Penciuman Hilang, Sembuh Setelah Seminggu - Pengalaman Tes Antigen

Pengalaman tes antigen swab nasofaring negatif


Gak nyangka setelah satu tahun pandemi corona, saya ngalamin salah satu cirinya yaitu hilang penciuman. Tapi alhamdulillahnya pas cek antigen hasilnya negatif. 

Jadi saya udah hilang penciuman sejak tanggal 15 April 2021, alhamdulillah puji syukur kepada Allah hanya selang seminggu kemudian penciuman saya kembali.

Awalnya karena heran kok gak bisa mencium wangi minyak kayu putih kecium iya, tapi gak kecium banget. Jadi kayak yang jauh jarak wanginya. Padahal udah deket hidung. Kalau indra perasa makan alhamdulillah gak hilang sama sekali. Masih bisa ngerasa manis, asin, pahit, dan lain-lain. 

Keesokan harinya, pas tanggal 16 udah gak yakin sama diri sendiri. Kaget, campur perasaan takut, panik karena hilang penciuman sama sekali. 

Jadilah pak suami coba ngeyakinin saya sekali lagi. Bener gak bisa nyium. Saya jawab mantap, "Iya!" Jadilah tanggal 17 saya, suami dan anak-anak berangkat buat tes antigen. 

Di sana saya tes antigen spesimen swab nasofaring sama anak-anak nunggu sekitar 30 menit, jadi prosesnya daftar, isi biodata, udah langsung tes dengan alat dimasukin ke hidung udah deh nunggu. Yang lain banyak juga yang antri.

Tes antigen sendiri biayanya Rp 250.000 abis 1 juta. Wow. 

Alhamdulillah hasilnya cepet dan saya hasilnya NEGATIF. Suami dan anak-anak juga semua NEGATIF. Alhamdulillah. 

Jadi dapet saran-saran dari temennya abi yang kerja di RS. 

"Kalau antigen udah cukup akurat. Kalo swab pcr lama lagi. Kadang harus diulang untuk memastikan positifnya. Kalau positif, lapor ke puskesmas lagi. Jadi mesti waspada karena sekarang bisa terdeteksi terkadang 3-5 hari kemudian muncul."

Tips jaga diri di saat sudah badan tidak fit: 

  • Semua pakai masker, jaga jarak dan kontak fisik. 
  • Beli vitamin C 1000 gram untuk orang dewasa, minum semua. 
  • Sebelum tidur, minum madu biar tenggorokannya bersih.
  • Kalau nanti penciumannya hilang lapor aja ke puskesmas setempat untuk swab pcr lebih lengkap. Untuk orang dewasa yang masih muda daya tahan lebih baik insyaAllah. 
  • Kalau ada yang dugaannya kuat, vitamin C nya yang 1000 gram 2 kali saja pagi dan malam.
  • Amati semua keluarga selama sepekan pastikan sehat tanpa bergejala.
  • Berjemur 
  • Postif thinking, banyak istighfar, berdzikir tetap tenangkan diri


Setiap hari saya masih coba menghirup agar merangsang penciuman saya. Dari semua yang saya coba hirup dari minyak kayu putih, pewangi setrika, sabun mandi bahkan yang saya masak pun tidak bisa saya hirup. 

Lalu terbayanglah nikmat bisa menghirup wangi makanan, wangi parfum, dan wangi setelah ngepel. 

Saat Allah mencabut satu nikmat saja dari penciuman sebegitu berharga atau bernilai saat ia tak ada. Hari-hari berikutnya saya mengkonsumsi vitamin C pagi dan petang, bisa ngehirup kalau wangi yang strong kayak fresh care. 


Saya ingat awal penciuman broke itu saat wangi parfum kok rasanya baunya nyengat gak enak banget. Padahal jarak 1.5 meter. Tapi tiba-tiba penciuman saya fokus ke parfum yang lagi dipakein si Kakak ke baju adeknya. Dari itu saya sadar penciuman keknya hilang dari situ.

Sekarang gimana? 

Alhamdulillah pas tanggal 22 April tepat seminggu kemudian penciuman saya kembali dan seneng banget rasanya bisa mencium seperti sedia kala. Bisa cium wangi masakan pas lagi masak di dapur, bisa cium wangi sabun mandi, juga pas nyetrika bisa cium wangi baju setrika. 

*

Sedih banget setelah saya sakit batuk-batuk, trus Aska sakit demam, lanjut 2 hari kemudian Adzki dan Abang juga demam. Bener-bener bed rest di rumah gak kemana-mana, sedih pas liat  anak sakit. Total udah mau 2 minggu (14 hari) di rumah gak kemana-mana. Kangen silaturahim ke rumah ortu. 

Sedih juga liat suami udah terbaring 3 hari di rumah, alhamdulillah masih ada ibu mertua yang back up dan nemenin suami kalau malem sakit jaga. Sedang saya jaga anak-anak. Semoga cepet sembuh abi. 

Senang banyak doa dari temen-temen laa ba'sa thohuurun insyaAllah. artinya tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, insyaAllah. 



No comments