5 TEMPAT ASIK BUAT TRAVELING DI PURWOKERTO

Friday, September 23, 2016


Baturaden
Apa yang terlintas saat mendengar kota Purwokerto? Mungkin diantara kita akan langsung teringat dengan makanan khasnya, yakni Tempe Mendoan, dan juga ada Gethuk Goreng.

Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Purwokerto terletak di selatan Gunung Slamet, salah satu gunung berapi yang masih aktif di pulau Jawa.







Ternyata Purwokerto juga memiliki beberapa tujuan wisata yang bisa menyegarkan pikiran dan hati kita. Bagi para backpacker di pulau Jawa yang ingin berkunjung ke kota ini, maka bisa menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi favorit. Terlebih saat ini, di Purwokerto memiliki jalur ganda Jakarta - Purwokerto sehingga mempercepat waktu tempuh dari Jakarta ke Purwokerto rata-rata 4.5 jam hingga 5 jam perjalanan.


Saat sampai di Purwokerto, kendaraan yang mudah ditemui adalah becak. Becak masih menjadi pilihan karena harganya yang relatif terjangkau. Bahasa yang digunakan di Purwokerto adalah bahasa Jawa dengan dialek Banyumasan atau lebih dikenal dengan istilah Ngapak.

Nah, kita langsung tengok tempat wisata yang ada di Purwokerto, yuk!
1. Baturaden

Baturaden terletak di lereng Gunung Slamet, Purwokerto. Saat kita kesana, kita akan melihat lukisan langit yang begitu indah dan didominasi oleh panorama alam. Baturaden tidak saja menjadi favorit bagi wisatawan lokal ataupun domestik, namun juga menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Hal tersebut karena Baturaden menawarkan keindahan alam disertai dan bagi yang senang dengan permainan, terdapat beragam wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga disini.

Lokasi wisata ini mudah diakses dan tak jauh dari pusat kota, kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari pusat kota Purwokerto ke tempat wisata Baturaden. Dengan membayar 14.000 saja, kita bisa menikmati sejuknya Baturaden. Baturraden memiliki beberapa wahana seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air dan pemandian air panas. Di malam hari, kita bisa menikmati lukisan langit dengan gemerlap bintang yang cantik.

Kebun Raya Baturraden merupakan salah kebun raya yang dimiliki Indonesia setelah Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas di Jawa Barat.

2. Gunung Slamet
Gunung Slamet 
Bagi pendaki sejati, kota Purwokerto memiliki gunung untuk ditaklukkan. Gunung Slamet adalah gunung yang masih aktif dan merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 3,428 meter di atas permukaan laut.

Medan untuk mendaki Gunung Slamet cukup berat dan sulit, sehingga diperlukan fisik dan perlengkapan yang baik. Namun hal tersebut akan terbayarkan karena akan menghiasi perjalanan yang membuat takjub dengan pemandangan alam yang indah.


3. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Untuk mendapatkan pemandangan cantik Maha Karya Pencipta, kita dapat menengok satu tempat wisata popular di Purwokerto yang satu ini. Air terjun Purwokerto ini 'ditumpahkan' dari ketinggian puluhan meter. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh dinding alam sehingga jika dilihat, kolam air terjunnya menyerupai sebuah mangkuk. Sehingga fenomena air terjun di Curug Cipendok terlihat seperti air yang sedang dituangkan ke dalam mangkuk. Selain air terjun, kita dapat menikmati keindahan alam yang menyegarkan mata, dan udara sejuk.

Lokasinya tepat berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas ini memang cukup jauh dari pusat kota Purwokerto yakni berjarak sekitar 25 KM, namun keindahan alam yang masih sangat terjaga akan membuat kita nyaman tanpa kebisingan perkotaan. Di tempat ini pun telah banyak warung yang menjajakan susu murni dan tempe mendoan.

Telaga Pucung berada di dekat Curug Cipendok. Telaga Pucung dikellilingi oleh hutan yang masih alami. Suara-suara satwa seperti kera dan elang pun akan sering kita dengar

4. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi merupakan kawasan telaga alami dan memiliki air yang dingin. Pada saat tertentu, di Telaga Sunyi, kita bisa melihat banyak kupu-kupu dan capung yang terbang di sekitar telaga. Pemandangan  yang tidak akan kita dapatkan di tempat lain. Letak Telaga Sunyi berada sekitar 3 km di timur kawasan Baturraden.

5. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu
Pemandian Air Panas Baturaden
Masih di kawasan Baturaden, Terdapat dua sumber air panas di Baturaden, yakni Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Tempat ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam penyakit karena airnya memiliki kandungan belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan. Pemandangannya pun sangat indah. Untuk mencapai Pancuran Telu dan Pitu, kita harus melalui ratusan anak tangga terlebih dulu. Maka penting memiliki persiapan bekal yang cukup dan fisik yang kuat untuk mencapai Pancuran 3 dan 7 ini.

Sumber air panas ini mengandung belerang yang memiliki suhu sekitar 40 derajat celcius untuk Pancuran Telu dan sekitar 60 derajat celcius untuk Pancuran Pitu. Di sini Anda juga dapat mengeksplor beberapa hutan seperti Hutan Pinus, Hutan Damar, dan hutan tropis lainnya.

***

Sambil mengenal tempat wisata yang ada di daerah Banyumas, kita bisa mengenal juga bagaimana kota yang memiliki kebudayaan Ronggeng ini, juga memiliki perguruan tinggi bernama Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (UNSOED). Hal ini menjadikan Purwokerto menjadi berkembang secara ekonomi dan berdampak positif pada sektor pariwisata.

Sastrawan Ahmad Tohari pun lahir di daerah ini. Beliau dikenal melalui trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dan telah memperoleh penghargaan dari dalam dan luar negeri. Adapula pemain bulu tangkis, Tontowi Ahmad juga lahir di Banyumas dan berasal dari provinsi Jawa Tengah.

Nah, jadi ada pilihan tempat wisata baru kan dalam memanfaatkan momen libur untuk berkunjung ke kota yang satu ini. Traveloka.com bisa menjadi pilihan saat akan berlibur, berencana untuk mencari tempat beristirahat setelah jalan-jalan atau berwisata. Berwisata bisa menjernihkan hati dan fikiran, juga sekaligus bisa bertafakur atas lukisan dan kesempurnaan yang tiada terbilang. Selamat menikmati liburan di Purwokerto!

You Might Also Like

5 komentar

  1. Asyiiiikk...Kapan ya bisa jalan-jalan ke purwekerto

    ReplyDelete
  2. Aku belom pnh ke purwokerto. Tp memang baturaden itu terkenal bgt ya.. aku sering denger

    ReplyDelete

KEB

#

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#