Juara Hafiz Indonesia 2021


Di tahun 2021 ini di Hafiz Indonesia ada yang berbeda, karena salah satu juri sudah meninggalkan kita. Sedih tahun ini di Hafiz Indonesia gak ada Syekh Ali lagi. 😭 Beliau wafat 14 Januari 2021 setelah sakit dan masih jelas terngiang di kepala saat beliau terluka ditusuk saat sedang ceramah oleh seseorang yang tak dikenal. Kita doakan semoga almarhum dapat diterima di sisi-Nya dan kita bisa meneruskan perjuangan beliau dalam mengajarkan dan mencintai Al Quran.

*
Aqeelah Juara 1 Hafiz Indonesia 2021

Juara Hafiz Indonesia 2021 

Dan Ramadhan tahun ini, Hafiz Indonesia 2021 kembali menemani masyarakat Indonesia. Di tengah santernya pandemik yang belum juga usai, top 24 peserta Hafiz Indonesia sudah melakukan serangkaian tes yang gak main-main dan protokol kesehatan yang ketat. 

Peserta Hafiz Indonesia yang sudah lolos 24 besar, diminta tes Swab Antigen sebagai salah satu syarat wajib sebelum ke Jakarta. Bukan hanya tes antigen saja, setelah peserta Hafiz Indonesia sudah tiba di Jakarta pun setelah sampai di Jakarta beristirahat dulu, dan keesokan paginya check up semua dan dilakukan swab PCR juga. Dari mulai pemeriksaan radiology untuk cek organ dalam, pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan ECG untuk mengetahui kesehatan jantung, juga ada pemeriksaan mata dan konsultasi gizi. 

Nah kali ini sebelum membahas kompetisi Hafiz Indonesia, kita akan perkenalkan dulu Juri musim ini yaa. 

Juri Hafiz Indonesia 2021 ada Syekh Ahmad Al-Misry, Abi Amir Faishol Fath dan Kak Nabila Abdurrahim.

Jika di tahun-tahun sebelumnya kita bisa melihat Syekh Ahmad Al Misry di layar kaca sebagai Qari pembaca Al Quran di Hafiz Indonesia, kini Syekh Ahmad Al Misry duduk di bangku juri menggantikan Syekh Ali Jaber Almarhum yang meninggal pertengahan Januari lalu. Yuk kita kenalan dengan Syekh Al Misry. 

Syekh Ahmad Al Misry


Syekh Al Misry merupakan Imam Besar Mesir, pendakwah, penghafal Al Quran dan memegang sanad keilmuan dalam berbagai bidang keagamaan.

Lulusan S1 Syariah Islam Al Azhar Mesir ini, sekilas kita akan melihat Syekh Al Misry ini murah senyum dan ramah. Wajah beliau juga familiar di televisi dan sering mengisi kajian Islam bersama Ustadz Muhammad Faizar di salah satu channel TV. Siapa yang suka ngikutin ceramah-ceramah beliau? 

Beliau juga menikah dengan perempuan Indonesia dan menetap di Indonesia. 

Tentang juri lain Kak Nabila Kak Nabila, juri hafiz Indonesia 2017, hafizah 30 juz, lahir dan besar di Mekkah, lulusan Syariah Ummul Qura’ Makkah, dan pernah menjadi guru tahfiz di Masjidil Haram.

Kak Nabila mengkritik dari segi bacaan dan memberi pemahaman kepada peserta sehingga peserta semakin paham tajwid dan teknik membaca. Sedangkan Abi Amir, ahli tafsir Al Quran. Beliau memberikan hikmah yang bisa dipetik dari ayat-ayat yang dibacakan peserta hafiz.

*

Tantangan apa saja dalam Hafiz Indonesia? 

Tantangan dalam Hafiz Indonesia yakni berbagai tantangan Istana Nabi Sulaiman yang ayat dan surat yang dipilih random. Lalu tantangan missing word, mengisi titik-titik ayat Al Quran yang hilang. 

Selain itu, ada juga tantangan harta Utsman berapa rupiah yang akan disedekahkan.Yang kalau menjawab semua benar, maka nilai dari jawaban dikali 5000 dan disedekahkan. Peruntukkan sedekahnya pun sudah jelas diberikan pada lembaga Quran.

Masih banyak yang lainnya seperti: tantangan ngaji bareng ayah, estafet Quran, aritmatika Quran menjumlah nomor dan membacakan ayat. Sampai Imla (Ejaan ayat Quran). 

