Event KEB X ProPS: Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan oleh Ilona Juwita

Sunday, February 17, 2019

Mbak Ilona Juwita memberi materi
 Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Hari Sabtu lalu (9/2), saya berangkat dari Cileunyi menuju Bandung untuk mengikuti event KEB yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-7.

Saya semangat sekali untuk hadir di event ini karena ingin tahu banyak tentang cara memaksimalkan pendapatan iklan dari blog. Alhamdulillah saya bisa hadir tepat waktu. Untuk Aska dan Adzki, saya titip ke suami. Makasih pak su dan Mama.

Tak sendiri, kali ini KEB berkolaborasi dengan ProPS Google Channel Partner.

Memilih tempat duduk, saya pun menempati tempat duduk dekat jendela. Gak berapa lama saya punya teman sebangku, karena satu bangku panjang berisi tiga orang, saya sebangku dengan Mbak Shanty dan Mbak Malia Siza yang baru saya kenal di event tersebut.

ProPS membantu memaksimalkan pendapatan blog 

Sebelum ke materi, saya jelaskan terlebih dulu tentang ProPS. ProPS adalah Google Channel Partner.

ProPS dapat membantu kita meningkatkan pendapatan dengan Google's Monetation Solution.  

Melalui Google's Monetation Solution, Props juga dapat memaksimalkan potensi dari klien sehingga mereka dapat berkembang melebihi potensi pendapatan. Yang dapat meningkatkan kualitas, niche, segmen pembaca dengan double click Ad Exchange.

Mbak Mira Sahid sedang membuka acara

Acara dimulai oleh MC, Raja Lubis dan sebagai pembuka oleh Mbak Mira Sahid selaku Founder KEB. Mbak Mira mengatakan bahwa para emak KEB bisa berkembang di kota masing-masing. “Agar kita bisa dikenal oleh orang-orang, maka spesifikasi itu penting, sehingga mempunyai follower yang loyal.”

Mbak Mira juga menambahkan, “Story telling itu penting. Seperti foto di instagram yang captionnya hanya love, kalah jauh dibandingkan dengan gambar yang bercerita.”


Tak lama materi pun dimulai oleh CEO ProPS, Mbak Ilona Juwita. Materi yang beliau sampaikan yakni "Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan". Salahsatunya blog yang sudah terpasang Google Adsense, maka akan mendapat pendapatan jika di klik.

Mbak Ilona menanyakan pada peserta berapa penghasilan setiap harinya dari ngeblog? Rata-rata jawabannya beragam. Saya pribadi, paling banter sebulan itu dapat 10.278, dengan view sebulan 6500-7000 view.

Pengalaman memasang Adsense 

Dapet email pertama kali diterima Adsense. Horeee!

Jadi ingat, pada saat mendaftar Google Adsense, cukup sulit juga. Pada saat mendaftar Google Adsense, blog yang didaftarkan harus banyak viewnya dulu. Alhamdulillah waktu itu saya viewnya sudah 130.000-an, dan bisa lolos.

Baca selengkapnya: Mau dapat penghasilan dari Nge-Blog? Yuk daftarkan Blog ke Google Adsense

Horee, surat dari Google nyampe ke rumah! 

Situs saya sudah bisa terhubung ke Adsense pada akhir Agustus 2017. Bisa memasukkan data pribadi, kemudian menerima surat dari Google dikirim ke rumah kita. (Hal ini untuk memastikan data kita valid). Duh, senangnya dapat surat dari Adsense (padahal uang belum cair juga, hehe.)

Oya, di surat Google yang dikirim ke rumah, ada nomor PIN yang mesti diisi, dan ada identitas yang mesti diverifikasi. Serta ada pemberitahuan dari Google, bahwa uang bisa cair jika sudah diambang batas, yakni 1.3 juta.

Setelah setahunan memakai Google Adsense, harap bersabar ya!

