Juara Hafiz Indonesia 2023

wisuda akbar hafiz indonesia 2023


Acara Hafiz Indonesia 2023 ini banyak suara merdu saat melantunkan ayat-ayat Al Quran. Yang buat hati adem dan terenyuh. 

Jika di stasiun televisi RCTI sering ada acara Indonesian Idol yang menjaring talent artis yang bagus dari segi kualitas, yang hype di Indonesia ada Tiara Andini dan Lyodra. 

Setiap bulan Ramadhan ada juga ajang pencarian bakat dan selalu menjadi top 1 yaitu acara Hafiz Indonesia di RCTI. Channel lain pernah membuat acara serupa tapi tetap yang menjadi primadona di acara Hafiz Indonesia. Barakallahu fiik. 

Tahun ini, Ramadhan 2023 Hafiz Indonesia juara 3 besar mendapat hadiah umrah untuk 3 besar dan wali. Berbeda dengan tahun lalu yang sedang dalam masa pandemi, hadiah Umrah ditiadakan, tentu hal yang menggembirakan berkah acara Hafiz Indonesia karena menjadi ratu dan peserta mengincar ingin ikut Hafiz Indonesia sebagai ladang dakwah dan syiar Islam pada masyarakat. 



Hafiz indonesia 2023

Juara hafiz indonesia



Baru-baru ini saya menerbitkan buku "Manusia: Kumpulan Kisah Penuh Hikmah" dan salah satu cerpennya "Mahkota Al Quran" menceritakan kisah seorang Ibra yang mengikuti ajang kompetisi Al Quran dan harus keluar saat babak 8 besar.

Yang penasaran dan ingin memiliki bukunya silakan bisa kontak saya ya di email srialhidayati@gmail.com, harganya murah Rp 60.000 belum ongkos kirim ya. 

Baca juga: Proses Kreatif buku Manusia: Kumpulan Kisah Penuh Hikmah 

Juri hafiz indonesia 2023


Untuk juri Hafiz Indonesia 2023, sama dengan juri tahun lalu yaitu Syekh Ali Jaber, Kak Nabila, dan Ustadz Abi Amir Faishol Fath. Dalam menjurikan, para juri fair memilih pemenang atas kompetensi dan kelayakan mereka dalam tilawah, hafalan, dan lainnya. Jadi tidak ada itu polling seperti itu, jadi fair dari pemilihan dan keputusan para juri. 

Sebenarnya kangen juga ya dengan Syekh Ahmad Al Misry. Beliau pernah menjurikan pas zaman Rayyan jadi peserta. Semoga ke depannya bisa lihat jadi juri tamu juga gak apa-apa ke depannya. Aamiin ya Rabb.

Baca juga: Syekh Ahmad Al Misry 

5 Juara Hafiz Indonesia 2023

Nah, kali ini kita kenalan dulu yuk dengan Top 7 Hafiz Indonesia 2023 yuk! 

1. Akil

Akil hafiz indonesia 2023

Akil finalis Hafiz Indonesia asal Bengkalis, Riau dengan hafalan 7 juz. Sekilas perawakannya orang Sulawesi, anaknya aktif, karena  kinestetik. Suaranya kala mengaji seperti qari-qari kala mengaji, tapi juga bacaannya tepat dan baik. 

Akil juga tahu letak/ posisi/ ayat dalam Al Quran. Saat ditanya halaman sekian dia bisa tahu. 

Di Hafiz Indonesia, Akil pernah mendapat pin faiz 1 kali. 

Ibunya adalah seorang kepala SD dan abinya pernah bekerja di Malaysia. 

Akil pernah kecanduan gadget, dan apapun dilakukan biar nggak kecanduan gadget. Ibunya mengalihkan kesibukan Akil ini, yakni salah satunya dengan menyalurkan hobinya bermain bola dan juga menghafal Al Quran. 

Guru didatangkan dari mana-mana biar gak kecanduan gadget. Didatangkan guru dari mana-mana membimbing hafalannya. Pernah Ayahnya Humaira juga mengajar Akil lho! Humaira dulu peserta Hafiz Indonesia tahun 2019.  

Baca juga: Juara Hafiz Indonesia 2019 

2. Sulaiman 

sulaiman hafiz indonesia

Sulaiman 10 tahun, Mesir dengan hafalan Quran 8 juz. Sulaiman mengingatkan kita dengan Fawwaz yang pernah tinggal di Mesir ya! Fawwaz pernah belajar di Mesir 3 tahun dan kala itu mendapat banyak like sekitar 6000 like dibandingkan finalis lain. 

Baca juga: Finalis Hafiz Indonesia 2016 

Banyak juga peserta Hafiz Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri seperti Lukman, juara Hafiz Indonesia 2022 yang tinggal dan besar di Auckland, New Zealand dan jago berbahasa Inggris.

