Review Film Drama Korea Signal 2016


film drama korea Signal

Sadar gak sadar, orientasi saya berubah. Seiring bertambah umur, kesukaan film pun berangsur-angsur berubah. 

Dulu saya amat menyenangi film bergenre romance atau film drama korea yang genrenya ada kisah cinta segitiganya. 

Ketika usia 23 tahunan dan sampai sekarang anak 2, secara nggak sadar saya mulai suka genre thriller dan action.

Tahun 2021, saya nonton Taxi Driver dan saya mulai suka genre seperti itu. Saya nonton film My Name, Squid Game, DP, Move to Heaven dan karena TaxiDriver 2 gak ada Kang Hana saya memutuskan nonton film Lee Je Hoon yang dulu yaitu Signal tahun 2016 dari TvN. 

Kalau saya ingat-ingat, tahun 2016 itu lagi keluar film Doctors Park Shin Hye 

Baca juga: Film Cheese in the Trap, Doctors 

Kok bisa-bisanya saya melewatkan film bagus ini. Hehe ....

Review Film Drama Korea Signal 2016

Saya mau cerita sedikit film Signal mengisahkan Park Hae Yeong yang masih kecil. Saat itu hujan, Park Hae Yeong dan seorang perempuan sebayanya juga sedang berteduh menunggu hujan. 

Park Hae Yeong kecil yang malu-malu pergi dan membiarkan gadis itu, dan dilihatnya telah dijemput.

Namun ternyata saat itu hal yang tidak terduga terjadi, ada berita penculikan anak gadis dan tidak ditemukan dimanapun. Hal yang membuat Park Hae Yeong kesal adalah diberita diberitakan penculik dan pembunuhnya adalah seorang laki-laki. Tapi anehnya beberapa waktu kemudian laki-laki itu bunuh diri. 

Di situ Park Hae Yeong mencoba memberi tahu polisi bahwa pelakunya perempuan, tapi karena dia anak kecil, tidak ada yang mau dengar. 

Setelah 15 tahun berlalu, dia masih melihat Ibu gadis tersebut berdiri dengan sebuah poster meminta keadilan putrinya yang meninggal.

*

Scene pertama menarik karena Park Hae Yeong (yang diperankan Lee Je Hoon) ditemukan sedang mengais-ngais sampah seorang artis dan hal itu menjadikannya dipertemukan dengan Cha Soo Hyun (yang diperankan oleh Kim Hye Soo) yang akan mempermasalahkan mengapa seorang polisi berbuat seperti itu? Lucunya scene berantem kompak dengan Kim Gye Cheol yang diledek karena mejanya penuh dengan kertas. Si Bapak ini suka main di film  detective lain juga, ada di While Were You Sleeping.

Cha Soo Hyun pun memperingatkannya agar tidak macam-macam dengan polisi.

lee je hoon


Scene berlanjut secara tidak sengaja Park Hae Yeong mendengar ada talkie walkie yang berbunyi dan memanggil namanya. Orang asing itu memberitahukannya ada jasad di Rumah Sakit Jiwa yang sudah tidak terpakai, yaitu jasad pembunuh kasus penculikan 15 tahun yang lalu.

Hal itu membuat Park Hae Young merasa aneh dan dia berpikir, apa aku harus percaya atau tidak. Meski dengan rasa ragu tinggi khas Je Hoon muda haha lucu banget pas dia bilang "Aish ... ngapain sih aku kesini  !?" wkwkwk padahal yang nelponnya juga orang ngga dikenal. Bodor.

Dia berangkat ke Rumah Sakit Jiwa yang sudah tidak beroperasi lagi, dia melihat ada sebuah jasad laki-laki menggantung dan tidak memiliki jempol kanan. 

Saat itu Park Hae Yeong memberi tahu bahwa ada jasad dan dia memberi tahu Cha Soo Hyun karena dia tidak tahu harus memberi tahu siapa. Sebelumnya hal itu akan ditutupi oleh pihak kepolisian, tapi Park Hae Yeong memberi tahu pada media bahwa pembunuhnya masih berkeliaran dan kemungkinan besar adalah orang yang biasa bersinggungan dengan pisau bedah dan petugas rumah sakit. 

Setelah diumumkan seperti itu, perawat yang pernah bekerja di Rumah Sakit ada yang kabur. Tapi ternyata setelah sehari lewat ada yang melapor, ternyata dia mengecoh petugas.

Park Hae Yeong yang biasa bekerja "profiling  tersangka" menyebut bahwa pelaku adalah orang yang percaya diri dan suka hal-hal yang mewah. 

Akhirnya ketemulah pelakunya. Saat diumumkan dia disetting agar mengaku, ternyata dia lebih pintar dan diam saja karena lewat pembatasan sudah 15 tahun dan tidak bisa dihukum karena sudah kadaluarsa kasusnya. Kesel pokoknya disini. Plot twist ternyata petugas forensik menemukan kartu tol yanng digunakan korban dan disitu terlihat kejahatannya dilakukan kapan dan itu membuat perempuan perawat itu dipenjara karena ketahuan kapan meninggalnya. Dia berteriak kesal dan marah.

Setelah mengungkap kasus lama yang telah ditutup akhirnya Cha Soo Hyun dan anggota forensik yang berhasil nemuin kartu tol tadi disatukan jadi satu tim untuk menangani kasus-kasus dingin.

