Juara Hafiz Indonesia 2024

Berkompetisi adalah sesuatu hal yang lumrah. Kalah menang adalah hal yang biasa. Berkompetisi sehat dan sembari meluruskan niat bukan mendapat hadiah atau reward, tapi ridha Allah Ta'ala. 

Review Program Hafiz Indonesia 2024

Acara Hafiz Indonesia sebagai program unggulan Ramadan di RCTI tiap tahunnya selalu menjadi ajang yang ditunggu dan dinantikan. Baik bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke kompetisi, atau yang ingin menonton keseruan program acara ini.

 

Karena terkadang bukan saja menonjolkan bakat mereka dalam menghafal Quran saja, tapi juga mengulik keseharian mereka dengan hobinya masing-masing. 

Khusus di tahun 2024 ini takjub dengan Zubair yang pandai ndalang menjadi wayang dan langsung teringat tahun 80-an yang masih akrab di Jawa mungkin, ya. 

Btw, pengalaman berkompetisi di usia  yang masih kecil terutama menghafal Quran ini saya cuplik dalam salah satu cerpen saya berjudul "Mahkota Quran". 

Baca juga: Buku Manusia, Kumpulan Kisah Penuh Hikmah 

Tahun 2024 tahun yang berbeda karena beberapa menonjol. Ramadhan 1445 H/ 2024 ini rasanya begitu cepat berlalu. 

Nah, Ramadhan kali ini beberapa kali liat Ustadz Dennis Lim di acara Hafiz Indonesia 2024 jadi juri tamu. Baru deh notice siapa beliau disini.

Di acara Hafiz Indonesia 2024 juga jurinya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya seperti Ustadzah Nabila, Syekh Ali Jaber dan Abi Amir Faishal Fath. Juri tamu bergantian pernah Kak Lulu dan Ina.

Inilah beberapa kontestan yang memenangi Hafiz Indonesia. 

Gibran, Juara 1 Hafiz Indonesia 2024

finalis hafiz indonesia 2024

juara hafiz indonesia 2024

Gibran asal Medan, usia 8 tahun, hafalan 3 juz Marga Panjaitan. Gibran menjadi juara Hafiz Indonesia karena saat dikoreksi dia selalu memperbaiki sampai level tertinggi. Jika kontestan lain terkadang masih sama, tidak ada perubahan, Gibran ini justru sebaliknya. Saat salah dan dikoreksi, dia memperbaiki, dan tampil baik di pertemuan selanjutnya. 

Selamat Gibran telah memenangkan juara Hafiz Indonesia 2024 dan mendapat hadiah medali emas dan senilai Rp 100.000.000 dan juga mendapat 2 paket umrah.

Yukiko, Juara 2 (Runner Up) Hafiz Indonesia 2024 

yukiko hafiz indonesia 2024

Yukiko tinggal di Purwakarta dengan hafalan 4 juz. Ekskul Sepatu roda. Pernah menjuarai meedali perak di kejuaraan nasional. Motivasi ikut Hafiz Indonesia adalah untuk mencari ilmu dan menambah tema. 

Lahir di Jepang selama 2 tahun. Abinya studi di Jepang. Anak salju turun dengan indah.

Yukiko termasuk yang tereliminasi, tapi alhamdulillah dapat babak syafaat dan bisa kembali ke panggung Hafiz Indonesia. 

Bahkan alhamdulillah Yukiko dapat pin faiz berjumlah 2 selama babak musabaqah. Bahkan alhamdulillah dapat lolos ke wisuda akbar dan meraih juara 2. 

Barakallah Yukiko alhamdulillah mendapat medali perak dan uang senilai Rp 75.000.000 dan 2 paket umrah. 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2018 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2022

Arfan, Juara 3 Hafiz Indonesia 2024

arfan hafiz indonesia 2024

Arfan berasal dari Batam, usia 6 tahun dengan hafalan 5 juz. Arfan dikenal kekuatan hafalannya. Saat berada di Hafiz Indonesia dia dapat melagamkan berbagai irama sehingga terasa enak didengar. 

Kalau pengalaman pribadi melagamkan malah jadi suka hilang hafalan karena sudah biasa lagam sendiri. Nah kalau Arfan nggak, dia bagus pas tinggi rendahnya enak pas didengarnya. 

Arfan terlihat anak kinestetik sekali, di panggung suka gerak bukan karena malu tapi karena udah kebiasaan. Anak yang polos, pemberani, dan juga jujur jadi dirinya sendiri. 

"Silakan Syekh ... Silakan Kak Nabila ..." membuat saya tertawa mendengarnya. Arfan pun nama MC-nya katanya "Arfan Hakim" haha plesetan Irfan Hakim. Lucu gemes sama Arfan kayaknya Kak Irfan pas lihat Arfan.

Arfan juga hafal ayat dan terjemahannya. Masya Allah. Barakallah Arfan mendapat juara 3 Hafiz Indonesia dan mendapat medali perunggu, hadiah Rp 50.000.000 dan 2 paket umrah. 

