Amalan Khusus Kehamilan

Tuesday, March 13, 2018

Amalan Ibu Hamil

Kemarin, saya ikut Kulwap Amalan Kehamilan oleh Mbak Amanda Kurniasih. Beliau lulusan Magister Keperawatan UNPAD 2014, setelah sebelumnya lulus Program Studi Keperawatan UGM 2008. Karya beliau yang sedang launching yakni Jurnal Kehamilan Muslim.

AMALAN KHUSUS KEHAMILAN
Mbak Manda memulai kulwapnya dengan mengatakan tidak ada doa khusus atau dzikir khusus untuk ibu hamil, baik dari dalil Alquran maupun hadis yang shahih. Kita membutuhkan dalil untuk bisa menyatakan bahwa ada doa atau dzikir yang khusus dibaca oleh ibu hamil. Tanpa dalil, kita tidak boleh menegaskan demikian.

Daripada mengamalkan amalan yang kita anggap ibadah ternyata bukan dan tidak dicontohkan Rasulullah saw., lebih baik kita melakukan  yang harus dilakukan orang tua selama kehamilan, yaitu:

  1. Banyak berdoa memohon kebaikan bagi janin yang dikandung. Doa orang tua bagi anak termasuk doa mustajab, terutama doa ibu.
  2. Semakin mendekatkan diri kepada Allah & menghindari maksiat. Agar Allah menurunkan keberkahan bagi masa hamil. Seperti: tidak membuka aurat, menjauhi kesyirikan, dan merutinkan sunnah-sunnah.

Contoh-contoh sunnah yang dapat dirutinkan adalah:
1. Dzikir pagi petang
2. Shalat duha
3. Shalat tahajud
4. Shalat rawatib
5. Membaca al quran
6. Sedekah dimulai dari yang dekat (daerah dan tempat tinggal)

Contoh-contoh syirik semasa kehamilan:
1. Memakai bengle (peniti atau gunting) untuk mencegah mala petaka pada ibu & janin
2. Tidak mau membunuh binatang karena percaya dapat menyebabkan janin cacat
3. Tidak menjahit pakaian karena percaya janin akan berbibir sumbing
Dan sebagainya. Itu semua syirik = dosa = tidak boleh dipercaya.

Ada kabar gembira untuk anti dan juga mbak-mbak shalihah lainnya yang pernah keguguran..
Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, Nabi saw. bersabda,

وَالَّذِيْ نَفْسِيْ بِيَدِهِ إِنَّ السِّقْطَ لَيَجُرُّ أُمَّهُ بِسَرَرِهِ إِلَىْ الجَنَّةِ إِذَا احْتَسَبَتْهُ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, sesungguhnya janin yang keguguran akan membawa ibunya ke dalam surga dengan ari-arinya Apabila Ibunya Bersabar (atas musibah keguguran tersebut).” (HR Ibnu Majah 1609 dan dihasankan al-Mundziri serta al-Albani)

TIPS Menanti kehadiran anak

Dari perjalanan spiritual tersebut, Kak Manda memberikan tips *menanti kehadiran anak* dengan penantian yang terpuji, ialah:

1. Luruskan niat dalam memiliki keturunan
Luruskan terus niat yang ada dalam hati, bahwa memiliki keturunan itu karena Allah semata, agar mampu menjalankan sunnah memperbanyak umat islam, agar meneruskan keturunan, dan agar memiliki anak shalih shalihah.

2. Mulai dengan menyebut nama Allah dan berpasrah dari awalnya
Pasrah itu identik diakhir. Padahal, pasrah itu berada diawal, diproses, dan diakhirnya. Cermati arti dari ayat “iyya kana' budu wa iyya kanasta'in” bahwa: memang hanya Allah, Tuhan yang berhak disembah, dan Hanya kepada Allah lah tempat Memohon pertolongan.

3. Perbaiki hubungan dengan Allah Azza wa Jala. 
Perbaiki dari segi yang WAJIB dahulu, tauhid & akidahnya, mentauladani Rasulullahnya, wudhunya, shalatnya.  Jangan lupa kewajiban utama istri, TAAT kepada suami kecuali dalam kemaksiatan.
Bila kita sedang malas atau sakit yang tidak berat, bila suami "meminta" sambutlah dengan hangat. Mungkin Disitulah letak bertambahnya ridha beliau terhadap kita.

Yang insyaallah akan memperlancar Ridha Allah, sehingga disegerakan memiliki keturunan.

4. Berdoa dengan doa yang dicontohkan. 
5. Memperbanyak melafazkan istighfar 

Kesuburan rahim apabila haid teratur dan rutin bisa diketahui dari penghitungan masa subur. Alhamdulillah ini juga ada di Jurnal Kehamilan Muslim, ada kalender haidnya juga.
Kemudian apabila haid tidak teratur dapat menggunakan beberapa cara berikut:
1. Cek Suhu Tubuh
Saat ovulasi, suhu basal tubuh (SBT) atau basal body temperature (BBT) akan meningkat. Oleh karena itu, penting unt selalu mengukur SBT setiap pagi dalam beberapa bulan untuk memantau pola yang spesifik.

