Juara Hafiz Indonesia 2022

lukman juara hafiz rcti 2022


juara hafiz indonesia 2022

Piala hafiz indonesia 2022

Tahun ini bertepatan dengan 1 dekade Hafiz Indonesia 2022 yang sudah menemani Ramadhan di rumah. Jika di tahun 2021, juri Hafiz Indonesia kita ditemani oleh Syekh Ahmad Al Misry, Kak Nabila dan Ustadz Abi Amir Faishol Fath, kini di tahun 2022 juri yang menggantikan ada Syekh Hussein Jaber. 

Tujuan hafal Al Quran bukan sekadar belajar dan tadabbur Al Quran, tapi paham kemudian mengajar Al Quran. 

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkan Al Quran." 

Syekh Hussen Jaber

Dalam kultumnya, Syekh Hussein Jaber bertanya, "Apakah kita punya jadwal khattam Quran? Apa sudah ada niat dan ada azzam dalam diri kita untuk selalu baca Al Quran, selalu khattam Al Quran, menemani Al Quran? 

Peserta Hafiz Indonesia 2022 tahun ini luar biasa karena saya bisa menemukan mereka  yang bisa menghafal bukan saja menghafal, tapi tahu ayat yang dibaca, surah yang dihafal ada di surah berapa. MasyaAllah sampai sekarang saya masih belum hafal misal surah Abasa ada berapa ayat, atau ada di surah nomor berapa, padahal hafal. Masya Allah. 

Yuk kenalan dengan beberapa peserta Hafiz Indonesia 

3 Besar Juara Hafiz Indonesia 2022

Lukman Hafiz Indonesia 2022 

Lukman Hafiz Indonesia 2022

Lukman sekilas kita akan melihat aura kalem, tapi juga adab akhlak yang baik. Lukman ini lahir dan besar di Auckland, New Zealand dan jago berbahasa Inggris. Saat mengikuti Hafiz Indonesia 2022 ini, usianya 10 tahun dengan hafalan 11 juz. 

Ternyata awalnya hafalan Lukman hanya 2 juz saja, tapi siapa sangka ternyata pandemi membuat Lukman memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan mendapat hafalan sebanyak 11 juz. MasyaAllah. 

Di New Zealand sendiri Lukman memiliki beberapa guru yaitu Guru Mesir, Arab dan Indonesia. 

Dalam tantangan Wisuda Akbar, Lukman menjawab semua pertanyaan sambung ayat dan fast question dengan benar. Hanya ada satu ayat yang tertukar fa seharusnya wa. Ustadz Husein Jabar menhighlight juga. 

Biasanya yang menemani Lukman di acara Hafiz Indonesia adalah sang Ayah, tapi akhir-akhir Lukman sangat senang karena ditemani oleh Ibu. Mendengar bacaan Al Quran Lukman ini bagus banget ya. Sekilas membaca bukan hanya hafal saja, tapi dengan menggunakan hak-haknya sesuai. 

Lukman juga bercita-cita kelak ingin berdakwah dengan Al Quran. Setelah menjadi Ulama, Lukman berkeinginan ke New Zealand lagi dan berdakwah disana. Semoga keinginannya tercapai ya Lukman. Aamiin.

Di akhir acara wisuda, Lukman mendapat apresiasi yang Terbaik bacaannya (Hafsah) dan mendapat hadiah sebesar 10 juta rupiah. Lukman juga menjadi juara pertama Hafiz Indonesia dan mendapat uang sebesar 100 juta rupiah dan bingkisan dari Syaamil Quran. Lukman mendapat point tertinggi sebesar 139 point dan menjadi tertinggi. Selamat Lukman! Barakallah ya Lukman! Di tahun ini tidak ada hadiah Umrah, mungkin karena satu dan lain hal. 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2021

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2019 

Nadhif Hafiz Indonesia 2022

Nadhif Hafiz Indonesia 2022


Nadhif berusia 8 tahun berasal dari Banyuwangi dan memiliki hafalan 30 juz. Nadhif termasuk anak yang istimewa karena meski terbatas duduk di kursi roda, tidak membuatnya patah semangat. 

Saat mendengar Nadhif membaca Al Quran mungkin kita tidak akan mengerti karena memang saat membacakan itu tidak sampai ke langit-langit mulut, tapi masya Allah kalau diperhatikan itu memang betul semua jawaban Nadhif. Kata Syekh Husein bacaan Nadhif semakin mengalami perkembangan di Hafiz Indonesia. 

Ayah Nadhif seorang guru dan pemilik pesantren. Nadhif anak yang cerdas dan aktif. Nadhif termasuk anak yang ceria.

Selama menghafal Al Quran disetor kepada Ayahnya. Allah menunjukkan bukti-bukti kebesaran-Nya bahwa meski memiliki kekurangan, Allah tidak pernah kehilangan cara untuk memuliakan hamba-Nya." 