Di 3 besar ini bahkan hafalannya tidak sampai 30 juz, tapi hafalannya misal Gibran 3 juz tapi benar kuat hafalannya. Mau dibolak balik dan seterusnya dia kuat, dan menjadi juara 1. Barakallah. 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2023

Calvin, Juara 4 Hafiz Indonesia 2024 

calvin hafiz indonesia 2024

calvin hafiz indonesia 2024

Calvin berasal dari Cileungsi, Bogor, usia 8 tahun. Saat mengaji Calvin suaranya bagus.

Dia memiliki hobi karate, bahkan pernah di panggung Hafiz Indonesia bersama juri juga tampil dengan gerakan akarate. Yang paling keren Kak Ina karena memeragakan jurus-jurusnya dan diikuti Syekh Ali Jaber dan Abi Amir Faishal Fath. 

Saat tereliminasi menjadi juara 4, Calvin tidak menangis. Dia terlihat kuat sekali, ya. Katanya juga menyemangati Bundanya ketika saat pandemi. Calvin hebat! 

Dia meraih juara ke-4 di Hafiz Indonesia. Barakallah Calvin. 

Zubair, Juara 5 Hafiz Indonesia 2024 

zubair hafiz indonesia 2024

zubair hafiz indonesia wayang


Zubair asal Gresik, usia 8 tahun dengan hafalan 6 juz. Zubair jago wayang atau ndalang. Meski terlihat pendiam, tapi nyatanya Zubair jago mendalang saat di panggung. Bahasa Jawanya mumpuni. 

Zubair menjadi terbaik ke-5 di Hafiz Indonesia. Barakallah Zubair. 

Aira, Juara 6 Hafiz Indonesia 2024 

aira hafiz indonesia

Aira berasal dari Sidoarjo, usia 8 tahun. Sekilas mendengarnya mengaji suaranya yang khas serak, tapi bagus. Cantik, pintar dan ceria, Aira memiliki hobi menghafal Quran dan pidato. Pernah saat ajang Hafiz Indonesia, Aira tampil berpidato tentang akhlak Rasulullah. 

Bundanya seorang guru mengaji, sehingga hal tersebut turun ke Aira adalah hal yang tidak perlu diragukan lagi. Selamat Aira mendapat juara ke-6 di Hafiz Indonesia. Semoga makin banyak hafalannya ya Shalihat. Aamiin 

Azka Hafiz Indonesia 2024 

azka hafiz indonesia 2024

Dari sekian kontestan Hafiz Indonesia, sekilas melihat Azka akan teringat dengan Aza yang pernah tampil di Hafiz Indonesia menjadi runner up. 

Baca juga: Aza Hafiz Indonesia

Azka berasal dari Jambi, sudah memiliki lagam sendiri dan suara mengajinya juga bagus. Qadarullah Azka ini mengundurkan diri saat di Hafiz Indonesia karena terkena cacar air, karena kuatir menularkan akhirnya tidak bisa lanjut. Sedih banget ya Azka. Tapi semoga hal ini tidak menyurutkan Azka untuk tetap menghafal Al Quran. 

Teringat Teteh Aska dan Teteh Adzkia juga di rumah pernah cacar harus isolasi mandiri ngga sekolah dulu selama 10 hari. Jadi wajar sih keputusan itu buat Umminya Azka hebat mau berkorban. Barakallah semoga Allah gantikan dengan yang lebih baik. Aamiin. 

Baca juga: Pengalaman cacar air

Zayyan Bogor

Zayyan Al Muaqqiy 5 tahun senang menggambar dan bermain. 

Ayahnya EO Team Building. Semoga dimudahkan. 

Anak 2 kakaknya Zahira. Cara menghafal dengan nonton. Lukman menonton video yang sudah diganti seperti avenger. 

Sambung ayat tebak surah  sudah bisa.

Kategori Terbaik Hafiz Indonesia 2024

Berikut raihan yang dicapai oleh kontestan

Hafsah terbaik bacaan jatuh kepada Gibran 

Ajwad terbaik tajwid diraih kepada Yukiko 

Aqwam terkuat hafalan diraih oleh Arfan 

Terbanyak jumlah hafalan jatuh kepada Zayyan di umur 6 tahun hafalan 13 juz 

Ajmal terindah bacaan diraih oleh Azka 

Aqwam terbaik perilaku diraih oleh Calvin 

quran al hifz syaamil

Selamat kepada semua kontestan Hafiz Indonesia. Saat melihat acara Hafiz Indonesia senang sekali ditampilkan hampers Quran dan semua Quran Al Hifz dari Syaamil Quran, tempat saya berkarya. 

Sejak awal Hafiz Indonesia, Syaamil Quran konsisten menjadi sponsor utama program Ramadhan ini. Terlihat ada Teh Indah, Kang Fatih dan beberapa tim dari Syaamil Quran yang ikut menonton di panggung Hafiz Indonesia. Semoga tahun depan saya berkesempatan ikut nonton di acara Hafiz Indonesia langsung ke TKP. Aamiin atau dapat travel umrahnya gretong. Hehehe

Sampai jumpa di acara Hafiz Indonesia 2025! Insya Allah. 

With Love, 



Sri Al Hidayati

No comments