Kenangan Masa Kecil dan Putri Kecilku



Hal yang paling kentara antara saya dan anak-anak saya adalah menghabiskan masa kecilnya. Saat saya kecil, saya menghabiskan waktu bermain lompat tali, main anjang-anjangan, dan lain-lainnya main masak-masakan bener sampai daun-daun dikumpulin, dan juga main ke Unpad dan ngeliat kodok dan nangkep anak kecebong. Haha. 

Beda dengan anak-anak saya yang sekarang tinggal di desa istilahnya hehe lebih seru aja, jalan-jalannya ke Kebon, liat kebon sedang nanam apa, misalnya nanam jagung, kadang liat pohon-pohon kayak Pohon Alpukat saya baru tau bentuknya kayak gimana pas udah nikah. Beda saat saya besar di kota. Liat kanan kiri hanya rumah dan gedung. Hehe. 

Aska adzki juga berani megang kucing. Hal yang paling bukan saya banget, karena saya takut kucing. Paling iseng kalau anak saya gendong kucing dan diangsurin ke saya. Makin takut deh. Hehe. 

Tapi dari semua itu saya bersyukur alhamdulillah terimakasih ya Allah. Saya tak bisa memilih lahir dimana dan bagaimana saya tumbuh dan dibesarkan. Tapi saya bersaksi bahwa orang tua saya mendidik saya dengan baik. Terima kasih untuk Papa dan Mama. Saya sangat banget kalian berdua. Ketika udah nikah, kadang suka kepikiran dan pengen kesana main. Alhamdulillah punya suami baik hati suka nganter istrinya ke rumah orang tuanya dan main di rumah ortu. 



Alhamdulillah 2 hari lagi anniversary saya dan suami hari pernikahan yang ke-8 tahun. MasyaAllah gak kerasa udah 8 tahun menikah. Banyak banget pelajaran hidup yang saya dapat ketika menjadi orang tua sekarang misalnya. Saya dapat banyak nasihat dan belajar tentang kehidupan rumah tangga dari Ibu mertua saya yang baik hati. MasyaAllah sehat-sehat selalu ya, Ma. 

Bulan September juga bulan yang istimewa karena 2 putri saya lahir di bulan ini. InsyaAllah Adzki udah mau 3 tahun tanggal 13, alhamdulillah. Banyak perkembangan Adzki dari terakhir kali rawat jalan karena sakit. Sekarang Adzki alhamdulillah udah seneng main air (biasanya tahun pertama takut sama air. Paling inget kalau disuruh mandi malah nangis sama neneknya) hehe. 
Udah jelas ngomongnya, "Ummi, boleh Adzki susu?" 
"Ummi, Adzki teh.. (minta teh)"
"Ummi, boleh Adzki ke rumah Nenek?" 
"Ummi, ayo ayun-ayun.."
"Ummi, kuee.. kue..." 
"Ummi, susu.." 
"Ummi, Bu yan.."

Terakhir bulan Dzulhijjah kemarin kan di rumah Kakek Nenek di rumah ortu saya lagi hari Idul Adha, dan Ayah saya kebagian tugas untuk nyembelih hewan kurban. Aska adzki antusias banget liat sapi sama kambing banyak dan akhirnya waktunya tiba.. sembelih kurban. 

Tiap lewat tempat pemotongan hewan kurban, Adzki ingat dan cerita, "Ummi di situ (sambil nunjuk) sapinya disembeleh.. (sambil nunjuk leher trus bilang) krek inget sembelihnya.
Trus saya iseng tanya, "Adzki mau liat sapi disembelih?" 
Adzki jawab, "Ngga, takut.."
"Siapa yang nyembelih Sapi?"
"Kakek" 
"Adzki liat?" tanya saya. 
"Liat. Adzki takut" 
"Gak usah takut kan itu disembelih memang saat idul adha untuk dibagikan," kata saya.
 Adzki pun mengangguk-anggukkan kepala. 

Sekarang juga lagi seneng cerita banyak, misalnya ketika saya sudah vaksin kemudian si kecil bertanya, "Ummi, ntik ya?" (suntik, ya) tanyanya. Iya, kata saya. 
"Sakit ya?" 
"Ummi dimana ntiknya?" (Dimana di suntiknya?) Adzki mau" katanya. 

Sehat-sehat terus shalihah 

No comments