Lihat sekilas ada kurangnya? kata Allah tidak ada. Allah Maha Sempurna. MasyaAllah Allah muliakan. 

Dalam tantangan Wisuda Akbar, Nadhif mendapat point 135, berbeda 1 point dengan Billy dan Nadhif meraih juara 2 Hafiz Indonesia dan mendapat apresiasi sebesar 75 juta rupiah. Barakallah ya Nadhif!

Billy Hafiz Indonesia 2022

Billy Hafiz Indonesia 2022


Billy memiliki nama lengkap Billy Fairuz Ahrora lahir di Jakarta, 12 tahun yang lalu, dan hafalannya sudah khattam 30 juz. Billy berasal dari Jakarta Timur.

Billy pandai berbahasa Inggris saat dibacakan terjemahan bahasa Inggris, Billy tahu itu surah apa dan ayat berapa, masyaAllah. Billy juga senang belajar negara dunia. 

Meski memiliki keterbatasan ADHD anak yang hyper aktif, Billy juga memiliki kelebihan yaitu pandai menulis kanji, Thailand, India, Rusia, China dan Yunani.

Sering tersenyum melihat tingkah Billy karena Billy sering nyeletuk saat Kak Irfan membawakan acara. Misal Billy keren yaa? Langsung disaut, "Iya kereen". Lalu Kak Irfan iseng, "Kata Kak Nabila ... bagus ya penampilan Billy." 

"Iya Bagus." 

"Kalau Syekh Husen?" 

"Iya bagus"

"Katanya apa?"

"Mantaber" 

Hahaha ... Kak Irfan nih godain Billy. Wkwkwk. 

Billy termasuk istimewa karena pernah mendapatkan 2 buah pin faiz di Hafiz Indonesia, dan dipasangkan jubah. Barakallah Billy! 

Dalam tantangan Wisuda Akbar, Billy ada salah 1 nomor, dan yang lainnya betul semua. Tantangan yang pertama seperti sambung ayat, karena ada timer, menurut Ustadz Husein bacaan bagus, tapi karena ngejar waktu jadi hak-haknya kurang seperti  panjang pendeknya yang sesuai. 

Untuk tantangan Fast Question dari Kak Nabila, Billy menjawab betul semua. Di tantangan fast question Hafiz Indonesia ini para wisudawan menjawab tantangan dari ayat yang dibacakan Kak Nabila, menebak ayat dan di surat apa.Kemudian termasuk Makiyah/Madaniyah, penempatan keluarnya huruf juga ditanyakan. 

Saya geleng-geleng kepala karena saya sendiri pun kurang paham misal huruf Mim misal keluar dari mana, dan seterusnya. Terakhir pun diminta untuk menerjemahkan ayat. 

Billy mendapat kejutan di wisuda akhir Sang Ayah hadir, Ayahnya yang seorang desainer merasa terharu dan bangga pada Billy. Di akhir acara Wisuda Akbar, Billy Hafiz Indonesia mendapat apresiasi terkuat hafalannya (aqwam) dan mendapat hadiah sebesar 10 juta rupiah, dan mendapat juara 3 50 juta rupiah. Billy mendapat point 134. Selamat ya, Billy! Tetap semangat menjaga hafalannya.

3 besar hafiz indonesia 2022


Terbaik bacaannya (hafshah) adalah Lukman 

Terbaik Tajwidnya (Ajwa) adalah Sasha

Terkuat hafalannya (Aqwa) adalah Billy 

Terbanyak jumlah hafalannya adalah Hani 

Terindah bacaannya (Ajma) adalah Haura 

Terbaik Perilaku (Akrom) adalah Hani P

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2020


Dalam acara Hafiz Indonesia, pernah mengundang artis untuk membaca Al Quran dalam acara Hafiz Indonesia. Yang menarik perhatian ada Maryam, Putri dari Oki Setiana Dewi. 

Maryam dan Umma membacakan surah Abasa. Senang sekali mendengar Maryam membacakan surah Abasa. 

ustadz thayzen

Ustadz Thayzen pada saat menjadi juri tamu memberi tips-tips menghafal Quran, yaitu: 

1. Disiplin banyak belajar agar menstimulus sel otak lebih aktif, menyerap data-data

2. Makan makanan halal dan thoyyib (sehat) 

3. Tidur yang cukup agar sel-sel otak beregenerasi dengan baik sehingga mendukung memori otak. 

Seperti yang kita tahu anak-anak tidur lebih lama dari orang tua/

4. Jangan banyak pikiran 

Nikmati proses dan jangan stress.

"Barang siapa jauh dari Al Quran, aturan dan dzikir kepada Allah, maka hatinya tidak akan pernah tenang." -Syekh Thayazen Al Hakimi.

Agar tidak stress, banyak baca Al Quran, banyak shalat. "Arrihni bi sholah, ya Bilal." 

"Ya Bilal, istirahatkan aku dengan shalat." 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2017 

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2018 

No comments