5 Besar Hafiz Indonesia 2020 Cinta Al Quran

Saturday, May 23, 2020


Juara Hafiz Indonesia 2020

Gimana kabarnya teman-teman, alhamdulillah sudah di akhir Ramadhan, selama Ramadhan ini hal yang paling saya tunggu adalah bisa nonton Hafiz Indonesia RCTI, karena terinspirasi dari penghafal cilik yang bisa menjadi penyemangat bagi kita orang dewasa juga yang ingin menghafal Al Quran.

Dan di tahun 2020 ini, telah terjadi wabah covid 19 yang menyebabkan social distanding dan penting untuk menjaga jarak, menghindari kerumunan, dll. Pada saat menonton Hafiz Indonesia sempat terfikir, kok di TV para peserta Hafiz, juri dan penonton tidak memakai masker?

Namun ternyata kata Kak Irfan itu karena mereka syuting di luar atau jauh sebelum Ramadhan dan jauh sebelum terjadinya virus wabah Corona. Jadi gak heran mengapa peserta tidak memakai masker.

Nah langsung aja yaa, ke acara favorit Hafiz Indonesia. Apa yang terbayang ketika mendengar kata "Hafiz Indonesia"

Kalau saya langsung terbayang anak-anak usia 4-8 tahun yang luar biasa. Mereka mampu menghafal Al Quran dan tasmi di depan umum, dengan tantangan misalnya loncat 2 ayat setelahnya, atau 2 ayat sebelumnya, halaman paling atas, ayat paling akhir, dst.

Nilai positif Hafiz Indonesia:

  1. Bisa sebagai syiar bahwa hafalan quran, yang dihafalkan hari ini, alquran yang dibaca hari ini sama dengan  alquran yang turun 1400 tahun yang lalu. Masya Allah 
  2. Peserta bisa menampilkan hafalan ayat-ayatnya dan sekaligus berkompetisi, mereka diperlihatkan siapa yang benar bacaan huruf, makhraj, tajwid, dan lainnya. Jika belum benar maka akan dkoreksi oleh juri agar lebih baik lagi.
  3. Kita akan mendapatkan kisah inspiratif dari setiap peserta yang ikut Hafiz Indonesia. Dan setiap peserta itu unik. Ada saja yang bisa digali oleh Irfan Hakim yang membuat penonton terhanyut.

Dan ini acara paling konsisten dibanding stasiun TV lain. Dari tahun ke tahun banyak peserta yang tertarik ikut Hafiz Indonesia dan mendaftarkan anaknya untuk mengikuti ajang Hafiz Indonesia.

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2019

Yuk kenalan dengan para juri-jurinya... 
Nah untuk tahun 2020 ini juri Hafiz Indonesia ada yang berbeda dengan tahun 2019, yaitu jurinya Syekh Ali Jaber. Yeaay!

Btw, ternyata para peserta Hafiz Indonesia 2020 rata-rata ingin bertemu belajar langsung dari Syekh Ali Jaber, lho! Seperti Ica dan Ula.

Ternyata aura keshalehan dan kecintaan pada Al Quran dapat dirasakan oleh peserta juga. Untuk jumlah peserta dari 28 peserta sisa 8 peserta, lho!

Juri yang lainnya yang masih tetap sama yaitu Kak Nabila dan Abi Amir Faishal Fath. Ada juga juri tamu yang berbeda-beda tiap pekannya. Seperti Syekh Ahmad Al Misri, suami anak Ustadz Oded, Syekh Al Makki.

Setiap juri mengkritik dan memberi masukan yang berbeda-beda. Seperti Kak Nabila membetulkan makharijul huruf, dan lainnya.

Yuk sekarang kita kenalan dengan para peserta Hafiz Indonesia 2020!


Juara I Hafiz Indonesia 2020, Afiqah

Afiqah juara Hafiz Indonesia 2020

Afiqah ini anak yang aktif, berusia 7 tahun berasal dari Malinau dengan hafalan 11 juz Al Quran. Kalau liat keseruan KAHFI di karantina hafiz Indonesia, Afiqah punya  kebiasaan unik yang murajaah/menghafal di dalam lemari yang membuat gelak tawa. Afiqah ini memiliki suara yang bagus ketika membacakan Al Quran.

