REVIEW: BEKAL SUKSES MENYUSUI UNTUK GENERASI STANDAR EMAS


Sebuah catatan 
TALKSHOW AIMI JABAR: 
BEKAL SUKSES MENYUSUI UNTUK GENERASI STANDAR EMAS
Minggu, 21 Desember 2014
Bober Cafe, Jl. Sumatera No. 5 Bandung


Alhamdulillah dapat kesempatan ikut acara AIMI Jabar jelang hari Ibu besoknya 2014. Acara yang inspiring! :)

Senang bisa bertemu dengan ibu-ibu yang mendukung penuh pemberian ASI pada bayi, dapat ilmu yang banyak.. bagi ibu muda seperti saya penting pencerahan seperti ini agar tidak salah langkah.

Pagi-pagi bersiap berangkat bersama abi pukul 8 pagi. sampai di Bober Cafe jam 9 pagi, dan baru akan dibuka acaranya. Acara pertama adalah talkshow tentang cara menyusui yang benar.
Dokter pertama yang memberi penjelasan yakni dokter Frecillia Regina.

Beliau menjelaskan tentang cara menyusui yang benar yakni dengan mendekatkan bayi pada payudara ibu, bukan kita yang deket ke bayi karena malah akan membuat posisi ibu bungkuk.

Selain itu, ibu yang menyusui akan berhasil 100% kalau mendapat dukungan dari suami 50% dan dari semangat ibu sendiri sebesar 50%.

Prinsip ASIP di freezer dapat dimanfaatkan sebagai cadangan dan manakala ibu sakit. Dr. Frecil menjelaskan sebaik mungkin yang diberikan kepada bayi adalah ASI sefresh mungkin. Perhatikan pula pertumbuhan bayi agar terlihat bila ada masalah. Superfood itu ASI!

Materi kedua diberikan oleh Mbak Amanda Pingkan Wulandari. Saat bayi telah menginjak 6 bulan, baru boleh diberikan makanan dan minuman pendamping selain ASI. Untuk awal, bayi dapat diberikan bubur (halus dan kental) jangan diblender. kasian bayi mencernanya kesulitan.

Bayi dapat diberikan makanan ikan saat telah berusia satu tahun. Hati-hati memberikan gizi berlebih pada bayi karena akan menyebabkan obesitas di kemudian hari.

Beliau juga menjelaskan bahwa bayi setelah diberi asupan gizi makanan dan minuman, tentu harus diseimbangkan pula dengan olahraga. Olahraga apakah yang cocok untuk anak seusianya?

Ternyata dengan bayi memegang sendok kemudian membuat berantakan adalah termasuk olahraga yang dapat merangsang motorik kasarnya. Sehingga hindari memarahinya.

Selain itu, ketika bayi yang telah dapat berjalan dan mengayuh sepeda, dengan kayuhan sepedanya itu dapat memperlancar pencernaannya.

Pada usia bayi 6 bulan, berikan minum setelah dia makan. Berkreasilah memasak untuk bayi anda. Selamat masak! Salam MP-ASI.

Untuk Dede Aska tiga bulan lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Ustadz Hanan Attaki, Founder Pemuda Hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Ustadz Evie Effendi, Berdakwah secara Asik, Unik, dan Pantun yang Memikat Hati

3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Total Pageviews

Muslimah Blogger Community

Blogger Perempuan