banyak, padahal biasanya sedikit.
  2. Keluar keringat dinginnya.
  3. Lebih segar,
  4. Enak ke badan.


Mau pijat nifas juga?
Bisa reservasi di Hepimomi Baby and Kids Spa, Pregnancy & Lactation Message serta Hynobirthing. Cek IG: @hepimomi

You Might Also Like

13 komentar

  1. Yah teteh aku udah 6 bulan pisan dulu mau pijat minim info takutnya kenapa2 abis sesar dipijat hahaha jadi pengen pijat juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh, tapi sekarang jadi lebih tau dari bidannya pun ga ngelarang buat pijat.. ada teknis pijat khusus buat busui nya juga jadi memperlancar ASI alhamdulillah ^_^

      Delete
  2. Saya dulu juga pijat nifas tapi sama paraji hiihi dulu belum happening nih tempat pijat ibu dan anak gini hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paraji juga ahlinya.. seneng deh dah dipijit ya teh ☺️

      Delete
  3. Wah di Padalarang? Kok saya nggak tau ya hihi duh mau pijat juga ah nanti, makasih infonya TehπŸ€—

    ReplyDelete
  4. Anakku operasi sesar, info ini akan kusampaikan padanya. Nuhun pisan.

    ReplyDelete
  5. Wah asik ya, Teh. Dapet terapis yang 'alumni' tempat melahirkan. Beneran jadi nyambung. Sehat selalu, ya

    ReplyDelete
  6. Sedih ih, wkt itu pgn dipijat jg, tp ga berani huhu...

    ReplyDelete
  7. Oh, bisa ya yang melahirkna secara SC dipijat juga? Gak sama kayak pijat yang biasanya kayaknya, ya. Kudu yang ahli. Btw, aku seneng deh saat abis melahirkan dipijat. Seger di badan. Yang asalnya pegel2 jadi enakan. Tapi kalo dipijat bagian perutnya, ngiluuu. :D

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya sekarang udah banyak layanan home treatment yg membantu sekali. Tq infonya teh sri. Btw di daerah bandung utara ada juga ga ya jasa pijat nifas kyk gini?

    ReplyDelete
  9. Aduh enak banget emang abis lahiran dipijat. Terus ASI juga jadi lancar.

    ReplyDelete

Beautynesia Blog

beautynesia blogbeautynesia

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#