Meski badannya masih imut-imut, Afiqah ini anak yang aktif lho. Dan sudah memenangkan pin faiz sebanyak tiga (3) kali. Masya Allah. Dalam tantangan “Kolaborasi dengan Orang Tua”, tantangan “Bacaan Shalat.”

Saya sangat tersentuh ketika melihat Afiqah dan Mama di depan dalam kolaborasi orang tua dan anak. Dari semua kontestan, Mama Afiqah merasa minder karena tidak bisa menghafal Al Quran seperti anaknya. Tapi ternyata sungguh mengagumkan. Kolaborasi Afiqah dan Mama itu paling berhasil dan paling enak didengar. Suara keduanya indah, yang satu tinggi, yang satu rendah, saling melengkapi.

Surat yang mereka bacakan adalah surat Yasin. Salut kepada Mama Afiqah yang memberanikan diri tampil demi anak. Dan membuahkan hasil yang baik sekali karena Afiqah mendapatkan 3 pin faiz.

Di episode kolaborasi dengan orang tua juga, Kak Nabila menceritakan kesedihan hatinya ketika tampil di sekolah tapi ortu tidak hadir. Kak Nabila tau karena ibunya ada kendala dalam bahasa sehingga memilih tidak datang. Kak Nabila pendatang di Mekkah, begitu juga keluarganya. Akhirnya pada saat sudah menyelesaikan 30 juznya, Ibu Kak Nabila mau datang, dan memberi momen tersendiri bagi Kak Nabila.

Afiqah menjadi juara pertama di Hafiz Indonesia 2019, dan mendapat 3 paket umrah dan uang senilai 100 juta. Selamat ya Afiqah! ^^

Juara II Hafiz Indonesia 2020, Azka
Azka Hafiz indonesia 2020

Azka memiliki hafalan 5  juz Al Quran, asal Bekasi, Jakarta Timur. Ia memiliki kelebihan pandai dalam perkaian dan berhitung.

Awal Azka menghafal adalah saat 5 tahun sudah dbiasakan menghafal 2 ayat per hari. Azka memiliki irama tersendiri gak meniru orang lain. Makhraj hampir semua dibaca sempurna, saat membaca Al Quran pembawaannya tenang.

Azka juga pandai dalam tebak halaman dan ayat. Kelebihan yang Allah Swt. anugerahkan untuk anak 7 tahun. Luar biasa! Azka beberapa kali mendapat pin faiz. Dan di tantangan wisuda akbar Hafiz Indonesia, alhamdulillah Azka mendapat juara ke-2 dengan hadiah senilai 75 juta dan paket umrah untuk 3 orang. Selamat ya Azka!

Juara III Hafiz Indonesia 2020, Icha
Icha asal Bangkalan Hafiz indonesia 2020

Icha usia 8 tahun berasal dari bangkalan dengan hafalan 10 juz. Icha anak yang sekilas paling besar diantara semua kontestan. Ahmad juga. Icha makin hari selalu tampil lebih baik daripada sebelumnya. Yang paling saya kagum saat Icha tampil di tantangan labirin membacakan surat Al Jinn tanpa salah. Padahal tingkat kesulitan surat Al Jinn lumayan. Saya kadang sering ketuker-tuker. Hiks. Barakallah Icha.

Meski tumbuh dan besar tanpa kehadiran Ayah karena sudah yatim sejak bayi 18 bulan, Icha masih mendapatkan kasih sayang penuh dari Sang Bunda. Mama Icha selalu   mensupport Icha dengan games-games dalam menghafal Al Quraaan yang memang dunia anak banget. Yang nonton Hafiz Indonesia pasti tahu kehebohan Mama Ica menggemparkan seisi studio.
“Satria Baja Hitam yang Shalehah.. berubah!”

