Pengalaman Menyekolahkan Anak di PAS ITB (Pembinaan Anak-Anak Salman ITB)

Tuesday, February 25, 2020


"Ummi, Aska ingin sekolah lagi di Salman!"
Tiap kali ke Salman, Aska ingat pengalaman pertamanya sekolah di Salman. Sebetulnya bukan sekolah formal, duduk di kelas. Bukan. Ini sekolah di luar kelas, semua dilaksanakan di outdoor.

Aska masuk PAS ITB pertama kali usia 4 tahun. Sebetulnya mungkin secara sekilas bukan sekolah, karena rata-rata pengajarnya Mahasiswa, tapi begitu berkesan buat Aska. Soalnya lebih banyak main, having fun pokoknya.

Alhamdulillah semester ini Aska ikutan lagi, jadi TK iya, ikut PAS juga iya. Meski jarak jauh berangkat dari Cileunyi, alhamdulillah Aska semangat loh!

Apa saja keunikan sekolah PAS ITB? Yuk simak selengkapnya.
Pertama, Pengenalan pra sekolah untuk usia TK dan dapat ikut klub untuk anak SD.

Usia anak yang bisa masuk PAS ITB yakni mulai dari usia 3 tahun, TK, dan SD sampai kelas 6 SD.

Setiap angkatan jumlah adik PAS mencapai 150, dan nanti akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Adik TK dan SD dibagi menjadi banyak kelompok. 1 kelompok dipegang oleh sekitar 6-7 kakak PAS.

Ada juga kelompok klub sesuai minat yang menyenangkan untuk adik SD sehingga bisa terasah soft skillnya. Contoh Clubnya ada Club Survival, Club BIPP, Club eksport, Club Movie, Club Bocah Kreatif

Kedua, Fasilitasnya banyak, dan pembayaran registrasi murni untuk kegiatan adik-adik saja.
Untuk anak TK biaya nya Rp 385.000, sedangkan untuk anak SD Rp450.000 sudah termasuk seragam kaos, sertifikat, buku rapot, dan kegiatan harian tidak bayar lagi. Sebagai informasi,  kakak-kakak PAS ITB ini murni mengajar adik-adik tidak dibayar.

Biasanya akhir semester, Ayah Bunda sering urunan untuk memberi hadiah untuk kakak-kakak PAS. Tapi itu juga sesuai kesepakatan ortu jadi bener-bener terbantu dengan Kakak-kakak ini, karena biasanya anak-anak sering merepotkan dan ngejar-ngejar adik terus.

Ketiga, Pembelajaran di alam, juga ada kegiatan Outing dan Kemping seru 


Untuk kegiatan setiap minggunya, adik-adik PAS belajar di lapangan rumput Salman. Ada mentoring sosial, adik dibawa untuk membagi sebagian rezeki di sekitaran Salman. Selain itu nanti ada pekan outing 1 keluar misalnya ke tempat objek wisata. Waktu zaman Aska ke Natural Farm dan ada juga kegiatan semi kemping jam 16.00 sampai dengan jam 21.00.

Keempat, Terdapat kegiatan mentoring FOTA (forum orang tua PAS)

Kalau adik ada kegiatan bersama Kakak, nah orang tua juga ada pembinaan orang tua untuk mengeratkan ukhuwwah sesama ortu PAS juga materinya bermaca-macam. Dari semua pertemuan, orang tua juga diwajibkan ikut forum orang tua PAS dengan materi materi yang seru. Sering juga makan botram untuk orang tua bersama adik. Seru banget deh makanannya banyak. Ada juga grup kelompok, grup forum orang tua, jadi ada info-info penting tiap pekannya.

Kelima, Kunjungan kakak-kakak PAS ke rumah adik

Orang tua yang ingin dikunjungi kakak-kakak PAS juga bisa memberi tahu. Seperti semester 69 lalu, kakak-kakak PAS ke rumah Aska. Heboh pokoknya!


Catatan: Kegiatan PAS itu untuk pengondisian adik-adik senang belajar ya bunda. Jadi variasi kalau sekolah kan di dalam kelas, Kalau ikut PAS untuk activity anak, tapi ada belajarnya juga kok. Membuat kreasi bermacam-macam. Jadi PAS ITB untuk bermain yaa bukan untuk tempat belajar ngaji iqro ayah bunda. Kalau TPA baiknya pengajian sore di tempat masing-masing.Sekian penjelasan saya mengenai kegiatan di PAS ITB. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

1 komentar

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#