Agar cepat cair maka kita mesti meningkatkan kulitas konten kita, sehingga view akan semakin banyak lagi, dan dana bisa cair. Ada yang pernah cepat cairin uang dari Google Adsense?

Berlanjut ke materi..

Ternyata, kata Mbak Ilona ada yang lebih menguntungkan lho, yaitu Google Ad Exchange. Jadi, jika menggunakan Google Ad Exchange, terlihat saja gambar iklannya, sudah dapat income (tanpa harus di klik lho, ya!). Jelas menguntungkan, kan.

Monetasi ala blogger 

Monetasi adalah mendapatkan pendapatan dari blog sebagai passive income dengan memasang iklan untuk mencari uang lewat internet.

Cara monetasi bisa banyak, dari mulai “berjualan produk digital” (e-book, online course/web training, dan workshop, dll). Cara monetasi lainnya juga yakni lewat “iklan” (ad placement dengan format, banner, text, native, link ad, serta direct and indirect). Selain itu monetasi bisa lewat content marketing, social influencer, serta affiliate link.

Lewat social influencer yakni social media post (endorse), speaker, consultant and trainer. Serta affiliate link, yakni menempatkan link affiliasi produk pada blog dan mendapat komisi ketika terjadi pembelian. Saya sudah cukup mengerti karena pernah dapat materinya. Saya pernah melakukan affiliate link.

Platform monetasi iklan yakni

  • Google Adsense “Pay per Click” (CPC). Advertiser membayar atas setiap klik yang terjadi pada iklannya.
  • Google Ad Manager Double Click Ad Exchange yakni “Pay Per Impression” (CPM). Advertiser membayar atas setiap iklannya yang terlihat.

Kesalahan meng-klik iklan di blog sendiri 
Mbak Ilona juga menjelaskan tentang kesalahan-kesalahan kita saat memasang Google Adsense, yaitu salah jika persepsi kita biar tiap hari banyak di klik, terus aja kita klik sendiri, padahal google tahu, karena itu dari sumber yang sama, cookies yang sama, ip yang sama (antara blogger dan pengunjung). Jadi jangan lagi ya, ngeklik iklan sendiri.

Menempatkan iklan 
Yang jadi PR adalah menaruh iklan di tengah artikel. Mbak Ilona menyarankan agar tidak perlu menaruh iklan di side bar. “Pilih template yang look-nya bagus.”

Mbak Ilona juga menjelaskan optimalisasi platform monetasi:
1. Pastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas
2. Pastikan penempatan iklan berada di area keterlihatan tinggi
3. Pastikan setiap slot dapat menampilkan berbagai size
4. Google menawarkan berbagai tipe iklan

Membuat Konten menarik untuk Global Audience

Bagaimana membuat konten yang menarik untuk Global Audience?
  1. Tentukan target audience (Penduduk Negara berbahasa inggris? atau Penduduk Negara dengan bahasa lain?) Agar konten kita tidak hanya dibaca di dalam negeri, maka kita bisa targetkan tulisan kita yang bisa dicari oleh mancanegara itu apa. Bahkan tentang budaya, atau tempat liburan di Indonesia jika dituliskan dengan meminta penerjemah sekali-kali maka itu juga bisa mempush pembaca kita. 
  2. Produksi konten yang “evergreen”
  3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience.
  4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
  5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur) karena setiap Negara memiliki istilah berbeda.
  6. Ketika menggunakan image, pastikan Jadi menempatkan link affiliasi produk pada blog dan mendapat komisi ketika terjadi pembelian.
  7. SEO. Manfaatkan keywords yang populer di Negara tersebut untuk kemudian ditempatkan di konten yang relevan
  8. Gunakan jasa translator dan berikan akreditasi
bersama Emak KEB dan ProPS (dok. Adrian ProPS)

Acara KEB X ProPS sangat berkesan bagi saya, karena bisa ningkatin pengetahuan saya tentang dunia Adsense dan jadi motivasi untuk lebih baik lagi. Secara keseluruhan acara berjalan baik, on time, dan menyenangkan. Tempat di Ngopi Doeloe jalan Purnawarman asik, makanan juga ok saya pesan ayam lada hitam yummy, dan kudapannya juga enak-enak.