Bodornya yang suka berantem sama Park Hae Young itu udah panik bakal disatuin sama kunyuk itu, dan bener mereka jadi 1 tim. 

Kasus dingin selanjutnya yang harus mereka selesaikan adalah kasus pembunuhan berantai. Pelakunya membunuh sebanyak 9 kali dan biasanya korban adalah orang yang naik bis terakhir. Mitos-mitos seperti korban memakai baju merah dan seterusnya. 

Disini detektif masa depan dan masa lalu bekerja sama. 

sunbaenim Signal 2016

Park Hae Yeong memberi tahu akan pembunuhan ke-8 dan 9 dan bisa dicegah. 

Lee Jae Han yang berada di tahun 89 kaget dengan bunyi pesan dari Park Hae Yeong. 

Sedangkan sudah berusaha mencegah pembunuhan, Lee Jae Han salah tangkap. Lee Jae han tidak melihat kalau pelaku itu lari ke bus. Pas salah tangkap itu yang ketangkep beberapa menit kemudian meninggal kayaknya jantung. 

Pada saat pelaku sebenarnya lari ke bus, ada dua perempuan yang melihat wajahnya dan keesokan harinya menjadi target pembunuhan berantai. 

Sebagai bentuk perhatiannya Lee Jae Han memberi alat setrum kepada perempuan yang ia sukai, agar itu bisa menolong di saat genting. Ternyata tetap perempuan yang disuka Lee Jae Han meninggal dan di masa depan alat itu menjadi bukti menangkap penjahatnya. 

Pada saat bertemu orang tua korban, Lee Jae Han tidak menyangka perempuan itu sudah menyiapkan 2 tiket nonton di bioskop, dan dia menangis saat menonton sendirian, sedangkan yang lain tertawa. 

Emang nyesek banget jadi Bapak itu Cho Jin Woong dia hampir-hampir memerankan semua scene sedih dengan nangis luar biasa seorang laki-laki jarang lho liat dia nangis karena sedih liat keluarga korban.

Karena tidak akan sama lagi karena melihat orang yang mati, dan kita harus bisa mengatasinya. kata cha so hyun. 

*

Kasus lainnya adalah seorang Ayah yang harus kehilangan anak gadisnya karena jadi korban kecelakaan bis di sebuah jembatan. Dia tidak terima karena pada saat itu ada 2 orang perempuan yang pingsan di bus, tapi karena berkejaran dengan waktu yang sempit dan kesempatan evakuasi menyebabkan 1 gadis harus jadi korban.

Lee Jae Han sudah berusaha untuk mengubah masa lalu dengan menangkap penjahat yang sesungguhnya, tapi tetap tidak bisa mengubah takdir kalau Ayah tersebut membalas dendam. 

Puncaknya kasus yang diselesaikan oleh Park Hae Yeong adalah kasus Injoo. Dan hal ini yang membuat Park Hae Yeong kesal karena kakanya tidak bersalah, tapi dia dipenjara. Hal yang tersulit karena semua saksi seperti sudah diatur. Semua menjawab sama, begitupun dengan korban yang sepertinya sudah ditekan juga. Akhirnya yang jadi korban adalah orang yang tidak bersalah dan tidak punya kekuatan. 

Pada akhirnya kejahatan itu bisa diketahui oleh kedua detektif masa lalu dan masa sekarang yang bekerja sama. 

Cerita Romance Film Signal 




Cha Soo Hyun

Hal yang menarik dari film Signal adalah kisah Cha Soo Hyun dan Lee Jae Han. Cha Soo Hyun menunggu-nunggu dan selalu mencari, memastikan orang yang ia cari ketemu. 

cha soo hyun


Lee Jae Han dipindah tugaskan


Scene yang paling membuat banjir air mata adalah saat Lee Jae Han dipindahkan dan meninggalkan Cha Soo Hyun. Dia memberikan jam tangan pada Cha Soo Hyun. "Apa ini? Aku tidak membutuhkan ini," katanya. Tapi Lee Jae Han tetap ingin memberikannya. Cha Soo Hyun menangis melihat orang yang ia cintai pergi di hadapannya. Ia menangis kehilangan cintanya. 

Film yang menyentuh, membuat potret wajah keadilan dan hukum yang ada pada Lee Jae Han. Dia jadi seorang yang memiliki integritas, berpendirian kuat, idealis, dan terus menumpas kejahatan sampai akar-akarnya.

Sayangnya ending ditutup menggantung. Kim Bun Joo tewas mengenaskan tapi Lee Jae Han yang nantinya akan dikambinghitamkan dan setelah dicari Lee Jae han berada di Rumah Sakit dan masih hidup. Yeay semoga ada lanjutan Signal 2 dengan cast yang sama. 

Sebelumnya ingat film ini ingat Voice 4 yang pemeran utama perempuannya memiliki potongan persis rambut seperti Cha Soo Hyun. Yang jelas film Signal dulu ada baru ada film Voice. 

Semoga Signal 2 segera diproduksi dan segera tayang meski sanksi karena Lee Je Hoon sedang sibuk banget banyak film nya lagi on going Taxi Driver 2, menanti Escape, Move to Heaven 2, dan who knows Taxi Driver 3 Lee Je Hoon bisa syuting bareng lagi sama Esom. 

Baca juga: Review Drama Korea Taxi Driver 

Baca juga: Review film D.P

No comments