Mengenalkan Anak untuk Menjaga Lingkungan dengan Rasa Bahagia

Oleh : Susi Hindayani, S.Pd. AUD

mengenalkan anak

Mengenalkan kepekaan kepada anak untuk menjaga lingkungan dapat dilakukan sejak usia dini. Sebagai orang tua tentunya kita dapat mengenalkannya dengan cara yang sesuai dengan tahapan usia anak, dimana orang tua dapat mengajak anak untuk berkomunikasi efektif terlebih dahulu mengenalkan tentang keadaan bumi saat ini. Anak dapat juga diajak berdiskusi tentang perubahan iklim yang terjadi begitu cepat sehingga anak dapat mengomunikasikan apa yang Ia rasa tentang perubahan iklim. Setelah itu kita dapat membuka rasa empati anak dengan cara bagaimana Langkah yang harus kita lakukan agar dapat membantu menjaga bumi kita, tentunya dengan cara-cara yang menyenangkan dan bermakna untuk anak. Kira-kira apa saja ya hal yang dapat dilakukan bersama anak agar dapat menjaga lingkungan ? kita Simak bersama-sama yuk!

1. Berikan poin setelah anak membantu memilah Sampah

memilah sampah mendapat reward

Anak-anak dapat dilibatkan dalam memilah sampah yang ada di rumah, kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya memilah sampah sambil bergerak meniru Gerakan Binatang atau sambil mendengarkan musik. Hal yang penting adalah berikan poin setelah anak membantu memilah sampah. Poin tersebut sebagai bentuk penguatan terhadap sikap positif yang telah muncul.

2. Menggunakan barang bekas untuk berkreasi

kreasi dari barang bekas

Ajak anak untuk berkreasi dengan barang bekas yang ada di rumah. Anak dapat membuat robot, alat transportasi, atau kreasi lainnya yang dapat dibuat dari dus makanan, kaleng bekas, dll. Kegiatan ini akan menjadi seru apabila dilakukan bersama-sama dengan orang tua, selain mendapatkan bonding anak juga akan merasa bangga dengan hasil kreasi yang dibuat.

3. Menggunakan kotak bekal dan botol minum

membawa bekal makan menjaga lingkungan

Dengan menggunakan kotak bekal dan botol minum, secara tidak langsung kita menyadarkan anak untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan. Selain itu dengan menggunakan kotak bekal dan botol minum anak juga mendapatkan nilai lain yaitu kualitas kebersihan makanan atau minuman terjaga.

4. Menanam Tanaman dan merawatnya

menanam-tanaman

Pada waktu luang, anak juga dapat dilibatkan untuk menanam tanaman di pot atau di halaman rumah. Anak dapat dikenalkan bagaimana tahapan untuk menanam dan alat apa saja yang dapat digukanan untuk menanam. Dalam kegiatan menanam dan merawat tanaman kita telah mengajarkan anak untuk turut menjaga bumi kita.

Melalui kegiatan menjaga lingkungan di atas yang dapat dilakukan bersama orang tua, dapat memunculkan rasa bahagia kepada anak, selain itu anak juga dikenalkan sikap kepedulian terhadap lingkungan diri, melatih kedisiplinan, meningkatkan kreativitas, membangun kebiasaan baik untuk lingkungan dan sebagai sarana untuk bermain dan belajar.

No comments