Sambil makan juga bisa ngobrol banyak sama Teh Shanty dan Teh Maila Siza padahal baru sekali ketemu tapi kayak udah lama kenal. Happy bisa silaturahim sama temen-temen KEB Bandung dan ProPS. Sukses selalu KEB dan ProPS!

You Might Also Like

37 komentar

  1. Paling ganggu memang kalua ada iklan di tengah-tengah artikel jadinya mau buru2 aja close blognya.
    Seru ya belajar tentang blog dari Props

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi kemungkinan di klik nya lebih besar mba, saya pengen tapi masih nyari nyari kodenya. hehe

      Delete
  2. Ilmunya banyak banget mba, aku tulis di agenda ku ini tips2 nya biar lebih nyantol apalagi buat monetisasi blog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mudah mudahan target audience nya jadi lebih tersebar

      Delete
  3. Blogku baru diterima Adsense setelah permohonan yang kesekian kalinya. Saat mengajukan terakhir kali, saya udah pasrah aja mau ditolak lagi, ehhh ternyata malah diterima. Tapi sayang sampe sekarang belum tutup poin nih, baru setengahnya aja

    ReplyDelete
  4. Daftar adsense itu susah-susah gampang yaa, karena ada yang satu atau dua kali ngajuin udah diterima, tapi ada juga yang udah berkali-kali (seperti saya) baru diterima. Setelah diterima pun perjuangan masih panjang untuk bisa dapat hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jadi mesti enjoy ya mba.. nulis dengan hati sambil nulis kejar target biar cepet cair.. aamiin

      Delete
  5. Wah nambah ilmu tentang Adsense nih. Makasih ya Mbak udah share. Ada beberapa hal yang aku belum tahu seperti naruh adsense di tengah postingan. Sebenernya aku ini A BIG NO naro iklan di tengah artikel. Merusak aja gitu kesannya. Jadi aku taro menyingkir di side bar aja lah. Eh ternyata itu malah salah ya? Aku akan ganti kalau gitu. Mudah2an hatiku udah bisa plong naro iklan di tengah artikel. :)

    ReplyDelete
  6. Banyak peluang memang di bloger ini untuk menambah penghasilan. Dan sampai sekarang aku masih belum greget untuk nyoba affiliate link. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain mba. Sebenernya sama aja sih, cuma pendapatan kita ya dari orang ngeklik affiliate itu

      Delete
  7. Wah thanks banget for sharingnya mbak. Jadi nambah ilmu agar bisa lebih mengoptimalkan iklan adsedse. Soalnya meski udah diterima jadi publisher adsense pendapatan perbulan saya masih sedikit banget๐Ÿ˜… ya kalau kayak gitu gimana mau cairnya..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah mbk saya sudah bisa cairin uang dari adsense tapi sekarang wwbku di non-aktifkan padahal bukan spam hanya label search.. terimakasih mbk infonya mantul

    ReplyDelete
  9. Senangnya ikut acara ginian jadi tambah banyak ilmu. Adsenseku blm cair, perharinya aja masih dikit. Ini ngejar view dulu dan konten evergren juga

    ReplyDelete
  10. Aduuuh buat Ujame yang baru di dunia per-bloggeran ini penting banget.
    Makasih ya bunda Sri reviewnya, jadi bisa belajar dari sini :)
    Salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  11. Tip menulis konten untuk GLobal Audience itu penting banget ya, aku jarang nulis kecuali tema traveling bisa untuk seluruh dunia. APalagi di blog ku ada fasilitas translate juga

    ReplyDelete
  12. Banyak tips kereeen ya mba.. aku belum begitu serius nih dengan monetization of my blog. Tapi semangat terus belajar

    ReplyDelete
  13. Wah materinya kece banget ya mba..sangat penting bagi yg ingin memonetize blognya. TFs mba..