Ukur SBT sesaat setelah bangun pagi dan catat hasilnya di kalender khusus yang mudah dijangkau. Agar hasil pantauan SBT akurat, sebisa mungkin ukur SBT Anda di jam yang sama setiap harinya.
Sebelum bangun dari tempat tidur, baca kembali hasil pantauan SBT untuk mengantisipasi kemungkinan ovulasi di hari itu.

Normalnya, angka SBT akan selalu stabil di awal siklus haid, lalu menurun tepat sebelum masa ovulasi dimulai.

Ketika wanita sedang ovulasi (masa subur), meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh menyebabkan SBTnya turut melonjak.

Jika sedang merencanakan kehamilan, waktu yang paling dianjurkan untuk HB adalah *dua hari sebelum ovulasi – tepat sebelum suhu tubuh Anda meningkat.*

Sperma membutuhkan waktu untuk membuahi sel telur; akibatnya, jika HB tepat di hari ovulasi, maka bunda hanya memiliki kemungkinan sekitar 5% untuk hamil.

2. Perhatikan lendir rahim
Setiap bulan, vagina akan mengeluarkan cairan berupa lendir leher rahim. Warna dan tekstur lendir leher rahim sangat bergantung pada kondisi hormon pada saat itu. Ketika ovulasi, lendir leher rahim akan berubah menjadi lebih encer dan jernih. Selain itu, teksturnya juga licin dan mulur seperti putih telur mentah.

Sementara itu, warna lendir leher rahim di hari-hari selain masa ovulasi cenderung putih keruh dengan konsistensi yang beragam.

3. Menggunakan alat untuk mendeteksi ovulasi (ovulation predictor/tes kit) ada dua macam yaitu tes lendir rahim atau tes air liur.

Sumber materi amalan kehamilan
- Islamic Parenting
- Untukmu Anakku
- konsultasisyariah.com
- muslim.or.id

Melahirkan 2 kali dengan Riwayat SC dan akan melahirkan anak ke-3

Penanya bertanya: Beliau perempuan berusia 35 tahun, untuk hamil ke 3 dengan riwayat 2 kali SC. SC terakhir 3,5 tahun lalu. Kondisi obesitas. Selain itu semua sehat Insya Allah ga ada masalah.
Perawat Manda Menjawab: Secara medis, batas aman melahirkan dengan operasi sesar adalah 3 kali dengan jarak kehamilan terhadap persalinan sebelumnya minimal 2 tahun. jadi melahirkan dengan operasi sesar adalah 3 kali saja. Tidak boleh lebih. Dan dengan jarak minimal 2 tahun.

Untuk Obesistas, ini tidak aman bagi semua, tidak hanya bagi yang sesar saja. Sebab, dengan obesitas kelancaran nutrisi ke janin menurun, sebab darah ibu dipenuhi dengan lemak tak baik. Tapi saya ga sebutkan disini ya, barangkali ada yg sedang hamil. Ibu hamil baca yang positif-positif saja.

Caranya diet, diet sehat untuk Ibu hamil.
“Tetap makan hanya saja kurangi porsi karbohidrat dan yang manis-manis.”
Misal dalam 1 kali makan
- 20% karbohidrat (nasi, roti, dll)
- 30% protein
- 50% sayur dan buah
“Camilan adalah buah non lemak (hindari alpukat).” >> hindari alpukat.
Lalu olah raga rutin 4 kali seminggu dengan jeda 1 hari setiap latihan.
Bisa lari (treadmill), renang atau lainnya.

Bagaimana dengan ibu hamil yang kurang suka sayur?
Kalau buat Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak dalam masa pertumbuhan sangat baik bila makan-makanan tinggi protein.
Sayuran dimakan secukupnya.  Bila menurut saya, bisa seperti ini komposisinya
Karbohidrat 20%
Sayur 20%
Buah 10%
Protein hewani 30%
Protein nabati 20%
Yang penting, Apapun makanannya, minumnya AIR PUTIH.

Mual dan Muntah saat Kehamilan 
Kehamilan itu khas dan spesial. Kalau mual dan muntah tersebut tidak menyebabkan kesakitan berlebih, flek, atau kontraksi yang menyakitkan insyaallah aman.

Bila dirasa mengganggu bisa diredam dengan teknik-teknik relaksasi, misal
- membayangkan hal-hal indah dengan pasangan
- menonton film kesukaan
- membaca buku kesukaan
Atau istirahat tiduran.

Perlu diketahui, bertambahnya berat badan tersebut tidak hanya untuk bayi tapi juga untuk kebutuhan-kebutuhan bayi lainnya, misalnya:
- plasenta atau ari-ari
- air ketuban
- otot-otot payudara
- rahim yang membesar
- aliran darah
- cadangan lemak untuk persiapan melahirkan dan menyusui

Apalagi berat 2,9 kg itu normal. Ini berat normal janin adalah diatas 2,5 dan kalau bisa dibawah 3 kg yaa, agar persalinannya lebih mudah.

Penambahan berat badan normal untuk berat badan ideal sebelum hamil adalah 7-11,5 kg. Apabila BB berlebih maka penambahan berat hanya 5-9 kg. Bila kurus maka bisa 12-17 kg. Saya ambil dari panduan antenatal care dari queenland goverment 2017 yah.

You Might Also Like

0 komentar

Beautynesia Blog

beautynesia blogbeautynesia

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#