Pada saat babak Musabaqah, selain juri tetap, juga ada juri tamu setiap harinya dan tantangan berbeda. Juri tamu misalnya Syekh Tayzen, dan ada juri tamu Syekh Makki syekh Ipin Upin, dan lainnya. 

Hafiz Indonesia juga mendatangkan tamu-tamu seperti Tiara, Novia, dan lainnya. 

Nah, kali ini saya akan membahas Hafiz Indonesia 2021. Jumlah peserta Hafiz Indonesia ada 24 dan saya akan mengulas profil peserta Hafiz Indonesia big 8, yaa. Bismillah 

Yuk kita kenalan dengan Peserta Hafiz Indonesia : 

1. Aqeelah 

Aqeelah


Aqeelah, Hafizah cilik dari Sidoarjo, Jawa Timur. Anak ke-1 dari 4 bersaudara. Sering ikut  lomba tahfizh maupun lomba akademisi juara Matematika tingkat provinsi. Aqeelah anak yang cerdas, jawab cepat, kritis. Kecil kecil masuaAllah tabarakallah.  Selain menghafal Quran, jago main rubik dan main make up belajar dari youtube dan mainnya sambil murajaah lho. 

Jadi sebenarnya Aqeelah ini kan sudah fokus Matematika, namun karena keinginan menghafalnya kuat maka dengan besar hati salah satu terpaksa dilepas yakni sekolah formal, dan memilih homeschooling dipilihkan yang terbaik. Ayahnya seorang iridiologi bisa melihat kondisi kesehatan seseorang dari melihat iris matanya.

Di panggung Hafiz Indonesia, Aqeelah juga sering ditantang tes matematika dengan metode aritmatika yang bikin juri kagum. Aqeelah mendapat penghargaan Ajwad "Terbaik Tajwidnya". Juga mendapat Juara 1 Hafiz Indonesia. Dapat hadiah uang tunai senilai 100 juta rupiah. Selamat yaa, Aqeela! 

Hafiz Indonesia tahun ini tidak ada hadiah umrah seperti tahun-tahun sebelumnya karena sedang pandemi. Semoga tidak bersedih ya.

2. Rayyan 

Rayyan Hafiz Indonesia 2021

Rayyan dan Yusuf mendapat pin faiz


Rayyan berusia 12 tahun berasal dari Tebo Jambi hafalan 8 juz. Rayyan anak bungsu dari 3 bersaudara. Kakak-kakaknya perempuan. Rayyan memiliki senyum khas, lucu, gemesin pokoknya kalau udah ngobrol dengan teman sebayanya.

Rayyan pernah tereliminasi saat tantangan Hafiz Indonesia, namun Alhamdulillah bisa masuk kembali saat tantangan untuk mendapat pin syafaat. Ini kali pertama saya denger suara Rayyan dan merasa wah bacaannya bagus, dan suara ngajinya juga membuat terenyuh. Malah sempat terbersit “Ya Allah, pengen punya anak laki-laki kayak Rayyan.” 

Pernah Kak Nabila nangis mendengar ayat tentang Mekah yang dilantunkan oleh Kak Nabila. Kak Nabila berkata, "Suaranya indah sekali." 

Ini asli.. pas dengerin Rayyan azan apalagi. Membuat saya terenyuh. Abi Amir mengungkapkan saat mendengar Rayyan azan, seperti mendengar azan di Mekkah Al Mukarromah, dan saya pun merasa seperti terngiang-ngiang terus di telinga. 

Simak disini ya video azannya.

Pada saat keesokan harinya bersama teman-temannya yang lain 8 besar, Rayyan menarik perhatian karena dapat jubah serta pin faiz. masyaAllah. Selamat Rayyan. Meski sering hampir di posisi tidak aman terus, ada perasaan saya mengatakan kalau Rayyan ini akan jadi 3 besar. Background Rayyan tumbuh dari desa membuatnya tidak terpengaruh pergaulan buruk dan “terjaga” dengan lingkungan Al Quran. 

Ayahnya seorang petani Karet. Ibunya pengajar Al Quran di Tebo, Jambi. Anak-anak lain pun banyak yang belajar mengaji pada Sang Bunda. Bahkan Rayyan ditawari oleh Syekh Al Misry mendapatkan pendidikan SMA dan kuliah di Mesir. Syekh Al Misry memastikan lagi bahwa Al Quranlah kelak yang akan membawanya. Al Quran memuliakannya. Pada saat Rayyan menceritakan pada Sang Bunda, Ibunya menganggukkan kepala, tak bisa berkata-kata, dan menahan tangis. 