Dan untuk Sulaiman, Ayahnya sejak tahun 2005 ke Mesir kuliah disana dan berkeluarga, Orang tua Sulaiman membesarkan Sulaiman dan menyekolahkan di SD Al Azhar, Kairo. 

Oh iya ada Zaki yang pernah ikut acara Hafiz Indonesia pada tahun 2020, lalu diantar oleh orang tuanya mewakili Indonesia ke acara MTQ Internasional Mazmir Daud dan menjadi terbaik 1 masyaAllah tabarakallah. 

Kak Nabila bilang bahwa acara tingkat internasional di Aljazair 2023 ini merupakan acara yang sama seperti Hafiz Indonesia dan meniru konsep dari Hafiz Indonesia. 

Masya Allah orang tua para finalis ini begitu semangat ya mengantarkan anak buat ikut ajang kompetisi. Dari mulai mendaftarkan anak, memfasilitasi bakat mereka. Paling terharu tuh sama Mama Naja yang masya Allah begitu sabar mengajari Naja dan bisa menjadi hafiz quran. 

Baca juga: Naja Hafiz Indonesia 2019 

Balik lagi ke Sulaiman, bahwa di Mesir kelas 1 saja harus ada capaian seperti kelas 1 selesai menghafal 1 juz, dan kelas 4 otomatis harus hafal 4 juz. Orang tuanya tetap mengajarkan Sulaiman untuk cinta Indonesia. 

Saat ditanya makanan mana yang enak Indonesia atau Mesir? Sulaiman mantap menjawab, "Masakan Indonesia enak-enak."


juara hafiz indonesia 2023

Sulaiman menjadi terbaik ke-2 di Hafiz Indonesia. 

Saat tantangan menterjemahkan karena terbiasa di Mesir, Sulaiman agak kesulitan mencari kosakata dan menyampaikan apa yang ia maksud. Udah deg-degan. Tapi Sulaiman keren tetap berusaha. 

Ia juga pernah membacakan syair tajwid dalam bahasa Arab. Masya Allah kalau dilihat-lihat Sulaiman ini mirip dengan almarhum adik saya, Muhammad Al Hakim (alm), semoga Allah lapangkan kuburnya dan ringankan hisabnya. Al Fatihah. Mohon doanya ya pembaca online yang budiman. Aamiin ya Rabb. 

Juara 2 mendapat hadiah sebesar Rp 75.000.000 dan umrah. 

3. Kautsar

kautsar hafiz indonesia 2023

Kautsar usia 11 tahun dari Semarang dengan hafalan 15 juz. Sekilas melihat Kautsar, anaknya pemberani dan sudah matang. Dibanding teman-temannya, Kautsar termasuk yang paling kalem dan cool.

Sehari-hari Kautsar belajar di PKBM Al Quran Baitul Quran. Ibunya mengajar Bahasa Inggris dan Ayahnya berbisnis berjualan alat-alat rumah tangga  atau mebel-mebel dari plastik. 

Kautsar bacaannya bagus, suaranya ada cengkoknya kalau ngaji bagus dari finalis-finalis lainnya. Syekh Hussein Jaber pun memberi tahu bahwa Kautsar tulisan arabnya rapi, berhitungnya cepat dan suaranya indah bagus.

kautsar hafiz indonesia 2023


Selama kompetisi Kautsar ini murah senyum seperti Mamanya murah senyum. Kelihatan calon leader. Lebih matang dibanding finalis lain. 

Kautsar pernah mendapat nilai tertinggi dan terbaik. Kautsar pernah mendapat pin faiz total 2 kali. Jadi karena 2 kali mendapatkan smartphone, maka satunya katanya ingin diberikan ke Ibam. Barakallah Kautsar. 

Oh iya sahabat Hafiz Indonesia, tahun ini Kautsar udah siap pesantren insyaAllah. Itu artinya Mamanya akan melepas anak lajangnya mondok. Mamanya berkata, "Akan kehilangan tabungan murajaah setiap harinya." 

Gak apa-apa Ummi, insyaAllah anakmu akan jadi orang hebat. Semangat Ummi! (menyemangati diri sendiri yang nanti akan melepas anak mondok juga).

Sempat berpikir Kautsar juara 1 katanya, ternyata juara 3. 

Kautsar menjadi juara ke-3 di finalis Hafiz Indonesia dan mendapat hadiah Rp 50.000.000 dan umrah bersama kedua orang tua. 