    ReplyDelete
  14. Ilmu baru lagi nih buat saya. Tentang penempatan iklan, saya juga setuju untuk ditempatkan di tempat yang pas. Saya suka terganggu dengan iklan yang posisinya sembarangan. Malah akhirnya saya gak jadi baca postingan tersebut

    ReplyDelete
  15. Wah, materinya menarik dan bermanfaat nih buat yg mau pny adsense. Aku sayangnya ga pny Google Adsense. Tp perlu dicatat jg nih biar nanti siapa tahu bs pny GA jg.

    ReplyDelete
  16. Ini keren, cara jitu optimalkan blog melalui iklan.
    Aku Pemain Adsens dari 2010, emang seru banget apalagi kalo pas PO dateng ambil uang ke kantor pos ato WU hahahaaa..

    ReplyDelete
  17. Sabtu kemarin mba ilona juga mampir ke Jogja, seneng yaaa mba dapat banyak ilmu seputar blogging dan adsense, walopun aku masih banyak gak mudeng sebenernya hahahaah

    ReplyDelete
  18. Eh kemarin aku ikut yang di Jogja dan jadi semangat nih pasang adsence di blog

    ReplyDelete
  19. Aaahh...ada double klik ad exchange yaaa... penasaran pengin tau caranya nih, agar kita udah bisa dibayar juga meski iklan kita hanya dilihat, tidak diklik. Semoga kapan2 KEB dan Props ini bisa hadir juga workshopnya di Semarang.

    ReplyDelete
  20. Aku membaca artikel ini dengan khidmat hhehe rencana nya nanti mau pasang adsense semoga diterima juga sepertk mba sri aamiin

    ReplyDelete
  21. Kangen banget ikut acara KEB duh kapan ya ikut event lagi. Btw untuk google ads aku masih belum sukses euy mungkin isi blognya iklan terus kali ya hehe.

    ReplyDelete
  22. Mupeng sama kegiatan KEB ini, pengen di Semarang atau Pekalongan diadain biar bisa ikutan heheheh
    Kangen ngangsu ilmu juga sama Mba Mira. Makasih sudah dibagi ilmunua mba Sri

    ReplyDelete
  23. Silaturrahmi berfaeah banget ya ini mak.. bisa sekaligus mendapatkan ilmu sebagai penunjang pekerjaan digital kita sebagai blogger.. aku belum paham tentang bagaimana bisa mendapatkan penghasilan lewat iklan di blog kita.. disatu sisi belum pede dan disisi lain belum tahu juga sih bagaimana caranya.. baca tulisan ini jadi semakin paham.. mmm dimulai apa nih hihi

    ReplyDelete
  24. Saya tuh baru masang adsene akhir2 ini kmrn2 gak terlalu minat wkwkwk. Akhirnya dipasangin tapi jg gk terlalu ngeh berapa yg bisa didapat. Coba ah ntr aku cek2. Jd pengen maksimalkan hal ini.

    ReplyDelete
  25. Ini sementara belajar gimana bisa me memonetize blog kak, tp dlu emang pnh klik iklan sendiri hahaha, untung aja gak di banned

    ReplyDelete
  26. Aku belum punya adsense, teh...
    jadi kemarin mau ikut tuh...maju-mundur cantik...Hiihi~

    ReplyDelete
  27. Aku bahkan lupa pasang adsense mba, atau udah pasang yah, gegara postingan ini jadi pengen lebih serius ini dengan adsense.. hikss

    ReplyDelete
  28. Aku dulu pernah apply adsense buat blog, tapi ga tau kenapa tiba-tiba ilang. Mau seting lagi malah gagal mulu hahaha. Wah asik ya sekaranga d google ad exchange, monetize blog jadi lebih simpel

    ReplyDelete

Beautynesia Blog

beautynesia blogbeautynesia

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#