Ibunya merasa haru karena ingin Rayyan dapat pendidikan yang lebih baik daripada saat bersamanya. MasyaAllah terharu saya. Padahal Ibunya sudah sangat baik membesarkan anak yang begitu sholeh, menjadi tiket surga orang tuanya. 

Bukan itu saja, Abi Amir Faishol Fath juga menawari Rayyan untuk dapat belajar Bahasa Arab dulu di tempat Abi Amir Faishol Fath. Masya Allah selamat ya Rayyan. Rayyan mendapat penghargaan Terbaik Bacaannya "Hafsa" dan juga menjadi Juara ke-2 Hafiz Indonesia 2021. Dapat hadiah uang senilai 75 juta rupiah. Barakallah ya, Rayyan!

3. Khansa 

Khansa Hafiz Indonesia 2021


Khansa 11 tahun asal Pangkal Pinang jumlah hafalan 5 juz. Khansa anak bungsu dari 3 bersuadara. Khansa anaknya kalem, lembut dan dewasa ya. Sempat tertukar dengan Ainun karena mirip. Khansa ini punya banyak bakat jago ngomong bahasa Inggris- speech di depan panggung, jago masak (belajar dari Youtube katanya). Wow! Anak-anak sekarang kreatif ya belajarnya dari Youtube. 

Ayahnya dokter spesialis paru, sedang Ibunya seorang dokter umum PNS yang bekerja dinas kesehatan bangka belitung. Sekilas cerita sedikit jadi Ibunya Khansa suka acara Hafiz Indonesia dan ngefans dengan Masyita Hafiz Indonesia 2019. Tidak menyangka bertemu ketika sedang thawaf di Mekkah. Saat itu pun ternyata Ayah Khansa berdoa semoga khansa bisa jdi peserta Hafiz Indonesia.

Meski Ibunya seorang dokter umum PNS namun bisa menemani Khansa di acara Hafiz Indonesia, menurut sang Bunda kuasa Allah karena PNS dapat cuti besar 5 tahun sekali. Sekarang dipakai. Dan dapat cerita juga bahwa Khansa sempat jaga jarak dengan Ayah karena ayahnya penyintas langsung dengan pasien Covid. Tapi alhamdulillah bisa kontak bertemu lagi dengan Khansa. Khansa mendapat penghargaan Terkuat Hafalannya "Aqwa" juara 3 di Hafiz Indonesia 2021 uang tunai 50 juta.. Selamat Khansa! 

4. Yusuf

Yusuf Hafiz Indonesia 2021


Yusuf yang dapat pin faiz ke-2 yang hafalannya kuat. Yusuf ini sudah hafal 30 juz al quran dan besar di Mesir. 20 Juni 2011 lahir dan pasangan mahasiswa yang sedang belajar di Mesir. Saat TK pernah bersekolah di Mesir. Sekarang hafalan Al Quran 

Akhir tahun 2020 kembali ke tanah air mengajar Al Quran dan mengabdi pada keluarga, dan menjaga orang tua. 

Mendapat sanad dari seorang Syekh dari Libya. 

Yusuf bisa baca AlQuran pada usia 3 tahun. sudah khattam baca Al Quran pada usia 4 tahun. 

Yusuf pernah tereliminasi pada tantangan Hafiz Indonesia karena kekurangan saat tampil. Tapi berhasil mendapat pin syafaat sehingga bisa masuk babak 8 besar. Alhamdulillah yang mendapat pin syafaat ada Rayyan dan Yusuf. 

Yusuf ini anaknya termasuk anak yang pemalu, kaku dan kayaknya pas tampil kadang minder. Tapi sebenarnya bukan karena kesalahannya. Justru Yusuf ini hebat ketika tantangan 5 besar udah makin percaya diri dan tantangan Imla atau khat kaligrafi membawanya mendapat pin faiz ke-2. Koreksi tulisan oleh Sykh Belaid. 

Abati dan Yusuf

Saat ditanya Kak Irfan, Yusuf enak dimana Mesir atau Indonesia. kalau sekolah enak di Mesir, kalau tinggal enak di Indonesia. Yusuf mendapat penghargaan "Ahfadz" Terbanyak Jumlah Hafalannya. Selamat yaa Yusuf!


5. Fawwaz
 

Fawwaz Hafiz Indonesia 2021


Memiliki nama lengkap Ahmad Fawwaz Fuadi, Fawwaz terbaik ke-5 dari Palembang hafalan 15 juz. Ia terkenal sangat ekspresif senyum, ketawa, membawa aura kebahagiaan pada lingkungannya.  

