Langkah Pertama Pada Balita yang Sakit Diare

Monday, May 25, 2020

anak sakit diare

Sedih kan kalau liat anak sakit. Beberapa waktu lalu saat Ramadhan  Adzki mencret. Sehari 5 x pupnya berlendir dan berwarna cokelat. Hal itu membuat saya khawatir dan mencoba berbagai cara. Kalau ke dokter gak mungkin karena lagi pandemi gini pernah sih kemarin ke dokter tapi kontrol aski sakit KDK aja, gak yang lain.

Jadi sebelum pup terus-terusan itu Adzki demam 37.5 tapi diminumin tempra, alhamdulillah panasnya turun. Pas hari berikutnya sama tiba-tiba demm lagi 37. Jadi diminumin tempra lagi.

Kemudian Adzki mulai pup terus-terusan, dan nangis nangis sakit gak ada air mata. Ternyata itu ciri diare. Akhirnya berbagai cara dlakukan. Saya buka puasa Ramadhan, dan banyak makan karena Adzki bener-bener gak mau makan. Nasi gak mau. Seharian cuma mau minum susu 1. Jadi siang-siang saya buka puasa Ramadhan batal 1 hari jadi. 

Kalau kata temen bisa jadi anak sakit karena infeksi.

Langkah pertama pada Balita yang Sakit Diare:

  1. Saya minum teh panas pahit sekali. Karena Adzki masih ASI. Jadi saya yang minum. 
  2. Adzki harus banyak minum. Mungkin yg pertama dicegah dlu supaya gak dehidrasi, kalau anak kecil dehidrasi biasanya suka jadi rewel, nah kuatirnya anak rewelnya karena dehidrasi
  3. Adzki dibuatkan minuman oralit homemade. Campur air minum dengan sedikit garam dan gula. Dan diminumkan pada anak. Kalau gak, air kelapa bisa.
  4. Ibu mertua juga nyaranin kalau ada jambu klutuk itu lebih manjur lagi 
  5. Adzki ditawari makan yang lain. Dan dia mau spaghetti.Sebenarnya bagusnya makan makanan yang lembek kayak bubur atau pure tapi dia gak mau nolak. 
  6. Kata suami kalau udah agak gede minum Yakult aja karena di dalam Yakult juga ada pre-biotik. Akhirnya Adzki minum Yakult.


Malam jelang tidur sampai pagi alhamdulillah gak pup. Keesokan harinya Adzki pup paling banyak 2-3 kali saja. Alhamdulillah. hari ke-3 paginya udah sama sekali ga mencret lagi.

Terkadang kalau anak sakit, orang tua suka kalap dan bingung akan langkah-langkah yang harus dilakukan. Semoga dengan tulisan ini bisa membantu banyak di hari mendatang. Tapi tentu saja kita berdoa agar anak selalu sehat wal 'afiat. Aamiin

You Might Also Like

0 komentar

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

#

Blogger Muslimah

#