Icha juga berhasil mendapatkan pin faiz lho. Barakallah ya! Dan di tantangan wisuda akbar Hafiz Indonesia, alhamdulillah Icha mendapat juara hafiz Indonesia ke-3 dan mendapat paket umrah untuk 3 orang dan uang senilai 50 juta. Selamat ya, Icha!


Terbaik ke-4 Ahmad
Ahmad asal Kolaka Hafiz indonesia 2020

Ahmad berusia 8 tahun berasal dari Kolaka. Ia memiliki suara yang indah saat mengaji dan memiliki background menghafal belajar di Pondok. Selama di pondok, Ahmad tidur bareng teman-temannya. Ahmad ini kelihatan mandiri sekali, bahkan ketika bertelpon dengan Umminya, tidak ada tangisan seperti apa. Karena mungkin sudah terbiasa jauh.

Terbaik ke-5 Ula
Ula asal Mesir Hafiz Indonesia 2020

Ula ini besar di Mekkah bersama kakak-kakak, dan Ummi Abinya. Ula terbiasa berbahasa Arab setiap harinya. Ketika mengikuti ajang Hafiz Indonesia, Ula terus menyesuaikan belajar Bahasa Indonesia, juga belajar percakapan sehari-hari.

Dan meski paling bungsu diantara peserta Hafiz yang lain, Ula yang masih berusia 5 tahun ini menunjukkan prestasi yang luar biasa dengan duduk di 8 besar Hafiz Indonesia dengan hafalan Al Quran yang Ula miliki.

Yang luar biasa nih Ula mendapatkan pin  faiz juga lho saat tantangan menterjemahkan!
Jadi kata Umminya Ula itu, Ula itu menghafal menterjemahkan ayat saja perlu menghafal selama 1 hari setengah, kebayang biasa sehari-hari bisa berbahasa Arab sekarang harus menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. tapi Ula berhasil. Alhamdulillah.

Saat tantangan tajwid Ula agak kesulitan karena biasanya mungkin dalam bahasa Arab, sekarang dalam bahasa Indonesia. akhirnya Ula harus pulang pada tantangan tajwid, Kamis, 21 Mei 2020.
Yang saya suka dari Hafiz Indonesia ini penggunaan kata “Ula menjadi peserta Hafiz terbaik ke-5 di Hafiz Indonesia 2020”  jadi tidak memakai kata eliminasi. Bagus sekali kan? Sedih saat Ula menangis karena harus pulang.


Dan inilah juara juara Hafiz indonesia

Sekilas tahun ini memang tidak ada peserta yang full hafal 30 juz Al Quran, saya lalu berfikir apakah ini kemunduran? Soalnya peserta Hafiz Indonesia tahun lalu ada yang sudah full 30 juz, misalnya Ahmad atau Kamil di Hafiz Indonesia 2017.

Baca juga: 3 Finalis Hafiz Indonesia 2017

Lalu saya teringat memang baiknya menghafal itu bacaannya benar dulu, makhraj yang benar, dan menghafal dengan tidak ada yang salah kalau bisa. Hal itu akan membantu. Jadi mutqin dulu hafalan dikit tapi mantap tidak apa-apa tapi memang 'nempel banget' istilahnya. Mungkin juga lebih banyak lagi orang tua yang tidak mengikutkan anaknya di ajang Hafiz Indonesia, karena prinsip atau tidak mau saja.

Di Hafiz Indonesia ini semua disponsori oleh Syaamil Quran. Produk yang dibagikan pada peserta Hafiz Quran berupa Al Quran dan tab Quran untuk yang dapat pin faiz. Serunya pada saat asik nonton trus liat temen kantor dulu masuk TV, karena saya juga pernah bekerja 3 tahun selama di Syaamil Quran. Serunya pas nonton liat ada Pak Fahrudin. Kalau tahun lalu ada Pak Paud, ada  juga Pak Purnomo. Rasanya jadi pengen nonton offair Hafiz Indonesia di studio. Siapa tau bisa ketemu Kak Nabila, dan bisa denger langsung pemaparan dari Syekh Ali Jaber. Masya Allah. Semoga tahun depan bisa berkesempatan lagi ikut nonton Hafiz Indonesia. Sampai jumpa di Hafiz Indonesia RCTI 2021!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Aaak..malu kl nonton acara ini!