4. Ibam Hafiz Indonesia 2023 

ibam hafiz indonesia

Ibam asal Palembang, 10 tahun, dengan hafalan 30 juz. Memiliki nama panjang Hilbram Mahdy Khoiruzzad. Ibam ini di sekolah mengikuti ekskul tilawah, dan sehari-hari Mama yang mengurus rumah dan mengantar jemput Ibam. Jarak jauh PP 20 KM 1 jam pulang pergi Ayahnya bekerja dinas sejak 2016. 

Ibam saat usia 4 tahun telah hafal 1 juz. Dan yang patut ditiru dari Ibam ini adalah saat mudik, dan dimanapun tempatnya, dia tetap murajaah. Jadi kewajiban dijalankan dulu baru boleh main atau baca buku. 

Ibam juga pernah 2 kali tidak dalam posisi aman. 

Pernah keluar terus bisa dapat ksemptan masuk lagi. Sekarang murajaah sehari 2 juz, yakni pagi sebelum sekolah 1 juz dan isya 1 juz. 

Hadiah lebaran di klaten hafal 30 juz. 

Mempertahankannya yang susah karena harus seumur hidup. 

Ibunya Ibam ini subhanallah ya banyak ilmu dari beliau, dia berkata, "Jangan Allah mencabut hafalan quran membuat hilang." 

Dan Abi Amir pun mengucap, "Ketika mengutamakan Allah. Allah akan menjaganya."



5 Besar Hafiz Indonesia selain Akil, Sulaiman, Kautsar dan Ibam, ada juga Hasna. Hasna memiliki nama lengkap Hasna Afifah Khairunnisa. 

Hasna berdomisili di Batam, Kep. Riau. Usia Hasna 10 tahun dengan hafalan 5 juz Al Quran. Dia memiliki suara yang indah saat mengaji dan pada saat tantangan pernah saat dikomentari juri, Hasna menangis karena takut salah. Padahal sudah bagus, tapi mungkin karena nervous ya. 

Hasna memiliki kucing bernama Cici. Dia bercita-cita ingin menjadi dokter hewan. Ayahnya Hasna dan ibunya punya usaha ayam crispy. 



Zahra 10 tahun asal Malang dengan hafalan 12 juz. Zahra ini punya adik kembar laki laki. Zahra dibesarkan dari orang tua pejuang keras yang luar biasa. Dari mereka lahir para penghafal Quran, keluarga Allah di muka bumi. 

Bacaan quran Zahra bagus dan anaknya mudah tersentuh sekali. Zahra hebat sudah sejauh ini. 

Guru Karantina Hafiz Indonesia 


Di event ini, peserta Hafiz Indonesia dibimbing juga oleh guru-guru karantina Hafiz Indonesia yaitu Ustadz Umar guru karantina hafiz indonesia, Ustadz Muslim guru karantina hafiz indonesia dan Ustadz Fikri guru karantina hafiz indonesia. 

Ketiganya tahun ini diberangkatkan umroh dari Hafiz RCTI. Barakallah Ustadz Umar, Ustadz Muslim dan Ustadz Fikri. 

Saya pernah tahu kalau salah satunya yaitu Ustadz Umar wajahnya tidak asing pernah muncul di acara Da'i TPI. Waktu itu saya mantengin juga ada Ustadz Hariri, Ustadz Nanang dan Ustadz Farid. 


Nah, kalau ini para santri Hafiz Indonesia ditemani oleh orang tua masing-masing. Ada yang diwakili oleh Ibu dan ada yang diwakili oleh Ayah, yaitu Ayah Sulaiman, Mama Ibam, Mama Kautsar, dan Mama Akil. 

Tantangan Hafiz Indonesia ada banyak, seperti mengumpulkan Harta Utsman, dan hasilnya disedekahkan di acara Hafiz Indonesia. Selain itu ada juga tantangan tajwid, dan tebak surah, dan lain-lainnya. 

Yang patut diapresiasi juga adalah para orang tua juga yang turut mensupport dan mendampingi para peserta Hafiz Indonesia.

Kategori Terbaik Hafiz Indonesia 2023

Afshah terbaik bacaan : Asma, Cirebon 

Ajwad terbaik tajwidnya : Nadya Inara, Tangerang 

Aqwa terkuat hafalannya : Akil, Bengkalis 

Ahfadz terbanyak jumlah hafalan : Hafizah, Bengkalis 

Ajmal terindah bacaan : Farid, Lubuk Linggau 

Akram terbaik perilakunya : Kautsar, Semarang 

MasyaAllah pemenang kategori terbaik dapat hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp 10.000.000 dan diserahkan oleh CEO Chairman Syaamil Quran, Pak Halfino Berry. 

Sekian penjelasan mengenai para finalis Hafiz Indonesia 2023. Sampai jumpa di Hafiz Indonesia 2024!!! 


With Love, 



Sri Al Hidayati

No comments