Fawwaz dari kecil senang baca quran, masa kecil ditemani ayahnya. Dan qadarullah pada usia 7 tahun Allah memanggil Ayah Fawwaz, karena sakit kanker otak. 3 hari sebelum meninggal sempat bisa ngobrol dan Fawwaz menemani hari hari terakhir Ayahnya di Rumah Sakit. Fawwaz tampak terguncang dan menangis saat diceritakan hal tersebut. 

Ketika ditanya sejak kapan mulai menghafal, justru Fawwaz mau menghafal Al Quran justru dari Abi sambungnya. Abi sambungnya orang Mesir yang memberi motivasi agar bisa menghafal. Semangat selalu Fawwaz! Alhamdulillah Fawwaz menjadi terbaik ke-5. Fawwaz mendapat penghargaan "Ajmal" Terindah Bacaannya. Selamat ya Fawwaz! 

6. Ainun 

Ainun Hafiz Indonesia 2021


Ainun adalah anak ke-5 dari 9 bersaudara. Ayahnya TKI di negri Jiran. Ia terinspirasi dari Enri yang ingin mengsyiarkan Al Quran dan mengharumkan kota Ternate. Ternyata, dalam keluarga Ainun, adiknya 4 orang yang juga sudah mulai menghafal Al Quran. Ainun harus keluar saat tantangan 6 besar di Hafiz Indonesia. tidak mengapa Ainun sudah 6 besar itu bagus sekali. Semangat selalu Ainun! Ainun mendapat penghargaan "Akram" Terbaik Perilakunya. Barakallah Ainun!

7. Fahri 

Fahri Hafiz Indonesia 

Fahri dan Ayah

Momen mengharukan Ayah dan anak 😭


Melihat Fahri dan Ayah ketika ngaji bareng, bagi saya bukan saja mengundang perhatian karena Sang Ayah memakai seragam kepolisian, namun karena suara bacaannya indah, tegas, dan lantang. 

Pada saat setoran hafalan dan akan mengambil masker pun ya benar-benar gaya polisi sekali. Syekh Al Misry mengatakan bahwa, “Banyak orang tua yang selalu memikirkan isi perut anaknya, tetapi tidak pernah memikirkan isi keimanan anaknya. Tapi lihatlah Fahri dan Ayahnya. Ini adalah hasil didikan orang tua. Orang tua tidak butuh jabatan/harta anaknya kelak, namun orang tua hanya butuh anak yang sholeh."

 Anak Adam apabila meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya. (HR Muslim)

Ayah Fahri yang bertugas di Direktorat lalu lintas, Kolaka pun terlihat terharu dan memeluk sang anak. Ia mengatakan, “Semoga kelak engkau menjadi anak yang sholeh yang bisa diaplikasikan sehari-hari. Fahri terbaik ke-7. Fahri sebetulnya ingin Ayahnya datang lagi ke Jakarta kalau bisa 5 besar nanti bisa izin ke pimpinan. Namun qadarullah, Fahri hanya bisa sampai di 7 besar. Itu juga sudah sangat bagus. Selamat Fahri! 

8. Isra 

Isra Hafiz Indonesia 2021

Nama aslinya Rahmat Isra Al Fikri lahir di Agam, Kabupaten Sumatra Barat. Besar di lingkungan pesantren. Ayahnya seorang pengajar, dan memiliki adik berkebutuhan khusus yang sangat disayangi oleh Isra dan keluarga.

Isra sudah menyelesaikan hafalan 30 juz nya paad usia 9 tahun. MasyaAllah. Dan surat terakhir yang disetorkan adalah QS Al Hadid ayat 5.

Isra ini lucu. Isra tau hafal semua ayat dan pada saat tantangan ia menjawab dengan benar.  Tapi ketika ditanya membaca ayat berapa, ia tidak tahu. 

Disuruh senyum ketawanya lucu banget. Pas disuruh salam pulang tangannya langsung ala-ala Korea gitu saranghae. Wkwkwk. Isra terbaik ke-8. 

Selalu dapat hikmah saat menonton Hafiz Indonesia, dan bisa banget setelah dikocok perut karena liat tingkah Kak Irfan yang ada jailnya, tapi gak berapa lama nangis karena banyak hikmah yang Abi Amir dan dari Syekh Al Misry. 

3 besar hafiz indonesia 2021


Semoga kita bisa bertemu kembali di Hafiz Indonesia 2022, ya! InsyaAllah. 



No comments