    Saya tetep kagum sama ortu anak-anak ini, kok bisa sehebat itu mencetak hafiz Quran?!

    ReplyDelete
  2. aku nonton terus teh, tapi pas di lima besar udah riweuh nyiapin lebaran wkwkwkwk, masya alloh mereka pinter2 bgt, pengen bgt anak2 bs hafidz qur'an sprti mereka

    ReplyDelete
  3. Keren-keren banget Hafiz Indonesia ini mbak, masih kecil sudah bisa mencintai Alquran ya. Orang tuanya pasti memberikan fokus lebih mbak.

    ReplyDelete
  4. Sebagai ibu saya sangat bangga dengan para ibu yg bisa mengantarkan anak menjadi penghafal Al Qur'an. Saya masih sangat jauuuh dalam posisi itu. Meski harapan itu pasti ada.

    Semoga tahun depan pandemi covid-19 berakhir, kita bisa leluasa menyaksikan acara ini lagi ya

    ReplyDelete
  5. Semoga menjadi anak sholeh dan sholehah dan bisa membanggakan ortunya. Keren2 si hafiz quran nih

    ReplyDelete
  6. Kagum sekali dg para hafiz muda ini. Duuh..jadi malu mengingat parahnya bacaanku..hiks..

    ReplyDelete
  7. Jipeerrr pisan kalau mau liat acara inih.
    merasa maluuu...

    ReplyDelete
  8. keren ya mbak anak2 itu :) ortunya juga keren bisa mengajarkan anaknya sedemikian rupa

    ReplyDelete
  9. oh iya makanya adik-adik hafiz nggak pakai masker karena acaranya nggak live, btw aku kagum deh melihat anak-anak ini sudah jadi hafiz.. aku yakin sebagai orangtua haru dan bangga jadi satu

    ReplyDelete
  10. KEcil2 sudah hafiz begini pasti membanggakan orangtuanya ya. Anak kecil itu seperti spon, semua ilmu bisa terserap. Terserah ortunya akan memberi ilmu apa. Semoga pahala berlimpah untuk ortunya.

    ReplyDelete
  11. Saya jarang nonton teve nih, jadi udah lama ga nonton acara Hafiz cilik ini. Semoga bisa memotivasi anak-anak Indonesia ya.

    ReplyDelete
  12. Senang dan bangga banget ya melihat anak2 sebesar ini sudah bisa berani untuk tampil di depan banyak orang.

    Pasti orangtuanya sangat bangga ya ka :)

    ReplyDelete
  13. Masya Allah anak-anak ini, bangga juga pasti orangtuanya bisa menjadikan anaknya hafiz quran. Alhamdulillah kalau syutingnya sebelum ternjadiya pandemi. Do channel lain soalmnya dilakukan secara online

    ReplyDelete
  14. Saya juga suka banget dan sangat mengapresiasi acara ini Mbak. Membuat saya yang udah gede ini untuk membenarkan bacaan hapalan saya sembari ngajarin anak.
    Semoga makin banyak acara semacam ini ya.

    ReplyDelete
  15. Allah tidak pernah salah dalam menitipkan keberkahan dan kebaikan Al-Qur'an yaa, teh,
    Sungguh banyak hal yang mesti dilakukan sebelum bisa menjadi hafizh dan hafizhah.
    Semoga Allah senantiasa melimpahkan hidayahNya kepada kita semua agar senantiasa mengejar kebaikan Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  16. Ini tontonan favorit anakku mba. Tapi jujur aku nontonnya suka malu sendiri. Walau dalam hati berjarap semoga anakku bisa seperti mereka

    ReplyDelete
  17. salut sama orang tua dan anak-anak ini. mereka pasti berusaha menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anaknya agar bisa memahami dan menghafal Al-Qur'an dengan baik dan lancar.

    ReplyDelete

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#